Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Cek Ping Internet Lewat CMD

Apa itu CMD? Kenapa kamu harus mengetahui cara cek ping CMD? Ini erat kaitannya dengan penggunaan internet. Kamu dapat mengetahui informasi apakah jaringan internetmu berjalan dengan lancar atau tidak. Ya, dapat dipastikan bahwa orang-orang akan membutuhkan informasi ini.

Lalu, bagaimana cara cek ping CMD?

Sebelumnya, mari kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu CMD, apa itu TTL dan RTO, dan cara mudah untuk memeriksa ping CMD.

Apa itu Command Prompt (CMD) ?

Apa itu CMD? CMD adalah akronim dari Command Prompt (DOS Prompt) yang merupakan baris perintah atau command line pada OS atau Operating System yang berdiri pada basis GUI. Fungsinya adalah mengeksekusi file dengan menyertakan perintah di jendela CMD.

Sementara itu, ping CMD adalah akronim dari Packet Internet Gropper yang berjalan di Command Prompt. Perintah ping bekerja menggunakan metode pengiriman paket data melalui internet protocol atau IP.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Apakah Ping CMD itu penting? Ping CMD digunakan sebagai tambahan aplikasi bersifat kompleks dan otoriter.

Dengannya, kita dapat mengetahui segala file beratribut hidden dan directory file dengan cepat. Sehingga, kamu bisa menganalisa lebih intens tentang β€œperjalanan” virus, gejalanya, force stop file yang mengandung virus, dan membersihkan virus dengan cepat.

Kegunaan Ping CMD

Kamu pasti bertanya-tanya tentang kehadiran Ping CMD? Apa kegunaannya? Untuk menambah pengetahuanmu, berikut adalah kegunaan Ping CMD.

  1. Ping CMD berfungsi sebagai pemeriksa status komputer. Apakah komputermu berada pada status β€œup” atau β€œdown”. Ini bisa diketahui jika komputermu dapat memberikan respon Ping, maka statusnya adalah β€œup”. Begitu juga sebaliknya.
  2. Menjaga stabilitas jaringan internet yang terkoneksi pada perangkatmu.
  3. Memeriksa ketersediaan bandwidth yang ditunjukkan oleh statistik time.
  4. Memeriksa kualitas koneksi internet yang tersambung yang ditandai oleh indikator nilai lost sebesar 0%.
  5. Mengetahui respon komunikasi jaringan berdasarkan nilai latency dan delay. Nilai delay yang meningkat menunjukkan kelambanan respon yang didapatkan.

Arti TTL dan RTO?

Bagi kamu sang internet user, mungkin istilah TTL dan RTO bukan lagi hal asing bagimu. Ping CMD juga sebenarnya masih satu paket dengan kedua istilah ini.

1. Apa Itu TTL?

TTL dalam istilah dunia internet adalah akronim dari Time to Live. Ini semacam sign atau pertanda packet ping akan segera berakhir pada waktu yang telah ditentukan. Semakin banyak router yang dilewati, maka akan semakin kecil nilai TTL yang tersedia. Hal tersebut menandakan bahwa waktu akan segera habis.

2. Apa Itu RTO?

Ketika kamu sudah mengetahui apa itu TTL, kamu juga harus mengetahui hal yang berkaitan dengan ping CMD lainnya. Ya, RTO adalah akronim dari Request Time Out. Ini berarti bahwa kamu tidak menerima balasan pesan meskipun packet yang terkirim sudah kamu terima.

Jangan khawatir! Hal tersebut bukanlah satu-satunya indikasi kerusakan pada komputer atau perangkatmu. Bisa jadi ini merupakan gangguan keamanan, firewall, kerusakan NIC, dan masalah jaringan.

Cara Mudah Cek Ping Internet Melalui CMD

Setelah mengetahui apa itu Ping CMD, mari memahami langkah selanjutnya. Bagaimana cara mengecek Ping CMD dengan mudah?

Yuk ikuti langkah-langkahnya!

  1. Temukan Command Prompt pada kolom pencarian di Windows yang kamu miliki. Cukup ketikan β€œcmd” pada kolom tersebut.
    Buka Command Prompt - Cara Cek Ping Internet Melalui CMD
    Buka Command Prompt
  2. Ketik perintah β€œipconfig/ all” untuk memeriksa alamat IP. Tekan β€œenter” untuk melanjutkan.
    Cara Cek IP Address dengan Command Prompt
    Cara Cek IP Address dengan Command Prompt
  3. Temukan nomor β€œDNS Servers” dengan scrolling down pada layar perangkatmu. Jangan lupa untuk menyalin nomor tersebut. Atau kamu bisa mengecek koneksi Internet dengan melakukan ping ke alamat Google.
    Hasil Cek IP Address Melalui Command Prompt
    Hasil Cek IP Address Melalui Command Prompt
  4. Coba ketikkan perintah β€œping -l 500 <DNS Servers> -t” (L kecil bukan i besar). Seperti contohnya β€œping -l 500 193.169.42.1 –t”. Atau kamu bisa ping Google denganΒ  ketik perintah β€œping -l 500 google.com -t” (L kecil bukan i besar). Tekan tombol β€œenter” untuk memulai pengecekan.
    Perintah Ping Internet Melalui Command Prompt
    Perintah Ping Internet Melalui Command Prompt
  5. Kemudian akan muncul hasil perintah ping seperti di bawah ini :
    Hasil Perintah Ping CMD
    Hasil Perintah Ping CMD
  6. Untuk mengakhiri perintah ping silahkan tekan tombol β€œCTRL + C”.
    Tekan Ctrl + C untuk Menghentikan Perintah ping -t
    Tekan Ctrl + C untuk Menghentikan Perintah ping -t
  7. Selesai.

Keterangan:

  • Angka 500 merupakan jumlah data yang dikirimkan dalam ukuran byte/ bit (500 byte).
  • 193.169.42.1 menunjukkan nomor DNS Servers yang didapat melalui β€œipconfig / all”.
  • Β -t menunjukkan koneksi tersambung dan ini akan berhenti bila mendapatkan perintah.
  • Perintah di atas tanpa tanda petik ya.

Nah, itulah ulasan mengenai ping CMD dan cara cek ping Internet melalui Command Prompt dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Azmi Raudhatul Islah

Saya seorang guru yang hobi menulis. Saya merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dari salah satu universitas di Riau. Saat ini saya sedang asyik menggeluti dunia teknologi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.