web site hit counter
Stories

Apa itu Manga, Manhwa, dan Manhua ? Lalu Apa Bedanya ?

Suka baca komik dari luar negeri ? Kenal dengan Manga, Manhwa, dan Manhua ? Berikut perbedaan dari ketiga jenis cerita komik tersebut secara lengkap.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang, salah satunya adalah membaca komik.

Komik adalah seni gambar tidak bergerak dan isinya terdiri dari gambar-gambar serta tulisan yang disusun menjadi sebuah cerita.

Saat ini sudah ada banyak sekali komik-komik baik itu dalam bentuk buku atau dalam bentuk digital yang menyuguhkan cerita yang menarik untuk disimak.

Kamu yang suka membaca komik pasti sudah mengetahui bahwa ada beberapa macam komik yang bisa kita dapatkan di toko offline dan juga online shop.

Setiap jenis komik memiliki beberapa perbedaan, salah satu perbedaan yang sangat kentara adalah negara pembuat komik.

Di Indonesia, Manga atau Komik asal Jepang adalah salah satu komik yang terpopuler dan banyak sekali penggemarnya.

Selain manga, masih ada lagi komik Korea (Manhwa) dan komik China (Manhua) yang juga tidak kalah banyak penggemarnya di negara kita tercinta.

Apa itu Manga, Manhwa, dan Manhua ? Lalu Apa Bedanya ?

Seperti yang kita ketahui, ketiga komik yang sudah disebutkan tadi sama-sama berasal dari Asia. Walaupun demikian, ketiga komik tersebut ada perbedaannya.

Lantas seperti apa perbedaan diantara Manga, Manhwa dan Manhua ? Berikut pembahasan lengkap mengenai ketiga jenis komik dari berbagai negara tersebut.

1. Manga

manga

Manga adalah sebutan untuk komik yang berasal dari Jepang. Bisa dibilang manga adalah salah satu komik asia yang sangat populer di Indonesia.

Selain memiliki nama yang berbeda, Manga juga memiliki genre yang penyebutannya diambil dari bahasa Jepang. Seperti seinen, shounen, isekai, josei, shoujo, dan masih banyak lagi lainnya.

Biasanya, Manga diterbitkan dalam warna hitam putih. Komik yang dibuat oleh Mangaka ini dibaca dari kanan ke kiri. Waktu terbit manga biasanya dibagi dalam beberapa volume atau dibukukan.

Gaya gambar dalam manga banyak dipengaruhi oleh Tezuka Osamu. Tokoh yang membuat Manga Astro Boy ini mengaku bahwa dia terinspirasi oleh gaya menggambar Walt Disney yang membuat karakter tidak terlalu realistis, mata besar, mulut kecil dan ekspresi agak berlebihan.

Hingga saat ini manga sudah mengalami banyak perkembangan. Meskipun demikian, ciri khas karakter dalam manga tersebut masih tetap banyak terlihat di Manga keluaran terbaru.

Sebagian besar manga banyak diangkat menjadi anime. Contohnya Seperti Jujutsu Kaisen, Tokyo Revengers, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kalian penyuka Manga, sudah hadir banyak sekali situs baca manga terbaik yang sudah dilengkapi dengan sub bahasa Indonesia.

2. Manhwa

Manhwa

Setelah membahas Manga Mari kita lanjutkan dengan membahas mengenai Manhwa. Perlu diketahui bahwa Manhwa adalah komik yang berasal dari Korea Selatan.

Manhwa dibuat oleh Kreator yang disebut dengan Manhwaga. Kemunculan Manhwa diawali dari masa kependudukan Jepang yang membawa berbagai budaya, salah satunya adalah Manga.

Berbeda dengan Manga, Manhwa hadir dengan tampilan berwarna. Manhwa juga memiliki gambar karakter yang terlihat lebih realistis layaknya penampilan manusia sungguhan.

Komik yang biasanya terbit satu atau dua minggu untuk setiap episode ini dibaca kiri ke kanan seperti komik Amerika dan Eropa.

Ada cukup banyak genre Manhwa yang bisa kita baca, mulai dari drama, romantis, aksi, komedi, horor dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini sudah ada beberapa Manhwa yang diangkat menjadi Drama Korea, salah satunya seperti True Beauty dan Itaewon Class.

3. Manhua

Manhua

Manhua adalah komik yang berasal dari China. Orang yang membuat Manhua biasanya disebut dengan manhuajia.

Pada awalnya Manhua hanya memiliki genre seputar peras dan pendudukan suatu kekuasaan. Tapi saat ini, Genre Manhua sudah berkembang dan menjadi lebih beragam.

Seperti Manhua bergenre Wuxia yang bercerita tentang bela diri, Xianxia yang bercerita mengenai sihir dan fantasi, serta Xuanhuan yang merupakan genre fantasi petualangan dan sihir dengan sejumlah pengaruh Barat.

Sama seperti Manhwa, Manhua juga dibaca dari kiri ke kanan. Gambar karakter Manhua juga dibuat semirip mungkin dengan manusia.

Komik yang Waktu terbitnya hampir sama seperti Manhwa ini juga kerap diadaptasi menjadi animasi dan juga Live Action lho.

Akhir Kata

Demikianlah konten SurgaTekno kali ini. Semoga dengan membaca konten kami, teman-teman bisa mengetahui Penjelasan dan juga Perbedaan antara Manga, Manhwa, dan Manhua, Terimakasih sudah membaca.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.