Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Aplikasi

4 Perbedaan Antara LINE Biasa dan LINE Lite

Chatting di LINE tidak hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi LINE standar saja. Tapi kalian juga bisa chatting sepuasnya dengan aplikasi LINE lite yang didesain khusus untuk smartphone berspesifikasi rendah.

Dirancang khusus untuk smartphone berspesifikasi rendah, tentu hal ini membuat ukuran aplikasi LINE lite jadi lebih kecil dan sangat ringan sekali. Kalian bisa menghemat memori internal smartphone jika meng-install aplikasi LINE lite ini.

Karena bisa berjalan lancar di smartphone berspesifikasi rendah dan tidak terlalu memakan banyak memori penyimpanan, tidak sedikit juga orang yang memilih untuk menggunakan LINE lite.

Tapi sebelum menggunakan aplikasi LINE lite, teman-teman harus tau terlebih dahulu apa saja perbedaan antara aplikasi LINE standar dan LINE lite.

Perbedaan LINE Biasa dan LINE Lite

Perbedaan antara LINE biasa dan LINE lite bukan hanya namanya saja. Tapi masih ada juga perbedaan lain diantara keduanya yang menarik sekali untuk diketahui, kira-kira apa saja? Simak kelanjutan dibawah ini untuk tahu jawabannya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Ukuran

LINE versi standar dikenal sebagai aplikasi chatting yang ukurannya besar banget. Ukuran dari aplikasi chatting ini adalah 86 MB, lebih besar daripada ukuran aplikasi WhatsApp dan juga telegram versi standar.

Perlu diketahui, 86 MB adalah ukuran aplikasinya saja. Ukuran aplikasi LINE biasa bisa jadi lebih membengkak jika sudah seringkali digunakan. Penulis pernah terkejut karena ukuran aplikasi LINE yang terinstall dalam smartphone berukuran 650 MB, besar sekali bukan?

Lantas berapa ukuran dari aplikasi LINE lite? Aplikasi versi ringan ini hanya berukuran 7,9 MB saja. Jauh lebih kecil dan ringan apabila dibandingkan dengan ukuran LINE standar. Maka dari itu, LINE menyarankan para pengguna smartphone berspesifikasi rendah untuk menggunakan aplikasi LINE lite.

2. Tampilan

Selain ukuran, user interface atau tampilan dari kedua aplikasi chatting ini juga jauh berbeda. LINE standar tampil dengan beranda yang lebih berwarna, jika bosan dengan tema bawaan LINE, kalian bisa mengubahnya sesuai dengan selera.

Berbicara mengenai tema LINE, kehadirannya memang sangat diperlukan. Apalagi bagi para pengguna LINE yang gampang bosan dengan tampilan yang gitu-gitu aja.

Beranda LINE Biasa dan Lite
Beranda LINE Biasa dan Lite

Ngomong-ngomong soal tampilan aplikasi LINE lite, sepertinya UI yang dibawa oleh aplikasi ini lebih sederhana. Berbeda dengan LINE normal yang bisa diubah temanya, LINE lite tidak ada fitur yang memungkinkan kalian untuk mengubah tema.

Beranda LINE biasa tampil lebih ramai, kalian bisa melihat daftar teman, chat dan banyak sekali icon-icon dari fitur yang ada dalam aplikasi ini.

Hal berbeda akan kalian lihat di LINE lite, dalam berandanya kalian hanya bisa melihat daftar chat saja, dan sedikit icon menu teman, pengaturan dsb.

3. Fitur

Pemangkasan ukuran aplikasi, membuat fitur dalam aplikasi LINE lite tidak sebanyak LINE standar. Di aplikasi LINE normal, kalian bisa menikmati semua fitur yang bisa sangat membantu untuk chatting dan mendapatkan hiburan.

Namun, bisa dibilang Fitur LINE lite tidak terlalu banyak. Kalian tidak bisa menemukan fitur LINE coin, tema, jobs, today dan masih ada juga beberapa fitur lainnya dalam aplikasi chatting yang hanya berukuran 7 MB ini.

Tapi setidaknya kalian tidak akan terlalu kecewa, karena stiker line tetap bisa kalian gunakan dalam aplikasi yang ringan ini. Jadi suasana chatting pasti tetap akan sama seperti ketika chatting menggunakan aplikasi LINE normal.

4. Konsumsi Data

Perbedaan terakhir antara LINE biasa dan LINE lite ini juga sangat mencolok. LINE biasa lebih memakan banyak kuota internet, selain bisa buat boros kuota, loading lama pasti akan kerapkali kalian rasakan terutama bagi para pelanggan layanan seluler yang terkenal jaringannya buruk.

Artikel Menarik

Pemangkasan fitur dalam LINE lite tidak hanya bisa memperkecil ukuran aplikasi ini. Hal ini juga membuat LINE lite jadi lebih irit kuota dan pastinya tetap bisa berjalan lancar meski diakses dengan jaringan 3G sekalipun.


Akhir Kata

Cukup sekian topik tentang perbedaan antara aplikasi LINE biasa dan LINE lite kali ini. Terimakasih banyak sudah membaca, silahkan luangkan sedikit waktu untuk menuliskan komentar apabila ada yang kurang.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.