Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

5 Fitur Tersembunyi di Windows 10 yang Harus Diketahui

Semua orang di dunia pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Windows. Windows dikenal sebagai salah satu sistem operasi terfavorit khususnya untuk PC / Laptop.

Sampai sekarang, Windows masih tetap dikembangkan. Dari sekian banyak versi Windows, Windows 10 adalah salah satu versi yang paling banyak digunakan.

Windows 10 mengusung antarmuka yang lebih keren dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Tak hanya modal tampang saja, tapi Windows 10 juga menawarkan performa yang lebih baik.

Microsoft juga tidak lupa membekali sistem operasi garapannya ini dengan banyak sekali fitur baru yang bisa sangat membantu para pengguna nya.

Fitur bawaan Windows 10 memang ada banyak sekali. Bahkan ada juga fitur tersembunyi di Windows 10 yang jarang diketahui oleh para pengguna sistem operasi buatan Microsoft ini.

Fitur Tersembunyi di Windows 10

Belum tau kan apa saja fitur tersembunyi yang ada di Windows 10? SurgaTekno akan menjelaskan fitur beserta cara pakainya berikut ini:

1. Copy Paste Banyak Sekaligus

Kalian yang sering mengerjakan tugas menggunakan PC pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur copy paste. Semua varian Windows dibekali dengan fitur yang sangat bermanfaat ini.

Khusus Windows 10, Microsoft membekali fitur tambahan yang berkaitan dengan copy paste. Fitur yang dimaksud adalah clipboard.

Adanya fitur clipboard jelas sangat membantu sekali. Kalian bisa “Copy” dan “Paste” sebanyak-banyaknya tanpa perlu berpindah tab dan menekan “CTRL + C” dan “CTRL + V” berulang-ulang.

Cara menggunakan clipboard di Windows 10 itu gampang banget. Pertama, kalian harus mengcopy dan mempaste teks atau paragraf berulang-ulang sesuai kebutuhan.

Setelah itu tekan “Windows + V”. Setelah itu, kalian akan melihat sekumpulan teks yang sudah dicopy sebelumnya.

SurgaTekno sudah pernah membahas tentang fitur ini dengan lengkap di tutorial copy paste anti ribet untuk pengguna Windows 10.


2. Ketik Emoji

Meskipun sekarang banyak sekali orang yang chatting menggunakan Smartphone, ternyata masih ada cukup banyak juga orang yang masih tetap chatting menggunakan PC.

Kabar baiknya, beberapa aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line dan telegram masih tetap setia mengembangkan aplikasi chatting untuk PC khususnya pengguna Operating System Windows.

Saat chatting, bakalan kurang lengkap rasanya jika tidak membubuhkan emoji. Sadar karena hal ini, Microsoft membenamkan fitur khusus yang memungkinkan kalian untuk menggunakan emoji saat chatting.

Cara menggunakan emoji di Windows 10 juga sangat mudah. Teman-teman hanya perlu menekan tombol Windows + Titik, setelah itu kalian akan melihat emoji-emoji keren yang bisa membuat suasana chatting jadi makin seru.


3. Rekam Layar

Jika kalian seorang content creator yang suka membuat tutorial tentang PC. Pasti kalian sering merekam layar sembari menjelaskan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan.

Sama seperti Android Nougat keatas, Windows 10 juga punya perekam layar bawaan. Adanya fitur ini jelas sangat membantu Sekali. Kalian tidak perlu lagi meng-install aplikasi screen recorder dari pihak ketiga yang terkadang membuat kita harus merogoh kocek.

Cara merekam layar dengan fitur bawaan Windows juga sangat mudah. Kalian hanya perlu menekan tombol “Windows + G”.

Selain cara pakainya yang sangat mudah, fitur screen recorder bawaan Windows 10 juga bebas watermark.


4. Screenshot di Area Tertentu

Terkadang ada juga momen dimana kita harus memfoto paragraf tertentu pada artikel di media online. Atau ingin melakukan screenshot jendela aplikasi yang tengah digunakannya.

Selain dibekali dengan fitur screenshot full screen, Windows 10 juga memiliki fitur khusus yang memungkinkan teman-teman untuk mengambil screenshot di area tertentu.

Untuk melakukannya, teman-teman harus menekan tombol “Windows + Shift + S” secara bersamaan.

Setelah itu layar akan menjadi gelap dibarengi dengan munculnya opsi screenshot mulai dari Rectangular Snip, Freeform Snip, Window Snip, hingga Full Screen Snip.

Untuk melakukan screenshot sebagian layar, kalian bisa memilih satu diantara opsi “Rectangular Snip” atau “freeform snip”


5. Menutup Semua Tab

Setelah semua tugas selesai, biasanya kita akan menutup tab-tab yang dibuka sebelumnya. Meskipun caranya mudah, bakal melelahkan juga kalau kita harus menutup banyak tab satu persatu.

Beruntungnya, Windows punya fitur khusus yang bisa membantu kita untuk menutup semua tab hanya dengan menekan dua tombol saja.

Tombol yang harus kalian tekan untuk menutup semua tab adalah Windows + D. Mudah sekali kan caranya?


Akhir Kata

Itu dia 5 fitur tersembunyi di Windows 10 yang harus kalian ketahui. Bermanfaat banget kan fiturnya? Silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman, supaya semakin banyak orang yang tau tentang fitur ini.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.