Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Terjadi kesalahan saat update Windows 10? Silahkan perbaiki dengan mengikuti langkah-langkah pada tutorial cara mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 di konten artikel ini.

Berbicara mengenai Sistem operasi, saya yakin para pembaca artikel ini sudah tidak asing lagi dengan Windows 10.

Windows 10 adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang digunakan di laptop dan komputer. Meskipun sekarang sudah ada Windows 11, ternyata masih banyak juga pengguna yang setia dengan versi yang rilis pada tahun 2015 lalu ini.

Seiring bertambahnya waktu, para pengguna Windows 10 akan mendapatkan update terbaru dari sistem operasi sejuta umat ini.

Jangan ragu-ragu lagi untuk melakukan pembaharuan ketika mengetahui bahwa tersedia update. Karena, biasanya pada Windows 10 versi terbaru ada tambahan fitur dan juga perbaikan bugs.

Untuk melakukan update Windows 10 sangat mudah. Tapi terkadang ada juga masalah yang membuat proses update Windows 10 jadi error dan tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Jika sat proses update Windows berjalan dan tiba-tiba error, kamu bisa melakukan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Restart PC

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memulai ulang atau Restart laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Untuk panduan pertama ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi Windows Update yang proses pengunduhan nya tidak berjalan dengan notifikasi waiting for download.


2. Gunakan Jaringan Internet yang Stabil

File update windows 10 biasanya berukuran besar. Oleh karena itu perlu jaringan internet yang stabil supaya file update bisa terunduh dengan lancar jaya tanpa kendala.

Saran saya, jangan gunakan Laptop atau komputer untuk keperluan lain seperti mendownload file atau streaming video ketika kamu melakukan update Windows.

Jika kamu nonton video streaming atau mendownload file sembari mengupdate Windows 10, prosesnya bakal memakan waktu yang lama banget.


3. Clear Cache

Sama halnya seperti smartphone, seiring berjalannya waktu, PC juga bisa dipenuhi dengan file sampah atau lebih dikenal dengan sebutan cache.

Cache di PC tidak hanya bisa membuat penyimpanan PC jadi penuh. Tapi file sampah ini juga bisa mengakibatkan Windows update jadi error. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk menghapus cache di PC secara berkala.

Menghapus cache itu gampang banget, selain bisa dilakukan dengan fitur bawaan Windows, kamu juga bisa menggunakan aplikasi CCleaner.


4. Cek Storange PC

Sudah hapus cache tapi Windows update masih saja tetap error? Bisa jadi hal ini diakibatkan oleh penyimpangan yang kurang lega.

Solusinya kamu bisa menghapus file, Aplikasi atau Game yang tidak dibutuhkan. Atau kamu juga bisa memindahkan file ke penyimpanan eksternal seperti flashdisk, kartu memori atau HDD eksternal.


5. Hapus File Windows Update

Munculnya pesan error saat update windows 10 juga bisa dikarenakan file update gagal terunduh. Solusinya, kamu harus melakukan pengunduhan ulang.

Sebelum mendownload ulang, kamu harus menghapus file Windows update yang rusak, caranya gampang banget kok.

Kamu hanya perlu menghapus folder bernama SoftwareDistribution. Folder ini terletak di Drive C ➡️ Windows. Jangan lupa Restart setelah menghapus folder ini.


6. Cek Error pada Device Manager

Driver yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab utama dari errornya Windows update.

Untuk mengetahui apakah ada driver yang error kamu bisa langsung membuka Device Manager.

Lalu silahkan cek, apakah ada driver yang berwarna kuning. Jika ada, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan update driver atau Uninstall driver.


7. Matikan Delivery Optimization

Delivery Optimization adalah sebuah fitur yang dirancang khusus untuk mempermudah penggunanya melakukan update sistem.

Apabila fitur ini diaktifkan, kamu jadi bisa mendownload file update dari PC atau laptop lain yang sebelumnya sudah terhubung dengan server Microsoft.

Sebenarnya fitur yang satu ini sangatlah bermanfaat. Tapi jika jaringan internet kamu sedang lemot, nonaktifan saja fitur ini.

Jika fitur ini tetap aktif, bisa-bisa pengunduhan file update windows jadi tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.


Akhir Kata

Seperti itulah kiranya beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan guna mengatasi update Windows 10 yang error.

Cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, silahkan corat-coret kolom komentar apabila ada tambahan atau pertanyaan.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.