GamesTech News

5 Alasan Game di Hapus Dari Steam

Apakah kamu pernah membeli game The Walking Dead: Survival Instinct ? jika ya maka game tersebut masih dapat kamu mainkan walaupun sudah tidak tersedia lagi di Steam. Jika kamu belum pernah membeli game tersebut, maka kamu tidak akan bisa membeli game tersebut di Steam Store karena game tersebut sudah di hapus di Steam beberapa tahun yang lalu.

Seperti yang kita ketahui The Walking Dead: Survival Instinct memang bukan satu-satunya game yang dihapus dari Steam Store. Beberapa game yang awalnya dijual di Steam Store ini tetapi beberapa saat kemudian game tersebut sudah dihapus, ini bisa saja terjadi disemua game yang dijual di Steam. Beberapa alasannya yaitu :

Alasan DMCA


Stardock, pembuat dari game Star Control: Origins terkena masalah hak cipta oleh pembuat asli game Star Control, hasilnya game Origins tidak lagi dijual di Steam ataupun GoG.

Walaupun sudah dikenakan DMCA nyatanya kamu tetap bisa membeli game ini lewat website Stardock dan kamu masih bisa memainkan game ini dari Steam jika sebelumnya kamu sudah membelinya.

Hak Musik yang sudah Kedaluwarsa


Seperti yang diketahui saat ini, beberapa game membeli hak musik dari penyanyi selama beberapa tahun lamanya, dan jika hak musik tersebut sudah habis atau kedaluwarsa maka game tersebut dipastikan akan dihapus dari Steam Store, dan hanya akan dijual kembali saat musik tersebut sudah dihapus didalam game tersebut.

Contohnya adalah game Grand Theft Auto: Vice City yang sebelumnya sudah dihapus di Steam Store pada tahun 2012, dan kemudian kembali dijual setelah beberapa konten musik yang kedaluwarsa dihapus dari game tersebut, dan lagi-lagi jika kamu sudah membeli game tersebut sebelumnya, kamu masih bisa menikmati game tersebut dengan lagu originalnya.

Review Palsu

Review menjadi elemen yang sangat penting didalam game yang dijual secara digital, developer dari game mencoba untuk meningkatkan rating gamenya di Steam lewat review palsu. Beberapa contoh kasusnya terjadi di Acram Digital’s yang telah ditarik dari Steam karena beberapa staff dari Acram memberikan review positif menggunakan beberapa id Steam mereka.

Konten Seksual


House Party adalah game yang diluncurkan ditahun 2017 ini harus rela ditarik dari Steam Store karena konten seksual yang terdapat didalam game tersebut. Kemudian beberapa hari berselang, House Party kembali dijual di Steam setelah melakukan sensor dibeberapa adegan, tetapi mereka juga memberikan update untuk menghapus sensor tersebut jika pemain ingin bermain tanpa sensor.

Konten pornography atau seksual didalam game bukan hanya terjadi di House Party saja, beberapa game anime seperti HuniePot ini diberikan peringatan oleh Valve yang memberikan mereka batas waktu tertentu untuk melakukan sensor di game tersebut jiak tidak ingin dihapus dari Steam.

Terdapat Versi Remastered

Dark Souls: Prepare to Die edition akan meninggalkan Steam pada tanggal 25 Mei ini, saat Dark Souls: Remastered Edition diluncurkan. Seperti beberapa contoh diatas, jika kamu sebelumnya sudah membeli game Dark Souls: Prepare to Die maka game ini tetap ada di Library kamu dan kamu masih bisa memainkannya.

Beberapa contoh lain ada di The Elder Scrolls V: Skyrim. Versi original dari game ini tidak akan kamu temukan melalui Steam Store, hanya ada versi lainnya yaitu versi VR dan the Special Edition. Tetapi game ini tetap ada di Steam karena hanya di sembunyikan oleh Bethesda yang ingin membuat pendatang baru untuk membeli versi Remasterednya.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/ Website : https://surgatekno.com/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker