Segenap tim SurgaTekno mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.๐Ÿ™ ๐Ÿ™ ๐Ÿ™
Movie

Super Hero Asli Milik Indonesia yang Tak Kalah Keren dengan Marvel

Super hero adalah cerita yang disukai banyak orang, tidak tanggung-tanggung penggemarnya pun dari berbagai kalangan. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa, mereka sangat menyukainya. Cerita Superhero ย adalah cerita yang dapat membawa orang berimajinasi akan kekuatan super. Di bawah ini adalah daftar superhero Indonesia yang tidak kalah keren dengan cerita DC dan Marvel.

Film super hero yang dirilis di bawah kebanyakan adalah superhero yang penayangannya di bawah tahun 2000. Oleh karena itu, tidak banyak yang mengetahui akan superhero-superhero milik Indonesia yang sangat keren ini. Jika DC dan Marvel mempunyai cerita superheronya, Indonesia tentunya juga memilikinya.

Daftar Super Hero Indonesia yang Sudah Ada Sejak Dahulu

1. Gundala Putra Petir

Gundala sempat diperbincangkan banyak orang tahun tahun lalu karena cerita tokoh tersebut difilmkan kembali oleh Joko Anwar. Gundala sendiri adalah film super hero asli dari Indonesia dan pernah tayang pada 1982 lalu. Cerita tentang pahlawan super Gundala ini dibuat oleh seorang komikus bernama Harya Suraminata pada tahun 1969.

Orang membuat cerita Gundala ini asalnya dari Yogyakarta, kemudian mempengaruhi alur cerita Gundala yang berlatar di Yogyakarta dan beberapa bagian di Jakarta. Jika Anda mengetahui super hero The Flash, agaknya Gundala seperti itu. Tetapi kedua pahlawan super itu mempunyai kekuatan yang berbeda di antara mereka.

Super Hero Gundala Putra Petir
Super Hero Gundala Putra Petir

Superhero Gundala memiliki kemampuan berlari sangat cepat seperti The Flash, namun selain itu ia dapat mengeluarkan kekuatan petir bersumber dari telapak tangannya. Kekuatan tokoh Gundala bernama Sancaka mendapatkan kekuatan tersebut dengan tak sengaja. Cerita tentang kekuatan itu diawali saat Sancaka disambar oleh petir.

Petir yang menyambar Sancaka membuat ia koma, kemudian planet yang lain menarik Sancakan bertemu seorang raja sakti. Raja dari kerajaan petir, Kaisar Kronz memberikan kekuatan pada telapak tangannya yang dapat mengeluarkan petir. Kerajaan Bayu milik Raja Taifun juga memberikan kekuatan lainnya yaitu dapat berlari cepat seperti kilat.

2. Aquanus

Seorang komikus bernama Widodo NS menciptakan Aquanus lebih dahulu dari pada komik tentang Godam. Aquanus adalah superhero asal Indonesia yang sedikit memiliki kesamaan dengan Aquaman. Cerita tentang Aquanus dibuat pada tahun 1968 berjudul Aquanus di Planet Vibhy.

Aquanus
Aquanus

Aquanus memiliki kekuatan yang dapat bernapas dan hidup di air, ia punya kekuatan untuk mengeluarkan sebuh sinar yag mampu menghancurkan apapun dengan daya yang tinggi. Tokoh Aquaman mempunyai nama Dhanus. Kekuatan yang ia miliki adalah kekuatan yang diberikan oleh bangsa Vibhy berupa sabuk pelangi.

Namun, kekuatan yang dapat bertahan di dalam air sudah dimiliki Dhanus sejak ia dilahirkan di duania ini. Hal sebenarnya yang terjadi adalah bahwa Dha adalah seorang alien yang merupakan dari bangsa Vibhy.

3. Godam

Superhero asli Indonesia yang lain adalah Godam yang memiliki sebutan yang lengkap Godam Manusia Besi. Superhero ini diciptakan oleh pembuat komik, namanya adalah Widodo Noor Slamet. Super hero ini pertama kali ada di dalam sebuah komik dengan judul Memburu Dokter Setan tahun 1969.Godam Manusia Besi

Diceritakan bahwa Godam adalah seorang manusia biasa pada umumnya bernama Awang. Sebuah cincin ajaib yang dipasang di tangannya, menyebabkan Awang dapat berubah menjadi manusia besi yang kuat seperti Superman. Godam adalah rekan dari Gundala untuk menngalahkan kejahatan di muka bumi ini.

4. Merpati

Tokoh super hero Merpati muncul pertama kalinya tahun 1977. Merpati merupakan satu di antara super hero wanita yang diciptakan oleh Hasmi. Merpati yang bernama Sedhah merupakan seorang yang menikah dengan Dundala.

Superhero Indonesia Merpati - Pacar Gundala
Superhero Indonesia Merpati – Pacar Gundala

Merpati mempunyai kekuatan menentukan arah dengan tepat dan bisa terbang. Ia juga memiliki kemampuan untuk bela diri dengan sangat baik. Kekuatan itu ia peroleh dari meminum sebuah ramuan ajaib yang diramu oleh Ratu Merpati.

5. Maza

Maza adalah super hero asli yang dimiliki Indonesia. Super hero ini diciptakan oleh orang yang bernama Hasmi. Beberapa orang menyebutnya seperti Tarzan, namun orang-orang juga ada yang mengatakan seperti Sabretooth atau dikenal dengan Wolverine.

Super Hero Maza
Super Hero Maza

Superhero Maza pertama kalinya diciptakan 1968. Maza mempunyai fisik yang berkekuatan sangat kuat. Ia juga mempunyai sebuah senjata pisau belati yang sakti sebanyak 2 buah. Belati itu yang nantinya digunakan untuk mengeluarkan Jin, Jin itu bernama Kartubi. Jin itu akan menuruti semua perintah yang diberikan oleh Maza.

6. Pangeran Mlaar

Daftar superhero Indonesia selanjutnya adalah Pangeran Mlaar. Superhero Mlaar mempunyai pencipta yang sama dengan Maza, yaitu Hasmi. Tokoh ini pertama kalinya muncul di komik Gundala yang berjudul Perhitungan di Planet Covox tahun 1969. Pangeran Mlaar merupakan tokoh yang menjadi seorang putra mahkota pada sebuah kerajaan Planet Covox.

Pangeran Mlaar
Pangeran Mlaar

Setelah kejadian pembunuhan ayah Pangeran Mlaar oleh Putri Kepala Perak dan Menteri Telem, pamannya yang seorang ilmuwan membuat keputusan untuk menyembunyikan Pangeran Mlaar. Pamannya membuat pangeran berubah menjadi seorang yang memiliki kekuatan sangat elastis pada tubuhnya, seperti di Fantastic Four yaitu Reed Richards.

7. Sri Asih

Superhero Amerika Wonder Woman diadaptasi menjadi Sri Asih, yang diciptakan oleh R.A. Kosasih. Sri asih diadaptasi ke dalam komik dengan tetap menggunakan tradisi dan gaya Indonesia.ย  Pertama dipasarkan tahun 1954. Pada masa sejarah perkembangan tentang komik di Indonesia, beberapa komikus menciptakan sebuah karya.

Super Hero Wanita Indonesia - Sri Asih
Super Hero Wanita Indonesia – Sri Asih

Karya yang dihasilkan para komikus itu, mereka berusaha untuk menciptakan sebuah karya yang dapat diterima pada kalangan pendidik dan budayawan. Mereka beranggapan bahwa pengadaptasian super hero dari luar tidak punya cerminan budaya bangsa Indonesia.

Solusi permasalahan itu adalah super hero dikenalkan dengan wayang. Salah satu caranya yaitu saat perkenalan dengan tokoh Sri Asih. Ketika tokoh ini mengucapkan sebuah kata Dewi Asih, dalam sekejap tubuhnya akan berubah menjadi seorang super hero wanita.

Kekuatan super yang dimiliki Sri Asih adalah tubuhnya kebal terhadap senjata tajam, dapat memperbanyak dirinya, dapat terbang, serta tubuhnya dapat berubah menjadi besar. Rencananya, Sri Asih juga akan diangkat ke layar lebar di Indonesia.

8. Saras 008

Anak-anak generasi 90-an di Indonesia juga mempunyai super hero favorit mereka. Pahlwan yang memiliki kekuatan super favorit mereka adalah Saras 008. Dikisahkan bahwa tokoh Saras adalah seorang remaja putri mempunyai nama Saraswati. Saras 008 hadir di layar kaca untuk pertama kalinya pada tahun 1998.

Saras 008
Saras 008

Dalam tayangan Saras 008, yang memerankan tokoh Saraswati adalah Devi Permatasari. Kekuatan super yang dimiliki oleh Saras adalah ia dapat mengubah dirinya menjadi pahlawan. Seperti cerita super hero lainnya, ia menggunakan kekuatannya untuk memberantas kejahatan-kejahatan di muka bumi serta untuk melawan Mr. Blek.

Super hero yang dimiliki oleh Indonesia tidak kalah hebatnya bukan dengan pahlawan super lain. Indonesia juga mempunyai super hero yang menjadi idola anak-anak kecil zaman dulu hingga orang tua kita sekarang. Untuk dapat mengetahui cerita lengkapnya, Anda juga dapat meminta diceritakan oleh nenek/orang tua kita yang telah lahir.

0 0 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker