Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Gadget

Lebih Hemat WiFi atau Paket Data? Kita Cari Tahu Perbandingannya

Mau memasang WiFi di rumah? Sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu lebih hemat WiFi atau Paket Data.

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang banyak kegiatan penting yang harus dilakukan secara online.

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan secara online tentu akan membuat penggunaan kuota data Internet jadi lebih besar dibanding sebelumnya.

Untuk mengatasinya, tidak sedikit juga orang yang lebih memilih untuk memasang jaringan WiFi di rumah.

Lebih Hemat WiFi atau Paket Data

Apakah kamu juga ingin memasang WiFi? Sebelum melakukan pemasangan, kamu harus mengetahui dahulu perbandingan lebih hemat WiFi atau Paket Data yang akan dibahas tuntas kali ini:

1. Jarak Penggunaan

  • WiFi

Memasang WiFi bisa dijadikan pilihan jika kegiatan kamu lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Perlu diketahui, WiFi bisa digunakan dengan jarak maksimal 100 meter.

  • Paket Data

Berbeda dengan WiFi, paket data bisa kamu gunakan dimana saja. Jika kamu ingin menggunakannya secara kolektif, kamu bisa melakukan teathering dengan jarak jangkauan maksimal 30 meter saja.

2. Masa Penggunaan

  • WiFi

Pada umumnya, penggunaan WiFi bisa bertahan selama 30 hari penuh. Ada juga WiFi yang bisa digunakan Unlimited atau tak terbatas.

Dengan adanya opsi WiFi unlimited ini kamu jadi tidak repot-repot lagi untuk melakukan pembelian paket internet setiap bulannya.

  • Paket Data

Biasanya paket data berlaku selama 30 hari, tapi jika kuotanya habis kamu harus mengisi ulang lebih cepat dari masa aktifnya.

Tapi Sekarang ada beberapa provider yang menyediakan paket internet unlimited, jadi kamu hanya perlu melakukan pengisian data sebulan sekali seperti WiFi.

3. Besaran Biaya

  • WiFi

Untuk menggunakan WiFi, kamu perlu menyediakan dana sebesar 300 ribu setiap bulannya. Nantinya kamu akan menikmati jaringan internet unlimited dengan jangkauan 100 meter dari Router WiFi.

  • Paket Data

Tidak ada kepastian berapa biaya bulanan yang harus kamu bayar karena ada banyak sekali pilihan paket data yang bisa kamu beli. Selain paket volume based, ada juga paket Internet unlimited.


Kesimpulan

Jadi Lebih Hemat WiFi atau Paket Data? Jawabannya tergantung pada kebutuhan kamu.

Jika kamu lebih sering menggunakan Internet di luar ruangan, kamu bisa memilih untuk menggunakan paket data.

Tapi jika kamu lebih suka internetan di dalam ruangan dengan kuota internet yang lebih banyak, sepertinya menggunakan WiFi adalah jawaban terbaik.


Akhir Kata

Seperti itulah komparasi WiFi dan paket data yang menjadi pembahasan pada konten artikel ini. Semoga bisa membantu kamu, terimakasih sudah membaca.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.