Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

Diskon Shopee

´╗┐Bagaimana cara mengembalikan level Game yang terhapus? Ketahui jawabannya dengan menyimak artikel ini hingga selesai.

Sekarang main Game tidak wajib menggunakan konsol lagi. Karena saat ini ada banyak banget game-game seru yang bisa dimainkan menggunakan Smartphone.

Main game dengan Smartphone memang seru sekali. Tapi terkadang, ada juga masalah-masalah yang akan mengganggu kita saat memainkan game seperti lag, lost connect dan juga level game terhapus.

Masalah level Game yang terhapus memang sangat menyebalkan sekali. Apalagi kita sudah berhasil naik ke level tertinggi dan akhirnya hilang begitu saja.

Jika Level Game kamu terhapus janganlah panik, gelisah atau bahkan frustrasi. Karena semua masalah pasti ada solusinya tak terkecuali masalah level game yang terhapus ini.

Penyebab Level Game Terhapus

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, mari kita ulik terlebih dahulu seperti apa biang keladi dari masalah yang menyebalkan sekali ini.

  1. Game terhapus.
  2. Data Game terhapus.
  3. Lupa menyimpan progress permainan.
  4. Terjadi error pada Server game.
  5. Smartphone kamu terkena Virus.
  6. Smartphone sudah di factory reset.
  7. dan masih banyak lagi lainnya.

Penyebab yang menjadi dalang terhapusnya level game bisa dikarenakan kesengajaan dan juga ketidak sengajaan. Supaya hal ini tidak terulang, janganlah mengulanginya kembali.


Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? Kamu bisa mempraktikkan beberapa langkah yang akan saya jelaskan dengan lengkap berikut ini.

1. Install Ulang Lewat Google Play

Jika sebelumnya kamu menginstall game tersebut melalui Google play, kamu bisa mencoba cara yang pertama ini. Langkah-langkahnya seperti ini, silahkan cermati dengan baik:

  1. Bukalah Google Play yang sudah ada di Smartphone Kamu.
  2. Jika sudah terbuka, kamu bisa langsung menyentuh “Foto Profil” yang berada di pojok kiri atas.
  3. langkah pertama - Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

  4. Lalu lanjut dengan memilih menu “Kelola aplikasi dan perangkat”.
  5. langkah kedua - Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

  6. Kamu akan melihat tampilan seperti ini, pilihlah “Kelola”.
  7. langkah ketiga - Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

  8. Tap “Diinstall” lalu pilihlah “Tidak diinstall”.
  9. langkah keempat - Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

  10. Lantas kamu akan disuguhkan dengan daftar aplikasi dan game yang pernah kamu install sebelumnya. “Ceklist” Game yang levelnya terhapus lalu tap icon “Download”.
  11. langkah terakhir - Cara Mengembalikan Level Game yang Terhapus

  12. Tunggulah hingga pengunduhan dan penginstalan Game selesai.
  13. Setelah itu silahkan buka, kemungkinan data game yang sebelumnya hilang akan kembali seperti semula.
  14. Selesai.

Jika sebelumnya kamu menginstall game melalui App Store silahkan lakukan hal serupa ya, langkah-langkahnya mungkin tidak jauh berbeda.

Sayang banget jika kamu menginstall game di luar Google Play atau App Store, karena tidak ada harapan data game kamu akan bisa direstore kembali.

2. Dengan Menghubungi Developer

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk menghubungi pengembang game yang kamu mainkan. Biasanya setiap developer game menyediakan layanan kontak melalui email.

Kamu bisa mencari informasi email pengembang di Google Play, App Store atau situs web resminya. Ada juga beberapa developer yang menyediakan laman khusus contact us di situs web dan juga didalam gamenya.

Lalu, kamu bisa mengetikkan laporan mengenai level game yang hilang. Usahakan untuk menggunakan Bahasa Inggris supaya developer game tidak mengalami kendala Bahasa.

Jika kamu tidak menguasai bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan layanan translate. Atau setidaknya kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Setelah mengirimkan email aduan, kamu harus menunggu email balasan dari pengembang atau publishernya.


Tips Supaya Level Game Tidak Hilang Lagi

Kejadian ini jelas sangat tidak mengenakkan. Tentu kamu tidak ingin hal ini terulang kembali bukan? Supaya tidak terulang lakukanlah beberapa tips berikut ini:

  1. Usahakanlah untuk bermain menggunakan Akun di Game tersebut supaya level dan progress game tersimpan di Server.
  2. Rajin-rajinlah untuk membackup data game menggunakan aplikasi backup terpercaya.
  3. Jangan sampai menghapus folder “Android/Data” yang ada di memori internal. Karena folder tersebut berisikan data dari aplikasi dan game yang terinstall di smartphone kamu.
  4. Dilarang untuk menginstall aplikasi dan game dari situs yang tidak dikenal karena bisa saja mengandung virus dan malware yang bisa menghapus data penting yang ada di HP Kamu.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan level game yang hilang. Jangan lupa praktikan tipsnya supaya hal ini tidak terulang, terimakasih sudah membaca!

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.