Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Aplikasi

5 Aplikasi Whiteboard Terbaik untuk PC

Saat ini pandemi Covid-19 tengah mewabah. Banyak kegiatan yang terganggu dengan pandemi global ini, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara virtual.

Tidak sedikit juga para guru yang mengalami kesulitan saat School From Home. Salah satu penyebabnya adalah tidak infrasturktur yang memadai saat mengajar di rumah, salah satu infrasturktur mengajar yang sangat penting sekali adalah papan tulis.

Peran papan tulis dalam kegiatan belajar mengajar memang sangat penting sekali, karena masih banyak materi yang penyampaiannya lebih efektif dengan media papan tulis, contohnya seperti pelajaran matematika, seni budaya dan lain sebagainya.

5 Rekomendasi Aplikasi Whiteboard PC Terbaik

Meski tidak ada papan tulis, kalian bisa memanfaatkan laptop sebagai pengganti papan tulis. Tapi perlu diingat, kalian harus menggunakan aplikasi whiteboard PC yang bisa di-download dan digunakan secara gratis.

Jika teman-teman membutuhkan aplikasi whiteboard PC yang terbaik, silahkan untuk menyimak beberapa aplikasi yang dibahas berikut ini, kita sudah melengkapinya dengan link download.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Zite Board

Daftar aplikasi whiteboard PC terbaik dibuka oleh Zite Board. Zite Board bukanlah sebuah aplikasi, melainkan sebuah situs web yang bisa berfungsi sebagai papan tulis, situs ini bisa diakses melalui PC, smartphone dan juga perangkat seluler lainnya yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

 Zite Board
Zite Board

Zite Board bisa membantu kalian para guru untuk menjelaskan pelajaran dengan mudah. Tidak hanya sekedar menulis dan menggambar saja, teman-teman juga bisa memasukkan gambar dan file PDF dalam papan tulisnya.

Zite Board dibekali dengan fitur video call dan voice call, selain itu situs ini juga mendukung fitur ekspor papan tulis menjadi file jpeg. Untuk menikmati semua fiturnya, kalian bisa mengakses langsung melalui situsnya yaitu ziteboard.com.

Download Zite Board

2. Google Jamboard

Google Jamboard adalah sebuah aplikasi buatan Google yang bisa digunakan sebagai papan tulis. Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat sederhana, jadi kalian tidak akan mengalami kesulitan sedikitpun saat menggunakannya.

 Google Jamboard
Google Jamboard

Jamboard bisa digunakan untuk berbagi ide secara real-time dan menciptakan kreatifitas pada siswa selama dirumah. Selain bisa dijalankan di PC, Jamboard juga bisa digunakan dengan smartphone Android melalui aplikasi nya yang bisa didownload melalui Google Play.

Ada banyak pilihan pensil dari berbagai warna yang bisa kalian gunakan untuk menggambar di papan tulis yang mendukung kolaborasi online ini. Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload.

Download Jamboard

3. Google Canvas

Google Canvas adalah sebuah aplikasi whiteboard PC yang berbasis website. Jadi untuk menggunakan Google Canvas, kalian hanya perlu menggunakan aplikasi browser yang mendukung HTML5, contohnya seperti Google Chrome dan firefox.

 Google Canvas
Google Canvas

Google Canvas bisa digunakan secara gratis. Aplikasi papan tulis online ini dibekali dengan cukup banyak fitur yang akan sangat membantu, seperti pensil, pena, spidol, kapur, penghapus, dan palet warna.

Nantinya papan tulis yang sudah kalian corat-coret bisa disimpan menjadi file PNG. Cara menggunakan Google Canvas sangat mudah, kalian hanya perlu mengunjungi canvas.apps.chrome melalui Google Chrome.

Download Google Canvas

4. Microsoft Whiteboard

Selain Google, Microsoft juga punya aplikasi whiteboard untuk PC, nama aplikasinya adalah Microsoft Whiteboard. Aplikasi ini bisa kalian download dan gunakan secara gratis.

 Microsoft Whiteboard
Microsoft Whiteboard

Microsoft membekali software ini dengan sederet fitur-fitur yang akan sangat bermanfaat. Kalian bisa berkreasi sebebas mungkin dengan bantuan beberapa fitur seperti pena, palet warna dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi papan tulis ini juga mendukung fitur kolaborasi online. Jadi kalian bisa berkreasi bersama teman dalam satu papan secara online.

Artikel Menarik
Download Microsoft Whiteboard

5. OpenBoard

Terakhir teman-teman bisa menggunakan OpenBoard. Aplikasi papan tulis ini bisa digunakan lintas platform, mulai dari sistem operasi sejuta umat yaitu Windows, MacOS dan juga sistem operasi open source seperti Linux.

 OpenBoard
OpenBoard

Fitur-fitur OpenBoard memang ada banyak sekali. Selain bisa digunakan untuk menggambar atau menulis menggunakan pensil berbagai warna, teman-teman juga bisa menambahkan widget dan juga kotak teks.

Selain itu, whiteboard juga mendukung kolaborasi real-time secara online, browser web terintegrasi, dukungan layar ganda dan juga ekspor layar menjadi file berekstensi PDF.

Download OpenBoard

Akhir Kata

Itu dia beberapa aplikasi white board PC terbaik yang bisa membantu teman-teman yang berprofesi sebagai guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Terimakasih banyak sudah membaca, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.