Tips & Trik

4 Cara Mengatasi Printer Canon Error 5100

Saat ini semua yang dulunya repot dan cukup memakan waktu untuk dilakukan kini menjadi lebih cepat dan mudah. Tak terkecuali dalam dunia percetakan yang kini banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Untuk mencetak data ke lembaran kertas kita membutuhkan printer. Dengan hadirnya printer ini kita bisa mencetak dengan cepat, bukan itu saja hanya perlu sedikit dana untuk melakukannya.

Akhir-akhir ini sudah banyak sekali printer yang bisa dimiliki dan digunakan. Yang terpopuler adalah printer buatan Canon, selain dikenal dengan produk berupa kamera, pabrikan elektronik asal Jepang ini juga printer yang kualitasnya tak kalah bagus dengan kameranya.

Canon punya beberapa printer yang laris manis dipasaran termasuk di Indonesia. Contohnya seperti printer Canon seri IP2770, MP287, MP237, MX397, MP258 dan MP280. Dari sekian banyak seri printer canon yang ada, Canon IP2770 adalah yang terlaris.

Deretan printer Canon diatas memang dikenal berkualitas tinggi baik material bodynya maupun mesinnya. Hasil cetakan nya sangat bagus dan bisa disejajarkan dengan printer besutan pabrikan ternama lainnya.

Tapi namanya juga buatan manusia, pasti akan muncul kesalahan atau error yang bisa terjadi saat menggunakan printer Canon. Salah satu yang sering terjadi adalah Notifikasi Error 5100.

Error 5100 yang terjadi pada printer Canon memang sangat meresahkan. Kalian tidak bisa menggunakan printer untuk mencetak, seperti ini pertanda terjadinya error 5100 :

  • Printer dalam kondisi normal tapi tidak bisa digunakan untuk mencetak.
  • Lampu resume dan power berkedip-kedip.
  • Muncul notifikasi peringatan error 5100 pada monitor.

Memang cukup menggangu sekali kejadian error 5100 pada printer Canon ini. Tapi tenang saja, karena ada cara mengatasi printer canon error 5100 yang dijamin manjur sekali.

Lalu bagaimana cara mengatasi printer canon dengan pesan error 5100 ini ?. Untuk mengatasinya sangat mudah sekali, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah seperti berikut ini:

1. Pergerakan Rumah Cartridge Terganggu Selang Infus

Pertama kalian harus memastikan printer terlebih dahulu, setelah itu bukalah printer dan pastikan pergerakan selang apakah normal atau tidak.

Apabila pergerakan selang tidak normal atur ulang supaya selang infus bisa bergerak normal dan tidak mengganggu lagi

2. Chip Catridge Kotor

Setelah mematikan printer, silahkan buka tutup katrit. Kemudian lepas katrit dan perhatian kuningan-kuningan yang ada. Jika ada yang kotor atau berkarat silahkan lakukan pembersihan menggunakan alkohol atau air mineral

3. Kemasukan Benda Asing

Matikan printer lalu buka casing printer menggunakan obeng plus. Jangan lupa lepas selang infus dan tempat tinta supaya terlebih dahulu. Setelah itu cari benda asing yang menggangu tersebut.

4. Bawa ke Service Printer

Jika ketiga cara diatas sudah kalian lakukan dan belum berhasil. Mungkin kalian harus membawa printer canon kalian ke tukang service printer.  Mungkin ada beberapa komponen diperbaiki atau bahkan ada beberapa komponen yang rusak dan harus diganti.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Paling Ampuh

Demikian cara mengatasi printer canon error 5100 yang paling mudah untuk dilakukan. Terima kasih sudah membaca, semoga bisa membantu kalian semua. Jika kalian ingin membagikan artikel seputar teknologi, jangan lupa gabung bersama kami.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/ Website : https://surgatekno.com/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker