Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

7 Cara Mudah untuk Transfer Uang

Berada di zaman serba digital tentu memiliki banyak keuntungan dan kerugian, seperti dua sisi koin yang tidak dapat dipisahkan. Segala kegiatan manusia dengan manusia lain dapat dilakukan tanpa tatap muka. Contohnya, berdagang yang telah dibantu e-commerce, menghubungi orang tersayang yang jauh jaraknya, kini dapat dilakukan melalui panggilan video pada aplikasi messenger.

Seperti kedua contoh di atas, melakukan transfer uang pun sudah banyak caranya. Terkadang kita berada di kondisi yang sangat membingungkan, ketika harus mengirim uang untuk orangtua di kampung halaman tapi kita tidak bisa meninggalkan rapat penting. Atau, harus mengirim uang bulanan anak-anak tapi hujan deras di luar membatasi ruang gerak kita.

Tenang, semua ada solusinya!

Kini, mengirim atau transfer uang dapat ditempuh dalam berbagai cara yang sangat mudah dan praktis. Era digital benar-benar membantu kita manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa perlu repot sedikit pun.

Artikel kali ini akan menjelaskan cara-cara tepat dan mudah untuk melakukan transfer uang pada orang yang tersayang, maupun kolega bisnis. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Pertama, Transfer Uang melalui ATM

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling umum digunakan masyarakat. Cara ini juga merupakan cara pertama yang dinilai futuristis di tengah era kegiatan perbankan yang harus melalui teller bank.

Cara Transfer Uang lewat ATM
Cara Transfer Uang lewat ATM

Berikut langkah-langkah transfer menggunakan mesin ATM:

    • Pastikan dulu dimana mesin ATM terdekat dari tempat Anda saat ini. Tidak perlu menuju ke mesin ATM yang terletak pada kantor cabang asal Anda membuat rekening bank.
    • Masukkan kartu ATM Anda pada slot mesin ATM, pastikan kartu Anda berada di posisi yang benar agar terbaca dengan sistem.
    • Pilih bahasa yang Anda ingin gunakan selama proses transaksi. Untuk lebih mudah, Anda dapat memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa sistem.
    • Kemudian, masukkan nomor PIN ATM Anda. Pastikan Anda menutup sisi yang terbuka saat mengetikkan nomor untuk menghindari tindak kejahatan saat Anda lengah. Kemudian, pilih opsi ‘Transfer’.
    • Anda akan diminta memilih bank mana yang akan menerima transfer uang Anda nantinya. Jika Anda memakai ATM BRI dan ingin mengirim uang ke sesama rekening BRI, Anda dapat langsung mengetikkan nomor rekening tujuan.

Untuk tujuan ke bank lain, pilih opsi ‘Transfer ke Bank Lain’, lalu ingat dengan baik nomor kode untuk bank tujuan. Selanjutnya, untuk mengetikkan nomor rekening, ketik nomor kode bank tujuan terlebih dulu kemudian nomor rekening bank tujuan.

    • Selanjutnya, masukkan nominal uang yang ingin Anda transfer. Pastikan bahwa Anda tidak salah mengetikkan nomor atau terlalu banyak memberi angka 0 pada nominal.
    • Untuk nomor referensi, Anda dapat memilih mengosongkan dan lanjut pada langkah selanjutnya karena ini bersifat opsional.
    • Sistem akan menunjukkan simpulan transaksi berupa nomor rekening, nama pemilik rekening dan jumlah uang untuk mengonfirmasi ulang transaksi yang akan Anda lakukan. Pastikan semua informasi benar, ya.
    • Dan, voila! Anda telah sukses mengirimkan uang kepada rekening tujuan! Beberapa mesin ATM akan mengeluarkan bukti transfer atau resi transfer, namun beberapa juga tidak. Untuk memastikan, Anda dapat menunggu setidaknya 10 detik setelah transaksi. Mudah, bukan?

2. Kedua, Transfer Uang melalui SMS Banking

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk melakukan transfer uang adalah melalui SMS Banking.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda terlebih dulu harus mengurus rekening aktif pada customer service untuk aktivasi. Proses ini sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya diminta beberapa berkas, seperti buku rekening, KTP, dan kartu ATM yang Anda miliki untuk aktivasi.

Transfer Uang Lewat SMS Banking
Transfer Uang Lewat SMS Banking

Selama proses aktivasi, pihak customer service akan menjelaskan secara rinci apa saja yang harus Anda lakukan untuk melakukan transaksi perbankan melalui SMS Banking. Setiap bank memiliki sistem SMS Banking yang berbeda. Sehingga, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi pada pihak bank untuk layanan yang satu ini.

SMS Banking sepenuhnya dibebankan pada pulsa atau bebas internet. Jadi, layanan ini sangat memungkinkan menjangkau segala kalangan karena sangat praktis dan memiliki sistem bayar yang sangat umum.

Pastikan pulsa ponsel Anda terisi untuk dapat menggunakan layanan ini, ya!

3. Ketiga, Transfer Uang melalui Mobile Banking

 Selain menggunakan SMS Banking, Anda juga dapat melakukan transfer uang dengan ponsel melalui layanan Mobile Banking.

Sama seperti SMS Banking, Anda dapat melakukan aktivasi layanan ini pada customer service bank. Selain itu, para pembaca juga akan diarahkan untuk mengunduh dan memasang mobile app pada ponsel sebagai sarana transaksi nantinya.

Mobile Banking
Mobile Banking

Mobile Banking sendiri sepenuhnya mengandalkan sambungan internet untuk dapat menjalankan aplikasi. Kelebihan dari Mobile Banking sendiri adalah Anda tidak harus memasukkan kombinasi angka tertentu selama melakukan transaksi. Sehingga, waktu yang dibutuhkan sangat singkat dan cepat.

Untuk dapat melakukan transfer uang, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah tersedia pada aplikasi. Mobile app sendiri sangat mudah untuk digunakan, sehingga Anda tidak perlu risau untuk merasa kesusahan menggunakan aplikasi nantinya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dengan segudang kegiatan, karena segala transaksi perbankan dapat dilakukan dalam sekali klik.

4. Keempat, Transfer melalui Internet Banking

Internet Banking atau lebih dikenal dengan e-banking adalah kegiatan perbankan yang dapat dilakukan dengan bantuan laman browser ponse pintar, PC ataupun laptop Anda. Sama seperti dua cara sebelumnya, untuk menggunakan layanan ini, Anda diharuskan telah melakukan registrasi dan aktivasi pada bank asal.

Layanan satu ini juga sangat mendukung kegiatan penggunanya karena dapat melakukan segala kegiatan perbankan hanya dengan satu pintu, yakni melalui laman website bank. Mulai dari cek mutasi, cek saldo, transfer, dan lain-lain.

Transfer Uang Lewat iBanking
Transfer Uang Lewat iBanking

Anda tidak perlu khawatir karena layanan Internet Banking memiliki tingkat keamanan tinggi guna melindungi segala informasi nasabah. Seperti namanya, untuk dapat melakukan transfer uang, pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet yang mumpuni untuk mencegah transaksi terhenti di tengah jalan.

Tiap bank memiliki fasilitas, kebijakan dan cara-cara tersendiri untuk melakukan kegiatan perbankan, termasuk transfer uang. Anda nantinya akan diarahkan oleh pihak customer service selama proses registrasi dan aktivasi Internet Banking.

5. Kelima, Transfer melalui E-Wallet

Para pembaca sekalian tentu tidak asing dengan OVO, DANA, Jenius,dan Go-Pay, bukan?Jika anda tertarik, anda bisa mencoba daftar akun OVO terlebih dahulu.

Yap, aplikasi-aplikasi di atas merupakan daftar e-wallet atau dompet digital yang makin gandrung digunakan masyarakat dengan beragam keuntungan dan kepraktisan. Hampir di tiap pusat perbelanjaan akan sangat mudah ditemukan tempat mengisi e-wallet kita, serta penawaran-penawaran menarik lainnya.

Cara Transfer Uang Lewat Dompet Digital
Cara Transfer Uang Lewat Dompet Digital

Menggunakan e-wallet, kita diberi layanan yang sangat memudahkan transaksi, yakni mengirim atau transfer uang tanpa rekening bank. Juga, mengirim uang menggunakan e-wallet sangat minim biaya admin.

Fasilitas transfer uang di masing-masing e-wallet memiliki kebijakan yang berbeda-beda dengan biaya admin yang berbeda pula. Tapi tenang, menggunakan e-wallet lebih banyak untungnya dibandingkan dengan rekening biasa.

Anda dapat menghubungkan rekening aktif Anda pada berbagai e-wallet ini, loh. Sangat praktis dan efisien, bukan?

6. Keenam, Transfer melalui Teller Bank

Kirim Uang Lewat Teller Bank
Kirim Uang Lewat Teller Bank

Cara yang satu ini juga termasuk cara paling umum untuk transfer uang, yakni dengan bantuan teller bank. Mengirim uang dengan cara ini cukup mudah dan terbilang praktis, namun terhitung menghabiskan waktu karena Anda diharuskan mengantri terlebih dulu.

    • Kunjungi bank terdekat untuk melakukan transfer uang.
    • Sampaikan tujuan Anda untuk transfer uang kepada security yang menyambut Anda, maka Anda akan diberi nomor antrean beserta slip setor tunai untuk diisi. Pastikan jumlah uang dan nomor rekening tujuan terisi dengan benar, ya!
    • Tunggu beberapa saat hingga nomor antrean Anda disebutkan, lalu serahkan slip yang telah terisi dengan jumlah uang yang akan ditransfer ke pihak
    • Pastikan Anda membawa uang lebih sebagai biaya administrasi. Tiap bank memiliki jumlah yang berbeda-beda untuk biaya tersebut.

7. Ketujuh, Transfer melalui Pos Indonesia

Eits, jangan pesimis dulu!

Sekarang, mengirim uang melalui Kantor Pos Indonesia sangat mudah dan cepat, tidak kalah dengan layanan transfer uang lainnya, loh!

Kantor Pos Indonesia seringkali dihubungkan dengan kinerja petugas yang lamban, sistem terlalu jaman dulu atau jadul, dan macam-macam stigma negatif lainnya. Untuk menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, Pos Indonesia telah berbenah menjadi lebih baik bagi para penggunanya.Cara Kirim Uang Lewat Kantor POS

Untuk mengirim uang melalui layanan ini, siapkan lebih dulu KTP atau SIM yang masih aktif digunakan, beserta data penerima uang. Seperti, kode pos wilayah, nama dan alamat.

    • Tentukan Kantor Pos terdekat dari tempat Anda saat ini.
    • Kemudian, Anda dapat mengatakan kepada petugas bahwa ingin mengirim atau melakukan transfer uang. Pilih opsi ‘WeselPost Instan’ sebagai layanan transfer uang Anda, ya.
    • Lalu, isi formulir transfer uang yang tersedia dengan jelas dan rinci untuk mencegah kesalahan pada sistem nantinya. Formulir sendiri terdiri dari nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima yang sesuai dengan KTP atau KK serta jumlah uang yang hendak dikirim.
    • Setelah memastikan informasi yang ditulis sudah benar, bubuhkan tanda tangan pada kotak yang tersedia dan berikan kembali kepada petugas.
    • Tunggu beberapa saat untuk proses mengirim uang.
    • Setelah dinyatakan berhasil, para pembaca akan diberikan tanda bukti atau resi transfer beserta PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat). Kedua nomor ini akan berguna untuk mengambil uang pada pihak penerima nantinya.
    • Kirimkan nomor PIN dan NTP yang ada agar penerima dapat melakukan pengambilan uang, ya!

Sama seperti melakukan transaksi transfer uang menggunakan ATM, mengirim uang dengan bantuan Kantor Pos Indonesia juga terdapat biaya admin pada tiap transfernya. Biaya tersebut sebagai berikut:

No.
Jumlah Uang
Biaya Kirim
1.0 s.d Rp.200.000Rp. 15.000
2.Rp.200.000 s.d Rp.1.000.000Rp. 27.000
3.Rp.1.000.000 s.d Rp.5.000.000Rp. 27.000
4.Rp.5.000.000 s.d Rp.10.000.000Rp. 30.000
5.Rp.10.000.000 s.d Rp.15.000.000Rp. 35.000
6.Rp.15.000.000 s.d Rp.20.000.000Rp. 45.000
7.Rp. 20.000.000 s.d Rp.25.000.000Rp. 55.000

Untuk proses mengambil uang, Anda diharuskan menulis nomor PIN dan NTP beserta fotokopi KTP sebanyak 2 buah, lalu berikan pada petugas untuk proses selanjutnya. Sangat mudah, kan?

Selama melakukan proses transaksi, pastikan Anda tetap menjaga kerahasiaan informasi pribadi untuk mencegah tindak kriminal yang dapat merugikan, ya. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian!

Tags

Puspita Diadema

Saya lulusan Universitas Airlangga Surabaya, menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tertarik dengan bidang penulisan, teknologi, kuliner dan musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.