Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

10 Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Sebel banget memang ketika membaca sms yang menginformasikan bahwa kuota internet yang dimiliki sudah mau habis, apalagi hal kurang mengenakkan ini terjadi di saat kondisi keuangan lagi kritis.

Ada banyak sekali penyebab mengapa kuota internet cepat habis. Sebagian besar netizen berpendapat nonton video di YouTube pasti jadi penyebab utama kenapa kuota internet cepat banget habisnya.

Tapi perlu teman-teman ketahui, aplikasi yang boros kuota bukanlah YouTube saja. Masih ada juga aplikasi lain yang bisa menyedot kuota internet kalian hingga habis tidak tersisa.

Oleh karena itu, mengetahui aplikasi paling boros kuota memang wajib sekali jika kalian tidak ingin kuota internet habis dengan cepatnya.

Jika kalian merasa aplikasi tersebut tidak berguna, kalian bisa memutuskan untuk menghapusnya. Atau jika dirasa masih diperlukan, kalian bisa membatasi penggunaanya.

Belum tau aplikasi paling boros kuota selain YouTube? Apabila kalian ingin mengetahuinya, silahkan untuk menyimak artikel ini hingga selesai ya.

1. Facebook

Facebook - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Facebook dikenal sebagai aplikasi media sosial terbesar di dunia. Oleh karena itu, timeline Facebook pasti selalu ramai dengan postingan-postingan terbaru dari para penggunanya.

Semakin sering kalian melihat postingan di Facebook, semakin banyak juga kuota internet yang termakan. Belum lagi, Facebook memiliki fitur auto play video yang bisa menghabiskan banyak kuota dalam sekejap.

Supaya aplikasi Facebook tidak memakan banyak kuota kalian bisa mengatur penggunaan data menjadi mode hemat. Jangan lupa juga untuk menonaktifkan fitur auto play melalui menu pengaturan.

  1. Bukalah beranda aplikasi Facebook.
  2. Lalu tap icon “tiga garis”.
  3. Pilihlah menu pengaturan.
  4. Kemudian kalian harus men-tap “Pengaturan Akun”.
  5. Sampai di sini kalian harus memilih menu “Video dan Foto” lalu pilih “Auto Play”.
  6. Langkah terakhir, kalian tinggal memilih “Never Autoplay Video”.
  7. Selesai.

Jika dirasa masih boros kuota, teman-teman bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan hemat kuota.


2. Twitter

Twitter - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Memasukkan Twitter ke dalam urutan kedua di dalam artikel aplikasi paling boros kuota tentu akan membuat kontroversi, karena membaca kicauan di Twitter memang tidak memakan banyak kuota.

Tapi perlu teman-teman ketahui, Twitter juga membekali aplikasi nya ini dengan fitur auto play video. Fitur inilah yang bisa membuat kuota internet kalian cepat banget habisnya.

Beruntungnya, kalian bisa mematikan fitur auto play video di Twitter. Caranya gampang banget, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Buka menu “Pengaturan”.
  2. Lalu silahkan pilih “Data Usage”.
  3. Setelah itu fitur auto play akan dinonaktifkan secara otomatis.
  4. Selesai.

3. Instagram

Instagram - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Instagram juga termasuk aplikasi yang paling boros kuota. Karena dalam aplikasi ini ada banyak sekali foto dan video.

Semakin sering kalian membuka Instagram, semakin cepat juga kuota internet kalian akan habis. Tapi tenang, Developer Instagram membekali aplikasi nya dengan fitur data saver.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur data saver di Instagram? Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini :

  1. Bukalah profil Instagram kalian.
  2. Lalu tap icon “tiga baris” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilihlah pengaturan lalu tap “Akun”.
  4. Pilihlah menu “penggunaan data seluler” lalu aktifkan “penggunaan sedikit data”.
  5. Selesai.

4. WhatsApp

WhatsApp - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh netizen disuruh dunia. Meski aplikasi ini tergolong ringan banget, ternyata WhatsApp juga bisa menjadi penyebab borosnya kuota internet kalian.

Apalagi fitur penyimpanan foto dan video otomatis yang ada dalam aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan aktif.

Kalian yang join dengan banyak grup, pasti akan mengalami boros kuota internet karena WhatsApp akan mendownload video foto di grup secara otomatis tanpa pemberitahuan.

Supaya WhatsApp tidak menghabiskan banyak kuota, ada beberapa cara jitu yang bisa kalian praktekkan. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Buka WhatsApp, lalu tap “icon titik tiga” di kanan atas.
  2. Silahkan pilih “Setelan” atau “Pengaturan”.
  3. Disini kalian harus memilih “Penyimpan dan Data”.
  4. Silahkan atur “Unceklist semuanya” pada opsi “Ketika Menggunakan Data”.
  5. Selesai.

5. Spotify

Spotify - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Spotify juga dikenal sebagai salah satu biang keladi borosnya kuota internet. Jika kalian streaming MP3 berkualitas tinggi selama satu jam, bisa-bisa kuota kalian berkurang hingga 100 MB.

Belum lagi, kalian pengguna akun gratis juga harus melihat iklan terlebih dahulu. Iklan video di Spotify juga bisa menyedot kuota internet yang kalian miliki.

Supaya kuota kalian lebih irit saat menikmati musik di Spotify, disarankan untuk beralih ke layanan premium.

Karena akun Spotify premium memperbolehkan para penggunanya untuk mendownload lagu. Jadi kalian bisa menikmati lagu secara offline dan mendengarkan nya secara berulang-ulang hanya dengan modal kuota sekali saja.


6. Netflix

Netflix - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Nonton film di Netflix juga bisa menyebabkan kuota internet kalian cepat habis. Apalagi kalian nonton video dengan kualitas HD, jadi makin cepat habisnya.

Jika kalian ingin nonton film di Netflix tanpa kehabisan banyak kuota, kalian bisa mengatur resolusi film lebih rendah dari biasanya.

Menonton film Netflix dengan kualitas rendah juga bisa jadi solusi bagi teman-teman yang seringkali mengalami buffering karena jaringan seluler lemot.


 

7. Viu

Viu - Aplikasi Paling Boros Kuota Internet

Selain Netflix, teman-teman pengguna VIU juga pasti merasa bahwa kuota internet cepat habis.

Cara mengatasinya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Kalian harus mengatur resolusi film lebih rendah dari biasanya.


 

8. LINE

Line - Aplikasi paling boros kuota internet

Membahas tentang LINE, pasti semua pembaca tau aplikasi chatting asal Jepang ini. Line dikenal sebagai aplikasi chatting yang punya banyak sekali stiker lucu.

Selain punya banyak stiker, LINE juga lengkap banget fiturnya. Nggak cuma chatting, kalian juga bisa menikmati banyak hiburan melalui aplikasi chatting buatan Naver ini.

Banyaknya fitur tentu akan membuat konsumsi data kalian akan boros. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengaktifkan data saver melalui menu “Pengaturan“.

Atau jika ingin lebih ngirit lagi, kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan LINE Lite.


9. PicsArt

PicsArt - Aplikasi paling boros kuota internet

PicsArt juga bisa jadi penyebab borosnya kuota internet. Karena PicsArt memiliki banyak sekali template keren yang harus didownload terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Berhubung template PicsArt didownload dilatar belakang. Kalian bisa membatasi penggunaan data latar belakang PicsArt melalui menu pengaturan supaya lebih ngirit kuota.


10. HOOQ

Hooq - Aplikasi paling boros kuota internet

Teman-teman yang suka streaming TV pasti sudah tidak asing lagi dengan HOOQ. Aplikasi streaming TV ini juga bisa jadi penyebab borosnya kuota internet.

Jangan lupa untuk mengatur resolusi lebih rendah jika teman-teman ingin streaming TV melalui aplikasi ini. Dengan demikian kuota internet yang kalian miliki akan lebih irit dari sebelumnya.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita mengenai 10 urutan aplikasi paling boros kuota beserta cara mengatasinya sudah dibahas dengan lengkap dalam artikel kali ini.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.