Movie

Ternyata Beberapa Film ini Diangkat dari Kisah Nyata

Dunia perfilman memang memilki banyak genre dan kisah-kisah yang menarik. Tidak sedikit juga film yang diangkat dari kisah nyata. Beberapa dari film-film tersebut bahkan berhasil mendapatkan penghargaan dari dunia perfilman.

Selain itu ada banyak kisah dan pelajaran hidup yang bisa didapatkan dari film-film tersebut. Berikut sudah saya rangkumkan beberapa film yang berdasarkan kisah nyata.

1. Hachiko Monogatari (1987)

Ada yang pernah mengatakan “Old is Gold“. Film ini memang sudah sangat lama diproduksi, bahkan sebagian dari kita belum lahir pada saat film Hachiko Monogatari ini dirilis di Jepang. Walaupun begitu film ini sarat akan makna dan pesan yang bisa kita dapatkan.

Bercerita tentang seekor anjing jantan dari ras akita bernama Hachiko yang sangat setia pada tuannya. Setiap hari dia mengantarkan tuannya bekerja hingga sampai di stasiun dan menunggu tuannya kembali. Suatu hari dia menunggu tuannya seperti biasa di stasiun, namun tuannya tidak pernah kembali.

Cerita ini sangat terkenal di Jepang bahkan sampai mendunia, setelah sembilan tahun Hachiko menunggu tuannya di stasiun tesebut kemudian ajal menjemputnya.

2. A Taxi Driver (2017)

Film Korea terlaris ke dua setelah Along With The Gods ini, merupakan film yang diangkat berdasarkan kejadian nyata yang terjadi pada tahun 1980 di Gwangju. Pada saat itu terjadi pemberontakan di Gwangju yang timbul pasca pembunuhan presiden Korea Selatan yaitu Park Chung Hee pada 26 Oktober 1979. Choi Kyung Ah yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri diangkat sebagai presiden menggantikan Park Chung Hee.

Namun pada Mei 1979, Chun Doo Hwan melakukan perlawanan yang mengakibatkan Choi Kyung Ah diturunkan paksa dari jabatannya sebagai presiden melalui revolusi milter, yang kemudian Chun Doo Hwan mengambil alih posisi sebagai pemimpin negara saat itu.

Hal inilah yang menuai protes dan penolakan besar dari masyarakat saat itu, mereka menolak kediktaktoran dalam pemerintahan. Penolakan itu membuat Chun Doo Hwan bertidak represif terhadap pihak yang menentangnya.

Cerita di flm ini sendiri berawal saat seorang supir taxi mengantarkan seorang reporter asing yang ingin meliput kejadian di Gwangju, dimana tempat itulah yang mendapatkan dampak terparah akibat konflik tersebut. Banyak sekali rintangan dan masalah yang harus mereka berdua hadapi sejak sampai di kota tersebut.

A Taxi Driver cukup banyak menggambarkan situasi pada masa itu. Seperti perjuangan mahasiswa melawan para militer, yang mengakibatkan tidak sedikit dari mereka luka-luka bahkan sampai merenggut nyawa mereka.

3. 127 Hours (2010)

Film 127 Hours, diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh Aron Ralston seorang petualang pecinta alam. Pada saat dia sedang melakukan kegemarannya itu dia terjebak di antara dinding Grand Canyon selama lebih dari lima hari.

Selama itu pula dia terpaksa bertahan hidup dengan meminum air hujan saat persediaan airnya telah habis. Dia terjebak pada dua pilihan antara memotong tangannya agar bisa lolos dari dinding tersebut atau terus membiarkan tangannya terjepit dan menunggu seseorang menemukannya.

Pada akhirnya dia memutuskan untuk memotong tangannya yang terjepit itu dan menyelamatkan dirinya sendiri.

4. 3 Srikandi (2016)

Film ini mengangkat kisah tiga orang atlet panahan Indonesia yakni, Nurfitria, Lilies Handayani, dan Kusumawardhani yang berhasil meraih medali olimpiade pertama Indonesia di ajang Seoul Olimpic tahun 1988.

Selain menceritakan perjuangan ketiga atlet Indonesia tersebut, juga ditampilkan beberapa komedi yang berhasil membuat para penonton tergelitik. Walau begitu beberapa kritik sempat di layangkan kepada film ini karena perbandingan antara kisah nyata dan tambahan fiksinya yang hapir seimbang.

5. Kartini (2017)

Film ini bercerita tentang kehidupan pahlawan nasional Indonesia yaitu Ibu Kartini. Seperti yang kita semua tahu beliau adalah sosok yang sangat berjasa dalam pendidikan di Indonesia, terutama bagi para perempuan Indonesia. Beliau memperjuangkan agar perempuan Indonesia mendapatkan pendidikan yang setara dengan laki-laki.

For your information, pada saat itu pendidikan perempuan di Indonesia sangat dibatasi. Perempuan Indonesia dilarang mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi yang setara dengan laki-laki. Bahkan jika perempuan tersebut berasal dari keluarga terpandang.

Nah, film ini mengulas kisah beliau, bukan hanya tulisan beliau namun juga mengenai kehidupan beliau. Setelah menonton film ini, kamu akan merasa sangat bersyukur karena dilahirkan saat ini, mengingat sekarang perempuan sudah bisa memilih dan menyuarakan pendapatnya sendiri.

Akhir Kata…

Film-film tersebut merupakan beberapa film yang based on true story. Selain bagus untuk ditonton, film-film tersebut juga sarat akan makna dan pelajaran hidup yang berharga. Beberapa bahkan bisa membuat kamu menitikkan air mata pada setiap menit selama menonton film-film itu.

Tags

Tuliskan Komentar

avatar
500
  Subscribe  
Notify of
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker