Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Gadget

Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy J5 2016

Samsung dikenal sebagai salah satu brand smartphone ternama saat ini. Memang brand asal Korea Selatan ini dikenal rajin memproduksi smartphone-smartphone yang laris-manis dengan angka penjualan fantastis di seluruh dunia.

Ngomong-ngomong soal smartphone Samsung yang banyak diminati, ada Samsung Galaxy J5 2016. Smartphone yang menggunakan jaringan 4G LTE ini pertamakali diperkenalkan pada maret 2016 lalu.

Samsung Galaxy J5 2016 turun dikelas menengah yang sangat ramai peminat. Pada awal perilisannya, smartphone yang satu ini dibanderol dengan harga 2 juta-an.

Empat tahun pasca perilisannya, Samsung Galaxy J5 2016 masih banyak diminati oleh para fans Samsung. Alasannya karena harganya yang tergolong murah, meski murah jangan anggap remeh spesifikasi yang dibawa oleh smartphone Samsung “J Series” ini ya.

Spesifikasi Samsung J5 2016

Bagi teman-teman yang ingin tau spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 beserta harga terbarunya yang berlaku di tahun 2020 ini, silahkan simak pembahasan lengkap berikut ini:

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Body

Pertama-tama kita akan membahas body milik Samsung Galaxy J5 2016. Body smartphone yang satu ini berbahan plastik di bagian belakang, sementara itu di bagian depannya menggunakan bahan kaca.

Body Samsung Galaxy J5 2016
Body Samsung Galaxy J5 2016

Kedua material body depan dan belakang pada Samsung Galaxy J5 2016 diapit dengan rangka berbahan aluminium. Total dimensi body dari smartphone keluaran 2016 ini adalah 145,8 x 72,3 x 8,1 mm dengan bobot sekitar 159 gram.

Dengan dimensi yang tidak terlalu besar beserta bobot yang tidak terlalu berat, Samsung Galaxy J5 2016 sangat nyaman untuk dipegang. Saat ini ada pilihan warna White, Black, Gold dan Rose Gold.

2. Layar

Setelah membahas body, selanjutnya kita akan membahas mengenai layarnya. Khusus seri ini, Samsung membenamkan layar berukuran 5,2 inchi, layar ini menggunakan panel Super Amoled yang memiliki resolusi 720 x 1280 pixels.

Layar Samsung Galaxy J5 2016
Layar Samsung Galaxy J5 2016

Layar super amoled ini memang menjadi nilai plus dari smartphone yang pada awal kemunculannya dibanderol senilai 2 juta-an ini. Tapi sayangnya, tidak ada pelindung seperti corning gorilla glass, jadi kalian wajib untuk menambahkan Tempered Glass agar layar bisa terproteksi dari goresan.

3. Dapur Pacu

Membahas sebuah smartphone akan kurang lengkap jika tidak membahas tentang dapur pacunya. Tipe ini diotaki oleh Snapdragon 410 (28 nm) yang merupakan prosesor 64 bit pertama dari Qualcomm.

Tidak sendirian, dapur pacu Samsung Galaxy J5 2016 ditemani oleh Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan Adreno 306 yang semakin menyempurnakan bagian dapur pacu dari smartphone Samsung yang pertamakali diperkenalkan pada tahun 2016 ini.

Seperti yang diketahui, Samsung Galaxy J5 2016 hanya memiliki satu varian saja. Satu-satunya varian dari smartphone ini memiliki ROM sebesar 16 GB dengan RAM 2 GB.

Tersedia dedicated slot yang memungkinkan kalian untuk menambah kartu memori. Konon katanya, Samsung Galaxy J5 2016 bisa dipasangi kartu memori maksimal 64 GB.

Samsung Galaxy J5 2016 menggunakan sistem operasi Android 6 atau marshmellow. Ternyata sistem operasi dari smartphone ini bisa diupgrade ke Android nougat atau Android 7.

4. Kamera

Dalam membahas sebuah smartphone, kamera adalah salah satu bagian yang paling banyak bikin kepo. Bagiamana dengan kamera yang dibawa oleh Samsung Galaxy J5 2016 ini?

Samsung membenamkan kamera utama dengan resolusi 13 MP (wide) yang memiliki aperture f/1.9. kamera yang didukung oleh fitur autofokus dan LED flash ini sanggup merekam video 1080p@30fps.

Sebenarnya kamera utama Samsung Galaxy J5 2016 ini sudah sangat mencukupi untuk sekedar foto-fotoan, tapi jangan berharap terlalu tinggi karena hanya single camera.

Samsung juga tidak lupa menambahkan kamera depan pada produknya ini. Hal ini terbukti dengan adanya kamera selfie 5 MP aperture f/1.9 yang sudah dibekali dengan LED flash.

Hadirnya LED flash di kamera depan memang akan sangat membantu, terutama bagi kalian yang ingin berfoto selfie di tempat yang minim cahaya.

5. Konektifitas

Samsung Galaxy J5 2016 sudah mendukung jaringan 4G yang menawarkan kecepatan internet super cepat. Dengan adanya jaringan 4G ini, kalian bisa browsing, download, streaming dengan lancar jaya.

Sementara itu untuk transfer file, ada bluetooth 4.1. pada versi market dependant terdapat fitur near field communication atau yang lebih dikenal dengan sebutan NFC.

Ada microUSB 2.0 yang nantinya akan bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone ke komputer dan untuk mengecas, micro-USB 2.0 ini sudah mendukung fitur USB On-The-Go.

Hadirnya fitur USB on-the-go Ini memang akan sangat membantu. Kalian tidak perlu lagi untuk untuk menggunakan PC untuk sekedar mentransfer data ke flashdisk.

6. Baterai

Bagiamana dengan baterainya? Samsung Galaxy J5 2016 sudah dibekali dengan baterai li-ion berkapasitas 3.100 mAh. Baterai ini removable, jadi apabila ada kerusakan pada baterai, kalian bisa melakukan penggantian sendiri.

Samsung Galaxy J5 2016 Warna Hitam
Samsung Galaxy J5 2016 Warna Hitam

Dengan baterai berkapasitas lumayan ini, sepertinya Samsung Galaxy J5 2016 akan bisa bertahan seharian dengan penggunaan normal.

Cari HP Samsung dengan fitur kamera bokeh ? Inilah rekomendasi HP Samsung dengan kamera bokeh terbaik versi SurgaTekno.

Harga Samsung J5 2016

Pada awal perilisannya atau tepatnya 4 tahun lalu, Samsung Galaxy J5 2016 dibanderol dengan harga 2 juta-an. Menurut Informasi yang diambil dari beberapa market place ternama di Indonesia, smartphone ini bisa kalian miliki dengan harga:

Rp 850 ribu hingga 1,3 jutaan

Tentu harga diatas berlaku pada Samsung Galaxy J5 2016 dalam kondisi bekas. Mengingat sudah 4 tahun pasca perilisannya, sepertinya sudah tidak ada lagi smartphone ini dalam kondisi baru.

Kelebihan

  1. Layar super amoled sangat jernih dan nyaman untuk digunakan.
  2. Bobot dan body pas banget, sangat terasa kokoh saat dipegang.
  3. Kamera sudah mencukupi dikelasnya.
  4. Dapur pacu yang sudah sangat mumpuni untuk sebuah smartphone dengan penggunaan normal (tidak direkomendasikan untuk gaming).
  5. Konektifitas sudah sangat lengkap, bahkan pada versi market dependant terdapat fitur NFC.
  6. Baterainya sudah sangat mencukupi untuk seharian,

Kekurangan

  1. Tidak didukung dengan fitur corning gorilla glass, jadi kalian harus menambahkan tempered glass supaya layar bisa bebas dari goresan.
  2. Hanya tersedia dalam satu varian saja.
Jika baterai HP Samsung kamu boros, mungkin tips cara menghemat baterai Samsung ini dapat kamu terapkan.

Demikian bahasan tentang spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J5 2016 yang banyak dicari-cari oleh para netizen. Semoga terbantu dengan artikel ini, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.