Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Gadget

Pengertian IMEI serta Fungsi dan Cara Melihatnya

Memiliki smartphone sudah menjadi keharusan di era modern. Karena smartphone memiliki banyak sekali fungsi yang sangat dibutuhkan, seperti berkomunikasi, mendapatkan hiburan dan juga bertransaksi. Apalagi saat pandemi seperti sekarang.

Smartphone jelas sangat dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar yang terpaksa harus dilakukan secara daring. Saat membeli smartphone, kalian harus mengecek fisik, spesifikasi dan juga kelengkapannya.

Selain ketiga hal tersebut, jangan lupa juga untuk mengecek IMEI di smartphone yang akan kalian beli. Hadirnya IMEI pada smartphone bukanlah hal yang baru lagi. Karena, Sejak era handphone jadul IMEI sudah disematkan pada setiap HP yang dijual bebas di pasaran.

Tapi baru belakangan ini saja masyarakat Indonesia yang memperhatikan IMEI. Karena ada peraturan baru dari Kemkominfo dan Kemenperin mengenai IMEI.

1. Pengertian IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI berupa nomor khusus yang menjadi identitas smartphone, bisa dibilang IMEI mirip dengan NIK yang ada di KTP.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 16 angka. Berhubung fungsinya sebagai identitas, angka-angka tersebut mengandung informasi tentang type smartphone beserta tahun pembuatannya.


2. Fungsi IMEI

Seperti yang dibahas sebelumnya, IMEI mengandung informasi tentang HP seperti tipe dan tahun pembuatannya. Jadi IMEI bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keaslian smartphone.

Beberapa pabrikan smartphone seperti Xiaomi dan Oppo memiliki halaman situs web khusus untuk mengecek IMEI. Jadi kalian yang ragu tentang keaslian smartphone, bisa mengeceknya langsung melalui situs resminya.

Selain sebagai identitas, nomor IMEI juga sangat penting untuk urusan keamanan. Apabila smartphone kalian hilang, kalian bisa melaporkannya kepada pihak terkait dengan menyertakan nomor IMEI dari smartphone yang hilang guna mempermudah pelacakan.

Di Indonesia, IMEI perannya sangat penting untuk mengurangi penggunaan smartphone ilegal. Jika HP kalian ilegal, jangan harap bisa menikmati jaringan seluler dari operator seluler yang beroperasi di Indonesia.

iPhone kamu berasal dari negara mana ? Coba cek kode negara asal iPhone ini.

3. Cara Melihat IMEI

IMEI biasanya disertakan dalam dusbox bawaan smartphone. Kalian bisa melihatnya dibagian luar dusbox, bisa disamping atau diatas dusbox nya. Kami sebelumnya juga pernah membahas melihat IMEI Oppo dan Realme.

3.1. Menggunakan dial *#06#

Dubox bawaan HP kalian hilang? Tenang, karena Selain bisa dicek melalui dusbox, kalian juga bisa mengetahui IMEI dengan kode rahasia cek IMEI, seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

  1. Pertama, kalian harus membuka menu telepon.
  2. Setelah itu ketikkan kode cek IMEI yaitu *#06#.
  3. Selang beberapa detik, kalian akan bisa melihat IMEI dari smartphone yang kalian miliki.
  4. Selesai.

Cara tersebut bisa dilakukan pada semua HP dari berbagai merk. Selain smartphone terbaru, HP jadul sekalipun juga bisa dicek IMEI-nya menggunakan kode rahasia tersebut.

3.2. Melalui Menu Pengaturan

Selain melalui kode rahasia, kalian juga bisa mengecek IMEI-nya melalui menu pengaturan. Cara ini bisa dilakukan pada smartphone Android dan iOS, untuk mengetahui caranya, kalian bisa menyimak penjelasannya dibawah ini:

  1. Bukalah menu pengaturan dalam smartphone kalian.
  2. Setelah menu pengaturan terbuka, scroll hinga menu paling bawah.
  3. Kalian akan melihat menu “Tentang” atau “About”, Silahkan dipilih ya.
  4. Nantinya kalian bisa melihat berapa nomor IMEI seperti pada screenshot ini.
  5. Selesai.

Catatan : Untuk cara mengetahui IMEI melalui menu Pengaturan mungkin bisa sedikit berbeda tergantung pada smartphone yang kalian gunakan.


4. Cara Mengecek IMEI

Setelah mengetahui nomor IMEI, jangan lupa untuk melakukan pengecekan IMEI di situs web resmi kementerian perindustrian atau Kemenperin.

Karena berdasarkan peraturan baru, smartphone yang IMEI-nya tidak terdaftar tidak akan bisa menikmati jaringan seluler dari seluruh operator seluler yang beroperasi di Indonesia.

Lantas bagaimana cara mengecek IMEI di situs Kemenperin? Gampang sekali, silahkan catat IMEI kalian, lalu ikuti tutorial berikut ini:

  1. Aktifkan dahulu data seluler, lalu bukalah browser yang biasanya kalian gunakan.
  2. Silahkan kunjungi situs imei.kemenperin.go.id
  3. Nantinya kalian akan melihat halaman web seperti ini, isikan nomor IMEI lalu tap icon “Pencarian”.
  4. Beberapa detik kemudian, kalian akan mendapati informasi tentang smartphone kalian.
  5. Selesai.

Sudah bisa dipastikan smartphone ilegal yang diaktifkan setelah 18 April 2020 tidak bisa menikmati layanan seluler dari operator seluler Indonesia.

Sementara itu HP ilegal yang diaktifkan sebelum tanggal tersebut bisa tetap menggunakan layanan seluler dari operator seluler Indonesia karena ada pemutihan yang dilakukan oleh Kemkominfo dan Kemenperin.

Cari HP Xiaomi dengan kamera terbaik ? Coba baca artikel ini.

Akhir Kata

Sudah selesai bahasan tentang IMEI yang dijelaskan sangat lengkap dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.