Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

Apa itu ShadowBan Instagram? Pengertian Beserta Cara Mengatasi

Instagram adalah salah satu media sosial paling ramai saat ini. Di media sosial yang didominasi warna putih ini kalian bisa berbagi foto, video, story, dan lain sebagainya.

Selain bisa diandalkan untuk sarana komunikasi. Instagram juga bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan uang dengan cara membuka jasa mempromosikan produk atau yang lebih dikenal dengan istilah Endorse.

Apakah kalian juga menggunakan Instagram ? Ada banyak sekali hal yang tentang Instagram yang wajib banget untuk kalian ketahui, salah satunya adalah ShadowBan.

ShadowBan bukanlah nama dari fitur baru Instagram. Tapi, belakangan ini banyak sekali netizen yang mencari tau “Apa Itu ShadowBan Instagram ?“.

Jika kalian adalah salah satu dari sekian banyak netizen yang kepo tentang “Apa Itu ShadowBan Instagram ?” Kalian akan mengetahui jawabannya dengan menyimak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu ShadowBan Instagram ?

Sebenarnya ShadowBan bukanlah istilah baru, istilah ShadowBan sudah ada sejak tahun 2006. Tapi Istilah ini kembali banyak diperbincangkan akhir tahun 2020 lalu.

Jadi apa itu ShadowBan Instagram ? ShadowBan adalah sebuah sanksi khusus bagi mereka yang melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Instagram.

Sanksi ShadowBan memang tidak akan menghanguskan akun Instagram. Meskipun demikian, dampaknya akan terasa sekali.

Dengan Windows 10, kamu bisa membuka Instagram di PC atau laptop. Panduan lengkapnya ada di cara install Instagram di Windows 10.

Dampak ShadowBan Instagram

Dampak ShadowBan Instagram ada banyak banget. ShadowBan bisa mengakibatkan konten yang kalian posting tidak akan muncul di Feed siapa pun, kecuali mereka yang sudah menjadi follower.

Karena itulah postingan yang biasa dibanjiri likes dan komentar pasti akan mengalami penurunan likes dan komentar secara drastis tidak seperti sebelum-sebelumnya.

Selain berdampak ke postingan atau konten Instagram, ShadowBan juga berdampak pada viewers story IG yang juga mengalami penurunan secara drastis.,

Bukan itu saja, Kalian juga tidak akan bisa mendapatkan followers baru jika akun Instagram terkena sanksi ShadowBan ini.

Penurunan engagement Instagram memang akan sangat terasa sekali. Terutama bagi akun Instagram milik influencer dan selebgram yang sangat bergantung pada ramai tidaknya konten yang dibuat.

Kasus ShadowBan biasanya dialami oleh akun Instagram milik Influencer dan Selebriti. Seperti yang terjadi di akun Instagram Marina Karina, Michi Mono, dan juga Dagelan.


Penyebab Terkena ShadowBan Instagram

Tentu saja ada penyebab mengapa akun Instagram bisa terkena ShadowBan. Biasanya ShadowBan akan terjadi apabila kalian melanggar beberapa peraturan, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Menggunakan Software yang Melanggar TOS Instagram

Setiap layanan di Internet pasti menetapkan persyaratan layanannya tersendiri, termasuk Instagram yang digunakan ratusan juta orang di seluruh dunia.

Salah satu syarat Term of Service (TOS) Instagram yang harus dipatuhi adalah dilarang menggunakan software tertentu dan juga bot khusus.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kalian yang menggunakan software auto posting konten pasti akan terkenda sanksi ShadowBan ini.

Selain nggak boleh pakai software khusus, kalian juga dilarang untuk menggunakan berbagai jenis bot mulai dari bot likes otomatis, komentar otomatis, bot auto followers ataupun aplikasi penambah followers.


2. Penyalahgunaan Batasan Harian dan Jam Instagram

Pasti kalian kaget mendengar penyebab terjadinya ShadowBan kedua ini. Instagram membatasi tindakan-tindakan kalian ketika main-main di media sosial nya ini.

Agar bisa main Instagram dengan aman dan jauh dari risiko terkena ShadowBan. Jangan sampai melebihi 150 likes, 60 komentar dan 60 follow atau unfollow setiap jamnya ya.

Teman-teman juga disarankan untuk berhenti menggunakan layanan software auto likes, auto follow, dan auto unfollow supaya akun kalian jadi semakin aman. Jika ingin schedule post yang aman, bisa ikuti tutorial cara schedule post Instagram.


3. Penyalahgunaan Hashtags

Menambahkan hashtags di postingan memang bisa membuat postingan kita dibanjiri likes dan komentar. Tapi gunakanlah hashtags yang sesuai dengan postingan kalian.

Apabila kalian menggunakan Hashtags yang tidak sesuai atau spamming hashtags, Instagram akan mengambil langkah dengan menghapus hashtag sepenuhnya atau membatasi penggunaannya.

Mau upload feed Instagram tanpa terkena crop ? Ikuti panduan cara posting Instagram tanpa crop (terbukti berhasil).

Cara Mengatasi ShadowBan Instagram

Jangan bersedih jika akun Instagram kalian terkena ShadowBan. Karena ada beberapa cara jitu yang bisa membantu kalian untuk terbebas dari sanksi ini.

1. Berhenti Menggunakan Layanan Otomatis dan Bot

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah berhenti untuk menggunakan layanan otomatis seperti auto follow, likes, posting dan lain sebagainya.

Supaya makin maksimal, jangan lupa untuk mencabut hak akses API aplikasi yang menyediakan layanan auto Instagram tersebut.


2. Stop Spamming Hashtags

Jangan lupa juga untuk tidak mengulangi Spamming Hashtags. Terutama hashtags sebelumnya yang membuat akun Instagram kalian terkena ShadowBan.

Setiap memposting konten, usahakan untuk menggunakan Hashtags yang relevan dengan konten yang kalian buat.


3. Rehat Sejenak Menggunakan Instagram

Supaya segera bebas dari jeratan ShadowBan, kalian harus berhenti sementara menggunakan Instagram setidaknya selama 2×24 jam.

Cara ini sangat jitu apabila sebelumnya kalian terkena Sanksi dikarenakan menggunakan bot.


4. Lapor ke Tim Instagram

Selanjutnya kalian juga bisa melaporkan kasus ShadowBan ini ke tim Instagram. Instagram sendiri memiliki layanan laporan masalah yang bisa kalian akses melalui menu pengaturan yang ada dalam aplikasi Instagram.


Akhir Kata

Penjelasan tentang “Apa Itu ShadowBan Instagram ?” Sudah selesai dibahas dengan lengkap. Semoga bisa mengedukasi kalian semua, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.