web site hit counter
Tips & Trik

3 Cara Mudah untuk Melakukan Trace Gambar di CorelDRAW

Ingin melakukan tracing gambar dan obyek di CorelDRAW ? Beginilah 3 cara mudah untuk melakukan trace gambar dan teks di CorelDRAW.

Dalam dunia seni grafis, kegiatan Tracing sudah sangat lazim dilakukan untuk membentuk sebuah objek atau gambar dengan pola tertentu.

Sedangkan Trace sendiri merupakan pengertian dari menjiplak sesuatu dengan cara menggambar langsung.

Cara trace gambar terutama di CorelDRAW bisa dilakukan beberapa trik, seperti mengkombinasikan dengan pen tools, shape, maupun pencil.

Beruntung kini perkembangan aplikasi vector sudah semakin canggih, ada kita bisa melakukan trace secara otomatis untuk menghasilkan sebuah gambar yang akurat dengan aslinya.

3 Cara Mudah untuk Melakukan Tracing Gambar di CorelDRAW

Mengapa Trace atau Tracing sering dilakukan di CorelDRAW ? Apakah Photoshop juga bisa melakukannya.

Kembali lagi ke pengertian Trace, bahwa aktivitas ini adalah untuk menjiplak suatu gambar maupun objek berubah menjadi vector.

Jiplak disini bisa berarti memperbarui gambar dari kualitas yang resolusinya kecil menjadi gambar vector baru.

Untuk Photoshop mereka menggunakan basis format bitmap, yang artinya gambar ekspor file berupa JPEG, JPG, PNG, dan sejenisnya.

Soal ketajaman detail, format bitmap kurang begitu bagus dibanding vector, jadi hasil konversi vector mau kita zoom beberapa kali tidak akan pecah alias minim dekompresi.

Nah di CorelDRAW sendiri kita bisa memanfaatkan fitur Trace dengan media Pen tool, Shape, mengubah teks otomatis menjadi vector, dan satunya lagi Quick Trace untuk perintah otomatis.

Semuanya telah kami rangkumkan lewat metode cara trace gambar di CorelDraw berikut ini, selengkapnya cek tutorial sampai akhir.

Cara 1 : Trace Menggunakan Pen Tool

Misalnya kita mempunyai gambar asli logo icon sebuah perusahaan, sayangnya logo tersebut masih dalam format bitmap dan terlalu pecah jika dibutuhkan resolusi besar. Untuk menjiplak logo tersebut, kita dapat memakai alat bernama Pen Tool.

Berikut langkah-langkah melakukan trace dengan menggunakan Pen Tool di CorelDRAW secara lengkap :

  1. Silahkan buka aplikasi CorelDraw.
  2. Buat Project Baru sesuai ukuran yang diinginkan.
  3. Selanjutnya masukkan gambar logo yang ingin kamu trace.
  4. Letakkan diatas canvas CorelDraw.
  5. Lanjut aktifkan fitur Pen Tools.9 Gunakan Pen Tool - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  6. Klik pointer pertama di sisi tepian luar gambar logo tersebut, setelah itu ikuti pola terluar dari gambar dengan cara klik dan geser Pen Tools mengikuti lekukan dan sudutnya.9 Gunakan Pen Tool - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  7. Sambungkan titik terakhir ke titik pertama agar membentuk shape vector secara utuh.
  8. Terakhir tinggal kamu ganti warna fill lewat tombol dibawah, dan warna outline di disamping kanan fill color.
  9. Lanjut gambar polanya, sampai membentuk logo.
  10. Terakhir simpan, dan selesai.

Cara 2 : Trace Teks

Selanjutnya apabila kamu menginginkan suatu teks menjadi shape vector, kita mengkonversinya tanpa perlu menggambar manual dengan Pen Tool.

Ada alat khusus yang bisa kita maksimalkan di dalam aplikasi CorelDraw. Berikut cara melakukan trace tulisan teks di CorelDRAW secara lengkap :

  1. Pertama buka aplikasi CorelDraw.
  2. Kemudian buat Project Baru.
  3. Klik tools Teks.1 Pencet Tombol Teks - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  4. Silahkan ketikkan Teks diatas canvas CorelDraw.2 Ketikkan Teks - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  5. Kalau sudah tinggal pilih jenis Font yang kalian inginkan. Ubah juga ukurannya, dan beri warna.3 Pilih Font - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  6. Lalu klik sekali teks yang sudah dibuat.
  7. Pencet menu diatas bernama Object.
  8. Disini pilih fitur Convert to Curve.4 Pilih Objek Convert to Curve - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  9. Kalau sudah klik kanan teks yang sudah jadi Curve, dan pencet Ungroup All Object.5 Klik Kanan Ungroup - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  10. Nanti kamu bisa menggeser satu per satu tulisan dan mengubah pointer sudut secara bebas.6 Silahkan Geser - Cara Trace Gambar di CorelDRAW

Cara 3 : Quick Trace

Quick Trace merupakan fitur unggulan yang dimiliki oleh CorelDRAW. Secara singkat, menu ini memudahkan pengguna untuk mengubah gambar (JPEG) menjadi vector secara otomatis.

Tetapi agar kita bisa mengkonversinya dengan sempurna, syarat pada objek gambar harus ukuran resolusi besar. Kalau resolusinya kecil dan pecah-pecah, tools akan sulit membaca sudut atau garis terluar untuk menjadi vector.

  1. Siapkan gambar dengan resolusi besar.
  2. Kalau sudah buka CorelDraw.
  3. Kemudian bikin Project Baru.
  4. Disini masukkan gambar dengan resolusi besar yang akan kita jadikan vector.7 Masukkan Gambar - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  5. Klik objek gambarnya, dan ketuk tombol menu Bitmap pada bagian atas.
  6. Lanjut tap bagian Quick Trace.8 Klik Bitmap dan Quick Trace - Cara Trace Gambar di CorelDRAW
  7. Secara otomatis gambar tersebut akan berubah menjadi vector. Dan setiap sudut atau sisi terluar point bisa kamu geser maupun custom bebas.

Akhir Kata

Dengan kemampuan canggih aplikasi CorelDRAW saat ini, tentu sangat memudahkan para kreator grafis dalam menghasilkan sebuah karya.

Maksimalkan aktivitas Trace atau Tracing seperti diatas, untuk membuat gambar vector beresolusi besar. Sekian tutorial  mengenai tracing di CorelDRAW, semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.