Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

5+ Cara Menghemat Baterai Samsung, Wajib Dicoba Nih!

Semua masalah smartphone tidak selalu jauh dari baterai yang sangat boros. Tidak terkecuali dengan Samsung Galaxy Series, meskipun kapasitas baterai 3.000 mAh akan cepat habis. Ternyata begini cara menghemat baterai Samsung, patut dicoba!

Sebaiknya menghemat baterai dibanding menggunakan power bank. Pasalnya, kebanyakan penggunaan power bank akan merusak baterai. Terlebih lagi bagi kalian yang membawa smartphone saat perjalanan jauh.

1. Menggunakan Fitur Power Saving Mode

Pada smartphone Samsung terbaru rata-rata terdapat fitur Power Saving Mode sebagai penghemat daya baterai. Bermanfaat maksimal menjaga baterai smartphone kamu hingga berjam-jam.

Fitur Ultra Power Saving Mode Samsung
Fitur Ultra Power Saving Mode Samsung

Selain itu, efektif mengurangi penggunaan CPU, kecerahan layar, dan time out layar. Secara keseluruhan power saving mode aman digunakan dan dapat menghemat daya hingga 6 jam.

2. Aktifkan Mode Hemat Baterai Ultra

Banyak pengguna smartphone suka dengan mode hemat baterai ultra yang satu ini. Kamu dapat mengubahnya secara manual. Saat mode diaktifkan tampilan layar berubah warna menjadi grayscale. Kamu juga menghemat penggunaan data karena secara otomatis dipangkas. Wi-Fi dan bluetooth pun langsung non-aktif.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

3. Mengurangi Kecerahan Layar

Cara Menghemat Penggunaan Baterai Samsung
Cara Menghemat Penggunaan Baterai Samsung

Sekarang sedang viral Samsung Note Series yang mengusung resolusi layar QHD. Tampilan layar menjadi sangat jernih dan cerah, tetapi sayangnya menguras baterai.  Cukup kurangi mode brightness pada smartphone setelah baterai kamu mencapai 100 persen.

4. Pengaturan Screen Timeout

Apabila layar smartphone terus menyala menjadikan penggunaan daya baterai boros. Alhasil, didiamkan begitu saja baterai kamu bisa berkurang banyak. Nah, supaya hemat baterai siasati dengan mengubah pengaturan screen timeout.

Pengaturan Screen Timeout
Pengaturan Screen Timeout

Screen timeout sendiri merupakan fitur mematikan lampu layar dengan otomatis. Pengaturan ini membuat layar padam dan langsung terkunci sesuai yang kamu inginkan. Begini langkahnya, masuk ke Settings > Display > Screen Timeout. Kemudian, atur waktu menjadi 15 atau 30 detik.

5. Non-aktifkan Aplikasi Tidak Penting

Membiarkan aplikasi seperti instagram, facebook, youtube terbuka begitu saja di Smartphone ternyata membuat baterai cepat habis. Selain itu, memakan kapasitas internal memory loh! Nah untuk mengatasinya, kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Caranya dengan melakukan uninstall atau nonaktifkan aplikasi tidak berfaedah tersebut.

6. Matikan Konektivitas

Grafik Penggunaan Daya Baterai Android
Grafik Penggunaan Daya Baterai Android

Jaringan internet sangat dibutuhkan untuk menjelajahi sosial media dan berbagai aplikasi. Tetapi, saat ingin menghemat baterai ada baiknya mematikan konektivitas jaringan. Baterai yang kurang dari 15 persen pun dapat bertahan hingga lebih dari dua jam.

Itulah beberapa tips dan cara untuk menghemat pemakaian baterai di HP Samsung. Jika kamu punya cara lain yang belum ada di artikel ini, silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.