Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

2 Film Saga Percy Jackson Beserta Sinopsis

Film saga Percy Jackson merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel petualangan fantasi karya penulis Amerika Rick Riordan berjudul Percy Jackson and The Olympians. Ada 5 seri novel yang telah dipulikasikan sejak buku pertama yang dipublikasikan pada 2005 hingga saat ini, dan telah terjual sebanyak kurang lebih 69 juta kopian yang terjual di 35 negara.

Dengan keberhasilan bukunya, maka dibuatlah versi film dari Percy Jackson and The Olympians, dimana film pertamanya yakni Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief pada 2010. Film pertamanya ini mendapat respon yang cukup positif dari penontonnya.

Terbilang sukses dengan film pertamnya, kemudian film keduanya yakni Percy Jackson: Sea of Monster dirilis pada tahun 2013. Berbeda dengan film pertamanya yang mendapat respon positif, film keduanya ini mendapatkan beragam respon dari para penonton.

Walaupun begitu, film ini tidak buruk untuk menjadi pilihan kamu saat sedang gabut di rumah dan butuh hiburan. Buat kamu yang ingin tahu sinopsis ceritanya, silahkan simak sinopsis film saga Percy Jackson di bawah ini.

1. Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief (2010)

Percy Jackson merupakan remaja laki – laki biasa sebelum kehidupannya yang biasa itu berubah setelah mengetahui kebenaran bahwa dia adalah seorang setengah dewa. Percy Jackson merupakan anak dari salah satu dewa olympus yakni Poseidon.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Selama ini ibunya menutupi kebenaran itu dari Percy demi keselamatan mereka khususnya Percy sendiri. Baru saja mengetahui fakta itu, dia juga dihadapkan pada sebuah masalah. Dia dituduh oleh Zeus dewa petir bahwa remaja laki – laki itu telah mencuri petirnya. Zeus memberinya ancaman yaitu, jika Percy tidak dapat mengembalikan petir miliknya dalam kurun waktu yang telah ditentukan, maka Zeus akan memulai perang dengan para dewa – dewa besar olympus yang dapat mengancam keselamatan dunia dan isinya. Semuanya dimulai saat Percy dan teman – teman sekolahnya sedang melakukan study tour ke sebuah museum.

Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief (2010)
Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief (2010)

Di sana dia diserang oleh Fury yang menyamar menjadi guru sekolahnya. Untungnya temannya Groover Underwood yang ternyata seorang satyr dan gurunya Mr. Brunner datang menolongnya. Mereka membantunya dan berhasil melarikan diri dari kejaran Fury. Groover membawa Percy kesebuah perkemahan khusus untuk anak para dewa. Di perkemahan itu, Percy bertemu dengan Mr. Brunner dan baru mengetahui jika Mr. Brunner sebenarnya adalah seorang centaur bernama Chiron.

Selama berada di perkemahan tersebut, Percy berkenalan dengan banyak remaja lainnya yang merupakan setengah dewa. Salah satunya adalah Annabeth Chase yang merupakan putri dari Atherna dan Luke Castellan yaitu putra dari Hermes. Percy juga banyak melatih kekuatan yang dia miliki sebagai putra Poseidon, dia dapat memanipulasi air.

Suatu malam, Percy dikunjungi oleh pamannya Hades yang mengatakan bahwa ibunya ada di Underworld bersamanya. Jika Percy menginginkan ibunya kembali, dia harus membawakan Hades petir milik Zeus untuk ditukar dengan ibunya. Percy segera memutuskan untuk pergi menyelamatkan ibunya ke Underworld bersama Groover dan Annabeth, meskipun sebenarnya dia tidak memiliki petir milik Zeus.

Dia juga mendapatkan peta ke dunia bawah itu dari Luke sebelum pergi ke dunia bawah, selain itu dia juga memberikan mereka beberapa saran dan perisai tua juga sepatu bersayap yang dicurinya dari Ayahnya yakni Hermes. Sebelum dapat sampai ke Underworld, mereka perlu mendapatkan mutiara yang dapat membawa mereka kembali nanti dari tempat Hades tinggal.

Dalam perjalanan mereka mencari mutiara – mutiara tersebut, mereka menemui banyak sekali rintangan dan musuh berbahaya. Mulai dari harus berhadapan langsung dengan Medusa yang kalau salah melangkah dan tanpa sengaja melihat langsung ke matanya, mereka akan berubah jadi batu.

Atau bertemu dengan monster berkepala sembilan yaitu Hydra. Hingga mereka terjebak di Casino Lotus, dimana mereka memakan makanan jamuan yang disediakan di sana hingga lupa tujuan awal mereka. Untungnya ketiga remaja itu berhasil melewati semuanya meski tidak mudah dan berhasil mendapatkan tiga buah mutiara untuk membawa mereka kembali dari Underworld nanti.

Penggemar film fantasi, pasti tahu film tentang dunia sihir Harry Potter. Inilah daftar urutan film Harry Potter dari awal sampai tamat.

Di Underworld, Hades bersama istrinya Persephone telah menunggu mereka bertiga. Hades mengeluarkan Sally Ibu Percy dari perangkapnya lalu mengambil petir milik Zeus yang ternyata tersembunyi di balik perisai pemberian Luke. Mereka pun menyadari bahwa yang selama ini mencuri petir itu adalah Luke dan entah kenapa Percy yang malah kena getahnya.

Tiba – tiba Persphone merampas petir Zeus dari tangan Hades. Alasannya karena dia tidak ingin kalau Hades mendapatkan keabadian dan harus hidup bersama selamanya dengan dewa itu. Persephone lalu memberikan petir Zeus ke Percy untuk dikembalikan ke pemilik sebenarnya yakni Zeus.

Dia juga membantu para remaja itu untuk melarikan diri dari Underworld. Namun hanya ada tiga buah mutiara berarti hanya tiga orang yang dapat pergi. Groove memilih tinggal dan meminta teman – temannya dan Ibu Percy untuk pergi mengembalikan petir tersebut.

Sayangnya untuk mengembalikan petir itu, mereka harus menghadapi Luke terlebih dulu yang telah menunggu kedatangan mereka di Empire State Building. Bukan tanpa alasan Luke melakukan semua itu, dia ingin menghancurkan Olympus agar para dewa generasi muda dapat mengambil alih posisi para dewa besar yang tengah berkuasa saat ini.

Awalnya Percy cukup kesulitan melawan Luke, namun akhirnya dia dapat mengalahkan Luke dan pergi ke Olympus untuk mengembalikan petir Zeus yang sempat hilang. Dia juga bertemu dengan Ayah kandungnya di sana yakni Poseidon.

Trailer Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief (2010)

2. Percy Jackson: Sea of Monsters (2013)

Dalam film kedua inicerita diawali jauh saat para anak – anak dewa itu masih kecil dimana Annabeth, Groover, Thalia, dan Luke yang berusaha kabur dari kejaran monster cyclops raksasa. Agar teman – temannya dapat memasuki perkemahan setengah dewa dengan selamat, Thalia memilih untuk mengorbankan dirinya. Zeus lalu mengubah Thalia yang tengah sekarat menjadi sebuah pohon yang melindungi perkemahan tersebut.

Seorang cyclops kemudian melewati perbatasan ke perkemahan. Dia adalah Tyson, putra Poseidon dan seorang Nymph yang juga merupakan kakak Percy. Di sisi lain, Luke datang untuk meracuni pohon Thalia untuk memperlemah pelindung perkemahan sehingga monster benteng atau Colchis Bull dapat memasuki tempat itu dan membuat kegaduhan.

Beruntung Percy dapat mengalahkan monster tersebut. Namun sayangnya, kini pohon Thalia tengah sekarat akibat perbuatan Luke. Belakangan mereka mengetahui mengenai Golden Fleece atau kain bulu domba yang dapat menyembukan segala jenis penyakit.

Percy Jackson: Sea of Monsters (2013)
Percy Jackson: Sea of Monsters (2013)

Kemudian dibentuklah tim untuk pergi mencari kain bulu domba di segitiga bermuda dengan Clarisse yang merupakan saingan Percy sebagai pemimpinnya. Namun Percy yang merasa sedikit kecewa dengan hal itu, memutuskan untuk pergi sendiri bersama dengan Annabeth, Groover, dan Tyson ketimbang dipimpin oleh Clarisse.

Mereka pun pergi dengan menggunakan jasa taxi supir buta yang sangat ugal – ugalan. Mereka mendapatkan petunjuk mengenai letak segitiga bermuda berupa angka – angka dari supir itu. Tiba di kota, Groover malah diculik oleh anak buah Luke dan menggiring Percy ke segitiga bermuda.

Tanpa Groover bersama mereka, ketiganya mengarungi segitiga bermuda dengan kapal karet. Sayangnya ketiganya beserta kapal mereka malah disedot oleh monster laut. Di dalam perut monster laut itu, mereka bertemu dengan Clarisse beserta kru kapal zombienya. Walaupun Percy dan Clarisse tidak pernah akur, mereka memutuskan untuk bekerja sama agar dapat keluar dari perut monster ini.

Setelah berhasil keluar dari perut monster laut, mereka melanjutkan perjalanan mereka mencari kain bulu domba. Dan tibalah mereka di sebuah pulau yang dihuni oleh seorang Polyphemus yakni merupakan cyclops raksasa. Di pulau itu mereka kembali berkumpul dengan Groover yang sedang menyamar menjadi seorang cyclops perempuan tukang masak.

Dengan usaha yang penuh, akhirnya mereka berhasil mendapatkan yang mereka cari. Sayangnya Luke muncul dan merusak segalanya, dia menginginkan kain bulu domba itu dan Percy enggan memberikannya, hingga membuat Luke tidak segan menyerang mereka menggunakan panah petir dan membuat Tyson terluka parah. Luke berencana menggunakan Gold Fleece untuk membangkitkan Kronos Ayah dari Poseidon dan juga Kakek Percy.

Kronos merupakan dewa yang kejam dan jahat yang tidak segan – segan untuk membunuh manusia. Hal itulah mengapa dia akhirnya dibunuh oleh anak – anaknya para dewa Olympus.

Mencari rekomendasi film fantasi ? Mungkin judul film fantasi terbaik ini dapat menjadi alternatif pilihan.

Rencana Luke untuk membangkitkan Kronos berhasil, tapi sayangnya dia memakan Luke dan Groover. Kronos yang merupakan dewa yang cukup kuat membuat Percy dan teman – temannya kewalahan dalam menghadapinya. Setelah bersusah payang melawan, akhirnya mereka berhasil mengalahkan Kronos menggunakan sebuah pedang yang dikutuk bernama Riptide.

Mereka pun kembali menyegel Kronos di Sarkofagus. Di sisi lain, untungnya Tyson merupakan putra Poseidon Sang Dewa air yang dengan begitu lukanya dapat disembuhkan oleh air dan nyawanya terselamatkan. Namun, belum sempat bernapas lega merayakan kemenangan mereka, Annabeth diserang oleh Manticore yakni monster kera yang memiliki ekor tajam dan menyebabkan Annabeth meninggal. Untungnya dengan menggunakan golden fleece, Annabeth dapat kembali hidup.

Setelah mengalami petualangan dan pertarungan hebat, mereka akhirnya dapat kembali ke perkemahan setengah dewa. Clarisse menggunakan golden fleece untuk menyembuhkan Thalia anak dari Zeus Sang Dewa Petir.


MungFilm saga Percy Jackson hanya memproduksi dua film saja dari kelima novelnya. Kemungkinan untuk film ketiganya diadakan mungkin cukup kecil. Baiknya jika kamu menyukai cerita Percy Jackson and The Olympians, kamu dapat membaca buku serinya.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.