Tech NewsTips & Trik

Apa Itu Windows Defender ?

Halo brosis, lama kami tidak menulis artikel mengenai Windows. Nah di artikel ini kita kami akan bahas salah satu antivirus bawaan Windows 10 yaitu Windows Defender.

Sebelum kita bahas windows defender, kita ulas dulu apa itu windows ?

Windows adalah salah satu sistem operasi desktop dan laptop yang hingga saat ini memiliki pengguna paling banyak di dunia (sekitar 90%). Selain Windows, ada juga sistem operasi lain seperti MacOS (7%) dan Linux (1,5%).

Windows sendiri sudah ada sejak 20 November 1985 dengan nama Windows 1.0. Windows tersedia untuk perangkat klien, server, starter, gadget, dan smartphone.

Untuk versi Windows yang paling terbaru dan up to date untuk klien adalah Windows 10 yang dirilis pada tahun 29 Juli 2015.

Dan disini kita akan bahas salah satu antivirus bawaan yaitu Windows Defender.

Apa itu Windows Defender ?

Windows Defender atau yang sebelumnya dikenal dengan Microsoft SpyWare adalah sebuah antivirus yang digunakan untuk melindungi sistem operasi Windows dari ancaman virus.

Pada awalnya Windows Defender bukan merupakan antivirus. Windows Defender didasarkan pada aplikasi yang bernama GIANT AntiSpyware yang dikembangkan oleh GIANT Company Software, Inc.

Kemudian perusahaan tersebut (GIANT) diakuisisi oleh Microsoft pada tanggal 16 Desember 2004.

Pada tanggal 6 Januari 2005, versi beta pertama Microsoft AntiSpyware dirilis. Dimana versi beta tersebut merupakan GIANT AntiSpyware yang dikemas ulang.

Di tanggal 13 Februari 2006, Windows Defender versi beta kedua dirilis.  Versi ini jauh berbeda dibanding versi beta pertama, dimana desain antarmuka dan bahasa pemrogaman yang digunakan sangat berbeda.

Versi beta kedua ini menggunakan bahasa pemrogaman C++. Perubahan penggunaan bahasa pemrogaman ini memperbaiki kinerja aplikasi dan mampu meningkatkan kemampuan dalam melindungi komputer.

Dan pada update Windows 8, Microsoft Defender benar-benar sudah dikonversi menjadi antivirus dan diletakkan pada ditanamkan secara langsung. Windows Defender ini menggantikan Microsoft Security Essentials sejak Windows 8.

Akibatnya, Microsoft Security Essentials tidak bisa kalian gunakan di Windows 8 dan seterusnya.

Kelebihan Windows Defender

1. Gratis dan selalu Up to Date

Kelebihan pertama antivirus ini adalah gratis. Kenapa kok bisa gratis ? Windows Defender merupakan antivirus buatan Microsoft yang langsung ditempel saat proses installasi. Jadi ketika sudah memiliki lisensi Windows, kalian tidak perlu lagi membeli lisensi untuk Windows Defendernya.

kelebihan windows defender
kelebihan windows defender

Selain gratis, antivirus ini juga selalu uptodate. Microsoft selalu memberikan update untuk Windows Defender ini. Jadi pastikan kalian selalu mengecek pembaruan dari database virus yang diberikan oleh Microsoft.

2. Membersihkan Virus dengan Baik

Kalau antivirus selalu uptodate, pasti akan memberikan kinerja dan kualitas yang terbaik saat membersihkan virus. Antivirus ini tidak langsung menghapus file yang terinfeksi virus, melainkan melakukan karantina terlebih dahulu terhadap file-file yang terjangkit.

Selain itu, Windows Defender juga memiliki kelebihan untuk membersihkan virus tanpa harus menghapusnya. Dan kelebihan inilah yang terkadang tidak dimiliki oleh antivirus lain.

3. Selalu Aktif dan Memberikan Peringatan

Antivirus ini akan selalu aktif ketika komputer atau laptop kalian dinyalakan. Jika kalian memasang flashdisk, harddisk eksternal atau micro sd maka antivirus ini akan melakukan pemeriksaan secara otomatis.

Dan jika ditemuka virus dalam perangkat tersebut maka aplikasi ini akan memberikan peringatan dan memblokir akses dari perangkat eksternal yang terjangkit virus.

4. Bisa Bekerja bersama Antivirus Lain

Saat ini, saya pun menggunakan antivirus lain. Dan sampai saat ini laptop windows defender tidak bentrok dengan antivirus pihak ketiga yang saya gunakan. Tetapi jika kalian memasang lebih dari 1 antivirus maka kinerja komputer atau laptop akan bertambah. Mungkin itu yang harus jadi perhatian kalian.

Tidak bentrok ini bisa saya asumsikan sebagai salah satu nilai plus dari Windows Defender. Tapi kalau kalian sudah yakin dengan kemampuan Windows Defender, saya rasa tidak apa-apa hanya menggunakan Windows Defender sebagai tembok perlindungan dari virus.

Lihat Juga:

Kekurangan Windows Defender

Saya sendiri menyadari bahwa setiap aplikasi tidak ada yang betul-betul 100% bisa dikatakan sempurna, begitupun dengan antivirus bawaan Microsoft ini.

kekurangan windows defender
kekurangan windows defender

1. Tidak Terlalu Teliti saat Scanning

Ini adalah salah satu kelemahan Windows Defender. Walaupun di dalam aplikasi Windows Defender terdapat 2 opsi scanning yaitu Quick Scan, Full Scan dan Custom.

Quick Scan adalah scanning yang tidak membutuhkan waktu lama tetapi menggunakan sumber daya proses yang lebih besar.

Full Scan adalah scanning secara penuh dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Custom adalah scanning dengan memilih drive mana yang ingin dilakukan pengecekan.

Tetapi terkadang Windows Defender kurang teliti sehngga melewatkan virus kecil dari komputer dan laptop kita.

Sudah paham kan mengenai Windows Defender ini. Jika kalian ingin berkomentar, bisa kalian tulis langsung dibawah artikel ini.

Baca Juga:

Dan demikianlah pembahasan mengenai apa itu windows defender serta kelebihan dan kekurangan dari antivirus bawaan Microsoft ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan see you next time brosis.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker