Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Transkrip Suara Menjadi Teks

Fokus adalah salah satu kunci utama ketika harus menjalani kehidupan selama pandemi yang mengharuskan kita untuk belajar dan bekerja di rumah secara online.

Tapi terkadang fokus bisa hilang seketika ketika kita dihadapkan dengan hal penting seperti belajar online atau rapat online. Karena hal ini bisa membuat kalian ketinggalan materi yang disampaikan.

Beruntungnya kini ada situs Web Speech API Demonstration, situs ini bisa merubah atau transkrip suara (dari audio dan video) menjadi teks. Jadi jika kalian ketinggalan materi rapat atau belajar daring, kalian bisa baca teksnya.

Tool Web Speech API Demonstration digarap oleh Google. Nggak cuma support bahasa Inggris saja, tool ini sudah mendukung bahasa Indonesia lho.

Bahkan Tool Web Speech API Demonstration ini juga mendukung beberapa bahasa daerah seperti bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Minang, dan juga bahasa Madura.

Selain punya kelebihan mendukung banyak bahasa, tool ini sudah sangat terjamin keamanannya pastinya. Jadi kalian nggak perlu lagi ragu untuk menggunakan tool ini.

Cara Transkip Suara Menjadi Teks

Pasti nggak mau kan ketinggalan materi rapat atau belajar online? Silahkan ikuti petunjuk cara merubah suara jadi tulisan yang akan dijelaskan berikut ini:

  1. Bukalah Google Chrome yang ada di laptop kalian, lalu silahkan kunjungi Web Speech API Demonstration.
  2. Setelah laman web nya terbuka, silahkan klik “English”.Gambar Langkah pertama - Cara Transkip Suara Menjadi Teks via web speech API Demonstration
  3. Lalu kalian harus mengatur bahasanya menjadi “Bahasa Indonesia”.Gambar Langkah kedua - Cara Transkip Suara Menjadi Teks via web speech API Demonstration
  4. Setelah itu klik icon “Mic”, lalu izinkan permintaan akses “Mikrofon”.
  5. Minimize Google Chrome dengan cara menekan tombol “Home”.
  6. Lalu bukalah zoom atau browser yang kalian gunakan untuk rapat atau belajar online, silahkan jalankan kedua aplikasi secara bersamaan ya.
  7. Bisa kalian lihat, suara di video secara otomatis tertulis menjadi teks.Gambar Langkah terakhir - Cara Transkip Suara Menjadi Teks via web speech API Demonstration
  8. Selesai.
Ingin mengubah suara laki-laki menjadi perempuan atau sebaliknya ? Ikut panduan selengkapnya disini.

Akhir Kata

Demikianlan tutorial cara transkip suara menjadi teks ini hanya bisa dilakukan lewat Google Chrome PC atau laptop saja. Jika kalian pengguna browser lain, kalian bisa mencoba tool serupa lain.

Mudah sekali kan caranya? Segera praktekkan sekarang juga agar kalian tidak ketinggalan materi pembelajaran atau rapat. Sekian dulu, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
most voted
newest oldest
Inline Feedbacks
View all comments
qeis al-izzah
qeis al-izzah
24 hari yang lalu

wah dapat ilmu baru nihhhh😁😁👍

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.