Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Kenapa Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Video Offline YouTube tidak bisa dibuka? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya dalam artikel ini.

Saat ini ada banyak sekali platform video yang menyajikan banyak sekali video-video yang menarik untuk ditonton, salah satunya adalah YouTube.

Video yang ada di YouTube bisa kamu tonton secara gratis secara online atau lebih dikenal dengan istilah streaming. Selain ditonton secara streaming, kamu juga bisa nonton video YouTube secara Offline.

Nonton video YouTube secara offline bisa dilakukan dengan mudah. Tapi sebelumnya, kamu harus mendownload video yang ingin ditonton melalui Aplikasi YouTube.

Setelah videonya berhasil disimpan, kamu bisa memutar kembali video yang sudah didownload tanpa perlu terhubung dengan jaringan Internet.

Tidak jarang juga ada kejadian dimana video YouTube yang sudah diunduh tidak bisa diputar seperti biasanya.

Karena kejadian ini tidak jarang terjadi, maka dari itu banyak sekali netizen yang kepo apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Video Offline YouTube tidak bisa dibuka

Apakah kamu ingin mengetahui biang keladi dan solusi mengatasi hal yang kurang mengenakkan ini? Simaklah artikel ini hingga selesai ya.

Kenapa Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka?

Penasaran nggak sih apa saja penyebab utama dari video offline YouTube yang tidak bisa dibuka? Berdasarkan pengalaman berikut adalah biang keladinya:

1. Video Tidak diperbolehkan untuk disimpan Offline

Setiap pemilik video YouTube dibebaskan untuk mengatur berbagai setelan terkait dengan video yang di-posting nya.

Tidak jarang juga pemilik konten tidak memperbolehkan para penonton untuk mendownload video buatannya dikarenakan hak cipta.

2. Bugs

Video YouTube offline tidak bisa diputar juga bisa disebabkan adanya bugs dalam Aplikasi YouTube.

Bugs di aplikasi YouTube juga bisa menjadi penyebab kejadian yang kurang mengenakkan lainnya seperti loading lama, forced close dan lain sebagainya.

3. Memori Internal Penuh

Video YouTube yang sudah disimpan Offline akan tersimpan di memori internal dalam smartphone kamu.

Jika memori internal kamu penuh, video yang kamu inginkan tidak akan bisa tersimpan dengan sempurna, oleh karena itu videonya tidak bisa diputar kembali.

4. Jaringan Internet Lemot

Bisa juga hal ini dikarenakan jaringan internet yang lemot banget. Karena sinyal yang nggak stabil, video YouTube yang kamu inginkan tidak bisa terunduh dengan sempurna.

5. Data Aplikasi YouTube Terhapus

File video YouTube offline akan tersimpan dalam smartphone kamu. Bila sampai data Aplikasi YouTube terhapus, kamu tidak bisa memutarnya kembali.


Cara Mengatasi Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita cari tahu seperti apa langkah-langkah yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi hal ini.

1. Update Aplikasi YouTube

Solusi pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Play atau App Store yang sudah terinstall di smartphone kamu.

Lalu silahkan cek apakah aplikasi YouTube mendapatkan Update. Jika tersedia Update, silahkan lakukan pembaruan tanpa ragu-ragu lagi.

Biasanya, dalam aplikasi YouTube bakal ada perbaikan bugs. Bukan sekedar perbaikan saja, tapi tidak jarang juga ada tambahan fitur baru.

2. Bersihkan Memori Internal

Jangan lupa juga untuk menyisakan lebih banyak space di memori internal smartphone kamu.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus beberapa file yang dirasa tidak penting lagi.

Atau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi cache cleaner untuk menghapus semua file sampah yang selama ini hanya membuat storange smartphone jadi penuh.

3. Pilih Mode Jaringan yang Stabil

Meskipun sekarang jamannya 4G, tidak semua tempat di negara kita tercover oleh jaringan 4th generation Technology ini.

Jika sinyal 4G di rumahmu lemah, kamu bisa menggunakan jaringan H+ atau jenis jaringan lain yang paling stabil.

4. Gunakan WiFi

Jika jaringan seluler tidak mumpuni untuk mendownload video di YouTube, silahkan gunakan jaringan WiFi.

Dijamin modern seperti sekarang, tidaklah sulit untuk mencari jaringan WiFi. Kamu bisa menemukan nya di WiFi corner, cafe, minimarket dan lain-lain.


Akhir Kata

Saya kira itu saja penyebab dan solusi mengatasi video YouTube offline yang tidak bisa diputar. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.