Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Tips & Trik

7 Tips Memilih Laptop Berkualitas yang Benar

Bingung pilih Laptop ? Simak tips pilih laptop berkualitas berikut ini.

Saat ini memang ada banyak sekali laptop yang berkeliaran di pasaran. Setiap laptop punya spesifikasinya masing-masing, ada yang menawarkan layar lebih lebar, jeroan lebih mantap, ada juga yang menawarkan baterai berkapasitas jumbo.

Karena ada banyak dan tidak mungkin rasanya untuk membeli semuanya. Mau tidak mau kalian harus memilih satu diantaranya, usahakan untuk memilih laptop yang berkualitas tinggi.

Memilih laptop berkualitas adalah langkah wajib yang harus kalian lakukan ketika hendak membeli laptop. Dengan langkah ini, teman-teman tidak akan mendapati kekecewaan setelah membelinya.

Memilih laptop berkualitas harus dilakukan dengan teliti. Teman-teman harus menyesuaikan spesifikasi laptop dengan penggunaan yang akan kalian lakukan. Misalnya untuk kantoran, desain grafis atau bisa juga gaming.

Bagi kalian yang kebingungan bagaimana cara memilih, silahkan simak tips memilih laptop berkualitas berikut ini supaya tidak ada kekecewaan pasca pembelian, simak dengan seksama ya:

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilih Laptop Sesuai dengan Kebutuhan
Pilih Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

Memiliki laptop memang harus disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Nantinya laptop yang akan kalian beli akan digunakan untuk apa? Kantoran, Desain Frafis atau Gaming?

1. 1. Laptop Kantoran

Tidak perlu spesifikasi yang tinggi untuk Laptop Kantoran. Biasanya laptop kantoran hanya perlu kehandalan untuk membuat dokumen entah itu Word, Excel dan sebagainya.

Jadi teman-teman hanya perlu laptop yang kompatibel untuk menjalankan aplikasi Office dengan lancar, meski demikian laptop kantoran juga bisa digunakan untuk keperluan entertain/hiburan dan juga bermain game ringan.

1.2. Laptop Desain Grafis

Jika diperuntukkan untuk desain grafis, teman-teman harus memilih laptop dengan spesifikasi menengah. Setidaknya kalian harus memilih spesifikasi laptop yang punya layar lebar dengan kapasitas penyimpanan besar.

Laptop khusus desain grafis juga sangat mantap untuk mengedit file office dan main game menengah. Disarankan untuk mencocokkan dengan spesifikasi minimum dari aplikasi desain grafis yang kalian andalkan ya.

1.3. Laptop Gaming

Laptop untuk gaming memerlukan spesifikasi yang tinggi. Kalian harus memperhitungkan dapur pacu, kualitas layar dan juga kapasitas baterai yang ada pada laptop yang nantinya akan digunakan untuk gaming.

Berhubung spesifikasi nya kelas atas, laptop gaming juga bisa diandalkan untuk desain grafis dan juga keperluan kantoran. Hanya saja, harga mahal akan jadi penghalang untuk memilikinya.

2. Sesuaikan dengan Budget

Setelah itu, teman-teman juga harus menyesuaikan dengan anggaran yang kalian miliki. Jika anggaran mencukupi, jangan ragu untuk memilih laptop terbaik, begitu juga sebaliknya.

Beli Laptop yang Sesuai Budget
Beli Laptop yang Sesuai Budget

Jika teman-teman memiliki dana terbatas tidak perlu berkecil hati. Apabila tidak mencukupi untuk membeli laptop baru, laptop bekas bisa dijadikan pilihan asalkan kondisinya baik dan masih layak pakai.

3. Pilih Brand Ternama

Brand atau merek laptop menentukan bagus tidaknya sebuah laptop yang akan kalian beli. Disarankan untuk memilih laptop besutan pabrikan ternama karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Merk Laptop
Merk Laptop

Di Indonesia sendiri , ada beberapa brand laptop ternama, contohnya seperti Toshiba, Asus, HP, Dell, Acer dan masih banyak lagi lainnya.

4. Perhatikan Garansi

Garansi adalah saah satu bagian terpenting saat hendak membeli barang. Semua barang yang baru dibeli akan disertai dengan garansi, seperti smartphone, motor, mobil dan juga laptop.

Artikel Menarik
Perhatikan Garansi Laptop
Perhatikan Garansi Laptop

Biasanya laptop disertai dengan garansi 1 tahun. Ada juga brand laptop ternama yang memberikan garansi 2 tahun. Dengan adanya garansi ini, kalian tidak perlu khawatir saat terjadi kerusakan.

5. Cek Ketersediaan Service Center di Kotamu

Jasa servis laptop memang ada banyak sekali, tapi diragukan keahlian teknisnya, belum lagi sparepart yang digunakan tidak terjamin keasliannya.

Sebelum Membeli Cek Ada Tidak Service Center di Kotamu
Sebelum Membeli Cek Ada Tidak Service Center di Kotamu

Oleh sebab itu, disarankan untuk langsung mengunjungi servis center resmi yang teknisinya sudah terlatih dan sparepart nya dijamin original.

Karena penting, Sebelum memilih laptop cek terlebih dahulu apakah ada service center resmi brand laptop incaran di kotamu.

6. Cek Harga Jual Kembali

Setiap barang (kecuali emas dan tanah) pasti akan mengalami penurunan harga saat dijual kembali. Begitu juga dengan laptop yang kadang penurunan harganya lumayan drastis.

Cek Harga Jual Kembali Laptop
Cek Harga Jual Kembali LaptopCek Harga Jual Kembali Laptop

Penurunan harga jual bisa disebabkan oleh kondisi dari laptop, bisa juga disebabkan oleh brandnya. Sebelum membeli, usahakan untuk mengecek harga jual kembali terlebih dahulu.

7. Cek Sebelum Dibawa Pulang

Cek Kelengkapan Laptop Sebelum Pulang
Cek Kelengkapan Laptop Sebelum Pulang

Tips memilih laptop berkualitas yang terakhir ini juga sangat penting. Silahkan cek pengoperasian laptop, pastikan semua fitur-fitur yang ada bisa digunakan dengan sempurna.

Demikian tips memilih laptop berkualitas yang dibahas kali ini. Pastikan lakukan tips ini dengan benar supaya bisa mendapatkan laptop berkualitas tinggi yang memuaskan. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.