Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Tech News

Pengertian CCTV: Jenis, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

Kemajuan teknologi memang bisa sangat membantu kehidupan di era modern seperti sekarang. Tidak hanya membantu untuk berkomunikasi saja, tapi ada juga teknologi yang membantu kita untuk menjaga keamanan.

Mengingat sekarang banyak sekali terjadi kasus kejahatan. Rasanya Perlu sekali untuk menambahkan gadget khusus yang bisa membantu untuk menjaga kemanan di rumah tercinta.

Salah satu perangkat yang banyak diandalkan untuk mengawasi keamanan disekitar adalah CCTV. Kalian pasti pernah melihat CCTV di tempat-tempat umum seperti di sekolah, ATM, mall, bank, tempat parkir dan masih banyak lagi lainnya.

Seperti judulnya, dalam artikel yang sedang kalian baca ini SurgaTekno akan membahas semua tentang CCTV. Kalian yang belum mengenal CCTV bisa menyimak artikel ini hingga selesai supaya tau seluk-beluk tentang kamera pengintai ini.


Apa Itu CCTV?

Perlu teman-teman ketahui, CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television. Bisa dibilang, CCTV adalah sistem pengawasan berbasis video (Video Surveilance) dengan menggunakan kameranya.


Fungsi CCTV

CCTV akan mengawasi semua aktifitas yang terjadi di tempat dimana CCTV berada. Hadirnya CCTV tentu akan sangat membantu untuk mengawasi tempat yang rawan terjadi tindak kejahatan.

Jadi apabila terjadi kejahatan, CCTV akan merekam video nya, Video ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan bukti yang akan memudahkan para aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kasusnya.

Selain kejahatan, CCTV juga sangat bermanfaat untuk merekam momen-momen penting yang tidak mungkin terpantau oleh manusia seperti bencana alam, kecelakaan dan lain sebagainya.

Karena fungsinya inilah CCTV banyak diinstall di tempat-tempat umum. Mulai dari bank, bandara, terminal, stasiun, ATM, mall dan tempat-tempat ramai lainnya.

Bahkan CCTV juga tidak jarang juga diaplikasikan di kendaraan, terutama kendaraan umum yang bisa memuat banyak penumpang seperti bus dan kereta api.


Jenis-jenis CCTV

Ada banyak sekali jenis-jenis CCTV yang bisa kalian aplikasikan, setiap jenis CCTV memiliki kelebihannya masing-masing, Tim SurgaTekno akan menjelaskan jenis-jenis CCTV dengan lengkap seperti berikut ini:

1. Kamera Dome

Kamera Dome memiliki bentuk seperti kubah, jenis kamera CCTV ini sangat populer. Kamera Dome punya kelebihan desainnya yang modis banget, selain itu kamera Dome juga punya kelebihan lainnya yaitu susah sekali ditebak kameranya menghadap ke arah mana.

2. Kamera Ptz

Berikutnya ada kamera Ptz. Perlu teman-teman ketahui, Ptz adalah singkatan dari PAN Tilt Zoom. Kamera ini bisa bergerak bebas baik itu kekanan, kekiri, keatas maupun kebawah. Selain bisa bergerak bebas, kamera Ptz juga memiliki kelebihan mampu melakukan zoom.

3. Kamera Box

Apabila kalian ingin memasang CCTV dengan kemampuan zoom vertikal, kamera Box bisa jadi pilihan. Tapi supaya kinerjanya maksimal, perlu pencahayaan yang mencukupi.

4. Kamera Bullet

Terakhir ada kamera Bullet. Lensa kamera yang dibawa oleh kamera Bullet tidak jauh berbeda dengan kamera Dome. Hanya saja, bentuknya atau desainnya yang berbeda.

Selain bisa menghasilkan rekaman video yang bagus. Kamera Bullet juga memiliki ketahanan air yang lebih kuat, tidak heran apabila kamera CCTV ini banyak diaplikasikan di luar ruangan.


Cara Kerja

Setelah membahas cara kerja CCTV, selanjutnya kita akan membahas cara kerjanya. Seperti apa cara kerja CCTV? Ketahui jawabannya dengan menyimak penjelasan dibawah ini.

1. CCTV Analog

Kita mulai dahulu dari cara kerja CCTV Analog. Perlu diketahui, CCTV Analog adalah jenis CCTV konvensional. Meski sudah jadul, masih banyak juga orang yang memilih untuk menggunakan CCTV Analog.

Cara kerja CCTV Analog melibatkan beberapa kamera yang dihubungkan ke monitor dan juga recorder. Untuk menghubungkannya, perlu kabel-kabel khusus. Nantinya hasil rekaman akan disimpan di video recorder yang ditempatkan di ruang khusus.

2. CCTV IP

CCTV IP adalah CCTV modern yang dibekali dengan teknologi-teknologi canggih jaman sekarang. Perlahan namun pasti, CCTV IP mulai menggantikan CCTV Analog yang minim fitur.

Cara kerja CCTV IP tidak jauh berbeda dengan CCTV Analog. Kalian tidak hanya bisa menghubungkan CCTV IP ke monitor dan recorder dengan kabel, tapi kalian juga bisa menghubungkan ketiga perangkat ini menggunakan jaringan internet.

Selain bisa terhubung tanpa kabel, CCTV IP memiliki kelebihan hasil rekaman videonya yang lebih bagus. Hanya dengan bermodalkan smartphone saja, kalian bisa memantau CCTV IP yang ada di rumah.


Rekomendasi CCTV Terbaik 2020

Setelah menjelaskan seluk-beluk tentang CCTV. Selanjutnya SurgaTekno akan memberikan beberapa rekomendasi CCTV terbaik di tahun 2020 ini, selain membahas fiturnya, kami akan menberi bocoran mengenai harganya:

1. Xiaomi Yi Dome Camera (Rp 400 ribu)

Kalian yang bagus saja berniat untuk menggunakan CCTV bisa mempertimbangkan Xiaomi Yi Dome Camera. Untuk memiliki CCTV dari Xiaomi ini, kalian perlu menyiapkan dana sebesar 400 ribuan saja.

Meski murah, kamera berjenis Ptz ini memiliki fitur yang sangat mumpuni. CCTV ini mendukung perekaman video 1280 x 720 pixel dan 112 derajat field of view.

CCTV yang punya fitur perekaman lokal dengan micro-SD ini juga dibekali dengan night vision. Jadi rekaman saat malam hari bisa dilihat dengan jelas.

Xiaomi Yi Dome Camera ini juga bisa dihubungkan ke smartphone dengan mudah. Untuk menghubungkannya, kalian hanya memerlukan aplikasi YiHome.

2. Samsung SmartCam SNH-P6410NB (Rp 3,5 juta)

Posisi kedua ditempati oleh Samsung SmartCam SNH-P6410NB. CCTV keren dari Samsung ini bisa kalian bawa pulang mulai dari 3,5 jutaan.

Banderol mahal CCTV ini terbayar lunas dengan spesifikasi yang dibawanya. CCTV IP ini hadir ddngan slot micro-SD dan juga Jack audio yang jarang sekali disematkan pada CCTV IP lainnya.

Kualitas rekaman videonya sudah tidak diragukan lagi, CCTV ini sanggup merekam video 1080p. Kamera ini bisa dihubungkan dengan jaringan WiFi.

Selain bisa dihubungkan dengan layanan dari Samsung. Samsung SmartCam SNH-P6410NB juga bisa dihubungkan ke layanan lainnya yang tak kalah populer, seperti seperti SmartThings, Google Alerts, dan Picasa.

3. D-Link DCS-2530L (Rp 2,5 juta)

Masih ada juga D-Link DCS-2530L yang juga dibekali dengan banyak sekali fitur yang sangat memudahkan para penggunanya, seperti bisa terhubung dengan smartphone Android melalu aplikasi myDlink Lite.

Untuk terhubung, D-Link DCS-2530L menggunakan jaringan WiFi 802.11n yang sudah sangat mencukupi untuk streaming video rekaman beresolusi HD.

CCTV IP ini sanggup merekam video dengan resolusi maksimal 1.920 x 1.080 pixel. Kalian juga bisa mengatur kualitas rekaman video menjadi 720p atau yang lebih rendah lainnya.

Untuk merekam video, Tersedia lensa wide yang bisa menghasilkan rekaman video dengan jangkauan yang luas. Ada juga Dual LED flash infrared yang membantu prekaman video saat malam hari.

4. TP-Link NC450 (Rp 2,2 Juta)

Kalian juga mempertimbangkan untuk membeli TP-Link NC450. CCTV ini tampil dengan desain yang modern banget, dengan satu pilihan warna yaitu putih.

TP-Link NC450 dibekali dengan kamera yang bisa merekam video 720p. Disaat malam hari, perekaman akan terbantu dengan adanya LED flash infrared yang bisa melakukan mode night dengan sempurna.

TP-Link NC450 bisa memantau kondisi selama 24 jam dengan adanya soket listrik di body-nya. Sama dengan CCTV sebelumnya, CCTV buatan TP-Link ini juga bisa kalian kendalikan melalui smartphone dengan aplikasi khususnya.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki CCTV terbaik buatan TP-link ini? Sediakan dana sebesar 2,2 juta, kalian bisa membeli CCTV ini di toko terdekat atau market place ternama seperti Bukalapak, Lazada dan lainnya.

5. TP-Link KC120 Kasa Cam (Rp 1,7 juta)

Apabila kalian menginginkan kamera CCTV denga kualitas rekaman video 1080p dengan sudut pandang 130°, silahkan boyong TP-Link KC120 Kasa Cam ini, harga yang perlu kalian tebus adalah Rp 1,7 juta.

Kerennya lagi, kamera pengawas yang satu ini juga mampu mengirim notifikasi saat mendeteksi gerakan dan suara mencurigakan, dan mendukung audio dua arah.

TP-Link juga menawarkan paket berlangganan layanan tertentu yang bisa memudahkan kalian untuk melihat riwayat video.

TP-Link KC120 Kasa Cam bisa terintergrasi dengan smartphone, tapi kalian membutuhkan aplikasi Kasa app yang tersedia untuk smartphone Android, kalian yang sering bepergian pasti bisa memantau rumah dari kejauhan dengan mudah.


Akhir Kata

Selesai sudah topik CCTV yang kita bahas kali ini. Sudah mengerti kan? Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Sekian dari saya, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.