Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

23 Urutan Film Marvel Cinematic Universe Berdasarkan Timelinenya

Untuk kamu penggemar baru film super hero khususnya Marvel Cinematic Universe atau disingkat MCU dan ingin menonton maraton tapi bingung mau menonton film – film Marvel Cinematic Universe dari mana, dua hal ini harus kamu perhatikan.

Pertama kamu dapat menonton film – film Marvel Cinematic Universe berdasarkan tanggal rilisnya, yang berarti dimulai dari film Iron Man yang dirilis tahun 2008, kemudian mengikuti film – film selanjutnya hingga Spider-Man: Far From Home yang dirilis tahun 2019.

Kedua yakni menonton berdasarkan kronologi waktu yang dimulai dari Captain America: The First Avengers, kemudian Captain Marvel, hingga film Spider-Man: Far From Home (2019). Biar lebih jelasnya, berikut ini urutan nonton film Marvel Cinematic Universe berdasarkan timeline-nya.

Urutan Nonton Film Marvel Cinematic Universe Lengkap

1. Captain America: The First Avengers

Captain America: The First Avengers dirilis tahun 2011 dan berlatar belakang perang dunia ke-dua. Diawali dengan Steve Rogers bergabung menjadi tentara Amerika namun karena tubuhnya yang kecil dia ditolak. Dia lalu, mengikuti sebuah eksperimen rahasia militer Amerika yang bernama Rebirth.

Captain America - The First Avengers
Captain America – The First Avengers

Tujuan dari program Rebirth adalah untuk menciptakan tentara manusia yang memiliki kekuatan berkali lipat dari manusia pada umumnya menggunakan sebuah serum ciptaan Dr. Abraham Erskin.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Uji coba yang dilakukan pada Steve ternyata membuahkan hasil. Tubuh Steve yang awalnya kecil dan kurus, kini berubah menjadi lebih kekar dan berotot.

Selain itu, Steve juga memiliki 4 kali lipat kekuatan dari manusia biasa. Steve Rogers pun dipanggil dengan sebutan Captain America. Steve dan pasukannya bertempur melawan musuh mereka yaitu Red Skull.

Walaupun Red Skull berhasil ditangani, namun orang – orang kehilangan jejak Steve yang sepertinya terjatuh di antartika. Kemudian karena teknologi saat itu belum memungkinkan untuk dapat menjelajahi antartika, jadi Steve dinyatakan gugur saat itu.

Tapi sebenarnya, Captain America tidaklah mati saat itu. Dia hanya membeku dan baru berhasil dibangkitkan setelah 70 tahun kemudian.

2. Captain Marvel

Walaupun Captain Marvel baru saja dirilis di tahun 2019, tapi film ini berlatar di tahun 1995 jauh sebelum Iron Man menjadi pemimpin The Avengers dan sebelum Nick Furry menjadi bos di SHIELD.

Captain Marvel merupakan super hero terkuat dalam Marvel Cinematic Universe. Diawali dengan Carol Danvers, yang merupakan seorang anggota angkatan laut wanita yang membantu atasannya yakni Dr. Lawson untuk membawa inti energi ke luar angkasa.

Hal tersebut membuat Carol Danvers mendapatkan kekuatan dari inti energi yang dibawanya dan mengalami hilang ingatan. Dia pun tinggal dan menjadi warga planet Kree.

Captain Marvel
Captain Marvel

Carol Danvers mampu terbang tanpa alat bantu, memiliki kecepatan yang luar biasa, dapat memanipulasi gravitasi, dan beberapa kekuatan super lainnya yang tidak dimiliki manusia normal.

Nah, nantinya Carol Danvers akan bertemu dengan Nick Furry yang masih berstatus sebagai anggota SHIELD.

3. Iron Man

Tony Stark adalah seorang milyarder yang mewarisi perusahaan miliki keluarganya. Keluarga Stark memiliki bisnis yang bergerak pada pengadaan dan produksi senjata atau alat perang dan telah bekerja sama dengan militer Amerika sejak lama yaitu perusahaan Stark Industries.

Tony sendiri dianugerahi otak brilian sejak kecil. Suatu hari saat melakukan perjalan ke Afganistan untuk meluncurkan sebuah rudal canggih bersama para tentara Amerika di sana. Namun dalam perjalanannya pulang dari tempat rudal itu diluncurkan, dia diculik oleh sebuah kelompok bersenjata yaitu Ten Rings.

Iron Man
Iron Man

Kelompok tersebut meminta Tony untuk membuatkan senjata seperti rudal tersebut. Alih – alih menuruti permintaan Ten Rings, Tony malah membuat sebuah kostum besi menggunakan barang – barang yang ada di tempat itu dan berhasil lolos walaupun mengalami sedikit masalah teknis.

Setelah kembali dari Afganistan, Tony berpikir untuk menutup divisi persenjataannya. Dia berpikir mengenai pembuatan senjata yang tidak dapat membuat dunia aman, dan justru membuat dunia semakin buruk.

Sebaliknya, dia memperbarui kostum besi yang sebelumnya dia buat saat di Afganistan. Dengan kostum itu, Tony melawan para penjahat dan teroris.

4. Iron Man 2

Identitas Tony Stark sebagai Iron Man terkuak dan membuat geger dunia. Tony Star yang awalnya terkenal sebagai milyarder, kini semakin terkenal karena aksinya sebagai super hero yang memberantas kejahatan. Namun masalah semakin bertambah dengan terungkapnya hal itu.

Salah satunya pihak militer Amerika serikat ingin mengambil alih kostum Tony dengan dalih kedamaian dunia. Tony menolak tawaran itu dan memilih untuk mengembangkannya seorang diri.

Iron Man 2
Iron Man 2

Dia juga mengakui bahwa kostum tersebut merupakan ciptaannya yang tidak memiliki campur tangan dari siapapun. Karena pernyataan Tony itu, seorang ahli fisiki asal Russia bernama Ivan Vanko tidak terima.

Menurutnya, baju besi itu merupakan hasil dari kerja sama ayahnya bersama ayah Tony yaitu Howard Stark. Ivan yang tidak terima, kemudian membuat baju besi yang kurang lebih berteknologi sama seperti Iron Man.

Seorang pesaing bisnis Tony yakni Justin Hammer, memanfaatkan hal ini. Dia memfasilitasi segala kebutuhan Ivan untuk menyerang Tony dan membuat kekacauan.

5. Incredible Hulk

Bruce Bannermerupakan seorang ilmuan yang terkenal dan dihormati. Banner merupakan ahli di bidang kimia, pakar fisika nuklis dan radiasi gamma.

Suatu hari, Banner bertemu dengan Jendral Thaddeus Ross untuk menciptakan serum menggunakan radiasi gamma yang dapat membantu manusia mendapatkan kekuatan super seperti Captain America.

Akibat paparan radiasi gamma, Banner berubah menjadi sesosok makhluk hijau besar yang menghancurkan segala sesuatu di dekatnya. Makhluk itu dikenal sebagai Hulk. Banner akan berubah menjadi Hulk setiap kali emosinya sedang kurang baik.

Incredible Hulk
Incredible Hulk

Banner pun memutuskan untuk bersembunyi karena tidak ingin menimbulkan kerusakan lebih besar lagi, sambil berusaha menemukan obat untuk dirinya.

Di sisi lain Jendral Ross yang ingin memanfaatkan Hulk, memerintah sekelompok pasukan militer yang dipimpin oleh Emil Blonsky untuk menangkap Banner.

Namun Blonsky dan pasukannya berhasil dipukul mundur oleh Hulk. Setelah itu, Blonsky memutuskan untuk menyuntikkan radiasi gamma tingkat tinggi agar bisa mendapatkan kekuatan seperti Banner.

Blonsky pun berubah menjadi Abomination dan membuat kekacauan di kota New York. Banner pun kembali ke New York dan bertarung melawan Abomination sebagai Hulk.

6. Thor

Thor merupakan putra Odin yang merupakan raja Asgard. Di hari pengangkatannya sebagai penerus kerajaan Asgard menggantikan Odin, terjadi sebuah kekacauan di Asgard.

Pasukan Frost Giant mengacaukan seluruh kerajaan untuk mendapatkan Casket of Ancient Winters yang merupakan miliki mereka sebelum diambil alih oleh kerajaan Asgard saat mengalahkan para Frost Giant ratusan tahun yang lalu.

Thor yang didampingi adik laki-lakinya Loki, teman baiknya Sif, dan tiga ksatria Asgard, melakukan perjalan menuju tempat Frost Giant yakni Jotunheim.

Hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan Odin, dan mengakibatkan pertempuran yang pada akhir membuat Odin harus turun tangan membantu untuk menyelematkan mereka semua.

Thor
Thor

Akibat tindakan arogan dan gegabah yang dilakukan Thor, dia pun diasingkan ke Bumi oleh ayahnya. Seluruh kekuatannya diambil dan terpaksa menjalani hari – harinya di Bumi seperti manusia biasa.

Untungnya, dia masih memiliki palu Mjolnir yang telah dimantrai oleh Odin, sehingga hanya bisa digunakan jikalau Thor sudah pantas menggunakannya.

Sementara Thor menghabiskan waktunya di Bumi dan belajar menjadi ksatria sejati untuk mendapatkan kembali kekuatannya, Loki menemukan sebuah fakta bahwa dia bukanlah anak kandung Odin.

Sebaliknya Loki adalah putra dari Laufey raja Jotunheim. Dan menawarkan Laufey untuk membunuh Odin dan mengambil kembali Casket of Ancient Winters. Sif dan tiga ksatria berupaya membawa pulang Thor untuk menghadapi Loki.

7. Marvel’s The Avengers

Loki berhasih mencuri Kristal Tesseract yang disimpan dan dijaga oleh SHIELD yang akan dia gunakan untuk membuka portal dari Asgard menuju Bumi agar dapat mendatangkan para pasukannya dan menyerang bumi.

Sialnya lagi, Loki berhasil menghipnotis dan mengendalikan agen terbaik SHIELD yakni Clint Barton. Demi menjaga keselamatan umat manusia di Bumi, Nick Furry membentuk sebuah tim khusus yang terdiri dari para super hero dan dirinama Avengers.

Tim Avengers terdiri dari: Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, dan Black Widow. Pada awal pembentukan Avengers, para anggota tidaklah akur. Terutama Iron Man, Thor, dan Captain America.

Marvel’s The Avengers
Marvel’s The Avengers

Namun untungnya hal itu tidak mempengaruhi kerja sama mereka dalam menangkap Loki saat menyerang Jerman. Meski sudah berhasil menangkap Loki, mereka belum menemukan kristal yang dicari.

Belum selesai masalah kristal, Loki menyusup ke dalam markas Avengers lalu membuat Banner marah dan berubah menjadi Hulk. Setelah melakukan hal licik itu, Loki memilih kabur.

Di tengah kekacauan itu, pasukan yang didatangkan Loki yang seharusnya menambah kekacauan, justru membuat para super hero saling bahu membahu melawan Loki dan pasukannya.

8. Iron Man 3

Setelah pertempuran bersama Avengers melawan Loki dan pasukannya, Tony Stark tampak mengalami masalah psikis yakni trauma akibat peristiwa saat bertarung melawan ras alien Chitauri.

Tony Stark merasa tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk melindungi orang – orang yang dia kasihi. Tony Stark mengalami kesulitan untuk tidur hingga terobsesi untuk memperbarui dan menambah inovasi pada kostum Iron Man-nya.

Iron Man 3
Iron Man 3

Tingkah laku Tony Stark itu membuat hubungannya dengan Pepper Potts yang khawatir dengan kondisi Tony Stark. Belum selesai mengatasi trauma yang dideritanya, beberapa kasus aksi pengeboman di beberapa lokasi oleh James Rhodes, mengharuskan Tony Stark kembali beraksi.

Rhodes memperkenalkan dirinya sebagai seorang guru yang dikenal sebagai The Mandarin. Demi menyelamatkan kota dan orang – orang, Tony Stark menantang The Mandarin.

9. Thor: The Dark World

Dimulai ketika terjadi perang antara bangsa Asgard dan bangsa Dark Elf di masa lalu. Bangsa Dark Elf yang dipimpin oleh Malekith berhasil dikalahkan.

Kemudian senjata pamungkas milik bangsa Dark Elf yang dapat menghancurkan seluruh Asgard, bernama Aether berhasil direbut oleh bangsa Asgard dan disembunyikan di suatu tempat tersembunyi. Beberapa waktu terlewati sejak perang tersebut.

Thor - The Dark World
Thor – The Dark World

Jane secara kebetulan menemukan tempat Aether disimpan dan membuat Aether masuk ke dalam tubuh Jane. Akibat hal itu, siapapun yang mengganggu Jane akan terlempar berkat Aether di dalam tubuh Jane.

Thor pun membawa Jane ke Asgard untuk mencari cara memulihkan perempuan itu. Namun di saat yang tidak terduga, Malekith yang sedang tertidur panjang pun terbangun dari tidurnya karena Aether kembali mucul. Malekith dan bersama pasukannya datang untuk menyerang Asgard, sekaligus membawa Jane beserta Aether di dalam tubuh Jane.

10. Captain America: The Winter Soldier

Setelah dua tahun berlalu sejak pertempuran Captain America dan para anggota Avergers lainnya melawan Loki, kini Captain America tengah membiasakan diri hidup di dunia modern abad 21.

Captain America masih bekerja di SHIELD dan juga sedang memimpin sebuah pasukan tim khusus bernama STRIKE (Special Tactical Reserve For International Key Emergencies).

Suatu ketika Nick Fury diserang oleh sekelompok prajurit. Salah satu dari prajurit tersebut dipanggil dengan sebutan The Winter Soldier, memiliki kekuatan yang hampir setara dengan Captain America.

Captain America - The Winter Soldier
Captain America – The Winter Soldier

Untungnya Nick Fury berhasil kabur dari kejaran para prajurit tersebut. Kemudian, setelah menyerang Nick Fury, The Winter Soldier gantian menyerang Captain America yang memiliki data operasi insight yang sebelumnya dimiliki oleh Nick Furry.

Sebuah fakta mengejutkan terkuak saat Captain America berhasil membuka topeng dan melihat wajah The Winter Soldier, yang ternyata merupakan sahabatnya Bucky saat masih menjadi tentara Amerika di tahun 1940-an. Namun sepertinya, Bucky kehilangan ingatannya yang membuatnya tidak mengenali Steve Rogers. Selain bertemu Bucky, Steve Rogers juga bertemu kekasihnya 70 tahun yang lalu, yakni Peggy Carter yang kini telah menua seperti manusia biasa pada umumnya.

11. Guardian of The Galaxy

Guardian of The Galxy merupakan sebuah kelompok super hero yang semua anggotanya berlatar belakang sebagai kriminal, berbanding terbalik dengan super hero pada umumnya.

Awalnya Peter Quill pernah tinggal di bumi sebelum dia diculik oleh bajak laut bernama Ravegers. 26 tahun kemudian, Peter mencuri salah satu artefak berharga di planet bernama Morag.

Guardian of The Galaxy
Guardian of The Galaxy

Artefak tersebut merupakan sebuah orb yang mengancam keseimbangan galaksi. Ronan, salah satu penjahat yang menginginkan orb tentu saja mengejar Peter.

Dalam pelariannya, Peter bertemu dengan sebuah kelompok aneh yang terdiri dari beberapa alien, yakni Gamora, Groot, Rocket, dan Drax Destroyer. Awalnya mereka sempat berselisih karena perebutan bola atau orb tersebut, namun akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja sama melindungi galaksi.

12. Guardian of The Galaxy Vol. 2

Guardian of The Galaxy melanjutkan perjalanan mereka untuk melindungi galaksi. Kali ini, mereka mendapatkan misi baru dari pemimpin ras Sovereign yakni Ayesha, untuk melindungi batere berharga planet Sovereign dari Abilisk yakni monster antar dimensi.

Mereka tentu saja berhasil menyelesaikan misinya dengan baik, dan mendapatkan imbalan Nebula, yakni saudari Gamora yang ditangkap saat pertempuran Xandar.

Guardian of The Galaxy Vol. 2
Guardian of The Galaxy Vol. 2

Namun, urusan mereka dengan Ayesha belum selesai sampai di situ. Akibat ulah Rocket yang mencuri beberapa batere milik ras Sovereign, Ayesha armada untuk menyerang kapal Guardian of The Galaxy.

Untungnya mereka berhasil diselamatkan oleh seseorang bernama Ego, yang juga mengaku sebagai ayah Peter Quill. Peter sendiri selama ini tidak pernah mengetahui ataupun mencoba mencari tahu mengenai ayah kandungnya.

Di film kedua Guardian of The Galaxy ini, akan mengungkapkan asal usul dari Star Lord alias Peter Quill.

13. Avengers: Age of Ultron

Tony Stark memiliki ketertarikan pada tongkat Loki dan meminta izin pada Thor untuk melakukan penelitian pada tongkat tersebut sebelum dikembalikan ke Asgard. Thor pun memberi izin.

Setelah melakukan penelitian pada tongkat itu, Tony Stark mengetahui bahwa ternyata tongkat Loki memiliki energi yang sangat besar, tidak hanya itu, tongkat Loki juga lebih canggih dari Jarvis yakni komputer super canggih miliknya.

Avengers - Age of Ultron
Avengers – Age of Ultron

Tony Stark pun memiliki ide untuk membuat robot super canggih bernama Ultron yang diprogram untuk menyelamatkan dunia. Idenya itu juga dia beritahukan kepada Bruce Banner.

Namun, Banner menolak idenya itu. Meskipun begitu, Tony Stark merealisasikan ide tersebut, dengan menghubungkan otak di tongkat Loki dan otak di komputer Jarvis.

Tetapi hal itu justru menjadi senjata makan tuan. Karena energi pada yang ada di tongkat Loki sangat besar kemudian menguasai otak Jarvis, sehingga sebagai hasilnya, Ultron berpikir bahwa bumi sedang berada dalam bahaya.

Ultron berencana untuk menyelamatkan bumi dengan membunuh penduduknya beserta menghancurkan The Avengers.

14. Ant Man

Scott Lang adalah seorang pencuri yang baru saja kembali menghirup udara bebas setelah dibebaskan dari penjara. Namun, karena dia sedang tidak memiliki pekerjaan, uang, ataupun rumah.

Dia menumpang di rumah Luis yang merupakan teman mantan satu selnya dulu saat di penjara. Luis menawarkan Scott Lang yang sedang gunda karena situasinya yang kurang baik untuk kembali melakukan pencurian.

Ant Man
Ant Man

Awalnya Scott Lang menolak tawaran temannya itu, tapi akhirnya dia menerima tawaran itu. Scott Lang pun memasuki rumah tersebut seorang diri, namun tidak menemukan barang berharga.

Dia mengambil sebuah pakaian seperti baju selam. Sampai di rumahnya, dia mencoba baju tersebut.

Dia pun berubah menjadi kecil seukuran semut. Scott Lang bertemu dengan Hank yang merupakan pencipta pakaian tersebut.

Hank meminta Scott Lang untuk menggagalkan rencana Daren yakni asistennya dulu yang sekarang merupakan pimpinan sebuah kelompok bernama Pym Technologies. Scott Lang pun berlatih untuk bertarung dan mengontrol semua.

15. Captain America: Civil War

Dikarenakan selama pertempuran yang melibatkan Avengers selalu menimbulkan kerusakan dan korban sipil, pihak PBB mengundang para Avengers ke Sokovia untuk menandatangani perjanjian Sokovia Accords yang berarti segala tindakan The Avengers akan diawasi oleh PBB.

Hal ini membuat The Avengers terbelah menjadi dua kubuh. Kubuh yang menyetujui perjanjian tersebut dan kubuh yang menolak perjanjian tersebut.

Captain America - Civil War
Captain America – Civil War

Sialnya, perpecahan dalam Avengers diketahui oleh seorang kolonel Sokovia yang memiliki dendam pada The Avengers yaitu Helmut Zemo.

Dikatakan Zemo kehilangan seluruh anggota keluarganya yang tewas saat The Avengers bertempur melawan Ultron di Sokovia.

Zemo pun bertekad untuk menghancurkan The Avengers. Dengan memanfaatkan Winter Soldier dengan mengendalikannya dan membuatnys melakukan kekacauan di Sokovia hingga menewaskan presiden Nigeria.

Setelah Winter Soldiel resmi menjadi buronan, hal itu tampaknya menambah konflik antara kubuh Captain America dan Iron Man.

Disaat Captain America dan super hero lainnya yang ada dipihaknya akan melakukan perjalan ke Siberia untuk menemukan Winter Soldier lainnya, Iron Man dan anggota super hero di pihaknya menghadang mereka atas perintah PBB untuk menangkap Winter Soldier. Pertarungan antara dua kubuh super hero pun tidak dapat terelakkan.

16. Spider-Man: Homecoming

Beberapa saat setelah pertempuran antara kedua kubu super hero selesai, Peter Parker di antar pulang oleh Tony Stark ke rumahnya di Queens, New York.

Tony Stark juga meninggalkan kostum Spider-Man buatannya untuk Peter dan memberitahunya untuk menggunakan kostum tersebut demi kebaikan.

Spider-Man - Homecoming
Spider-Man – Homecoming

Peter menerima kostum itu dengan harapan untuk dipanggil lagi ikut bertarung dengan para Avengers. Tapi tiga bulan berlalu, dia tidak mendapatkan panggilan apapun.

Selama tiga bulan itu, dia hanya menghabiskan waktunya sebagai remaja sma biasa. Selain itu, Peter juga membantu untuk menangkap penjahat – penjahat biasa, seperti perampokan biasa. Peter merasa bosan, dia ingin bertarung dengan super villain.

Dan benar saja keinginannya terkabul. Sekelompok perampok bank mucul di Queens dengan menggunakan senjata aneh berkekuatan super dan berbahaya.

Sesosok misterius dibalik sebuah kostum mengerikan seperti laba – laba bernama Vulture berada di balik semua itu.

17. Doctor Strange

Dr. Strange awalnya adalah seorang dokter bedah yang terampil dan berbakat. Namun akibat suatu kecelakaan yang dialaminya membuat kedua tangannya mengalami cedera parah.

Bagi dokter bedah termasuk Dr. Strange, kedua tangannya merupakan aset berharga. Dia pun berusaha melakukan banyak cara pengobatan agar dapat mengobati kedua tangannya hingga hampir menguras habis hartanya.

Doctor Strange
Doctor Strange

Setelah tidak memiliki apa – apa lagi, Dr. Strange memutuskan pergi ke Tibet untuk mencoba pengobatan alternatif. Tiba di Tibet, dia bertemu dengan Mordo yaitu salah satu murid yang mempelajari sihir dalam naungan The Ancient One.

Dari yang awalnya tidak mempercayai ilmu sihir, hingga mulai mempelajari ilmu sihir, membuat Dr. Strange menyadari bahwa The Ancient One bertugas untuk melindungi dunia astral berbeda dengan Avengers yang melindungi dunia secara fisik atau kasat mata. Selain belajar sihir selama di Tibet.

Dr. Strange juga berhasil menyebuhkan kedua tangannya. Suatu hari, salah seorang murid The Ancient One melakukan pemberontakan dan mengancam kedua belah dunia. Dr. Strange pun berusaha untuk menghentikannya.

18. Black Panther

Setelah kematian ayahnya saat pertarungan di Sokovia, T’Challa berhal mewarisi takhta sebagai raja baru Wakanda. Namun, saat prosesi pengangkatan T’Challa sebagai raja baru Wakanda, suku Jabari menolak pengangkatan tersebut.

M’Baku dari suku Jabari pun menantang T’Challa untuk melakukan duel dalam sebuah ritual memperebutkan mahkota raja.

Duel tersebut dimenangkan T’Challa dan membuatnya secara resmi mengambil alih takhta raja. Wakanda sendiri adalah sebuah negeri yang terbentuk dari sebuah mineral langka bernama Vibranium.

Black Panther
Black Panther

Negeri ini merupakan negeri yang memiliki teknologi paling mutakhir dan menjadikannya peradaban paling maju di muka bumi.

Tugas utama seorang Black Panther yakni T’Challa merupakan menjaga negeri Wakanda dari campur tangan pihak luar.

Di sisi lain, dua orang penjahat mencuri artefak milik Wakanda yang disimpan di museum dan membawanya ke Busan untuk menjualnya kepada agen CIA. T’Challa dan pasukannya pun mengejar kedua orang itu ke Busan untuk mengambil kembali artefak milik kaumnya.

19. Thor: Ragnarok

Dua tahun setelah pertarungannya dengan para Avengers di Sokovia, Thor kini dipenjara oleh Surtur di Muspelheim tanpa palunya.

Dia bergegas kembali ke Asgard untuk menghentikan Ragnarok yang mengancam kehancuran Asgard dan juga dunia.

Saat sampai di Asgard, Thor mendapati Loki yang menyamar menjadi Odin, sedangkan Odin yang asli dibuang oleh Loki di Bumi.

Thor - Ragnarok
Thor – Ragnarok

Kemudian seorang dewi kematian bernama Hela datang menyerang dan ingin menguasai Asgard. Hela sendiri merupakan anak pertama Odin, yang dipenjarankan oleh Odin karena terlalu ambisisius. Hal itulah yang membuat Hela datang untuk membalaskan dendamnya di masa lalu.

Dia juga menghancurkan palu milik Thor saat Thor berusaha melawannya. Kemudian Thor terdampar di sebuah planet antah berantah bernama Sakaar. Di sana dia dipaksa untuk bertarung sebagai gladiator oleh Grandmaster.

Dan lawannya adalah salah satu rekannya di Avengers yaitu Hulk. Tapi Hulk tidak mengingatnya dan justru berusaha menyerangnya. Sedangkan adiknya Loki, menikmati pertarungan kakaknya dengan Hulk.

Setelah pertandingan itu, Thor masih berusaha menyakinkan Hulk dan mengajaknya untuk melarikan diri menuju Asgard untuk mengehentikan saudarinya Hela.

20. Avengers: Infinity War

Thanos berencana untuk mengumpulkan seluruh infinity stone yang tersebar di seluruh belahan galaksi.

Setiap batu memiliki kekuatannya sendiri dan tidak sembarang orang yang dapat memegang apalagi menggunakannya.

Alasan Thanos mengumpulkan batu – batu itu adalah untuk menghilangkan separuh dari populasi semesta yang menurutnya akan membuat kehidupan lebih baik.

Avengers - Infinity War
Avengers – Infinity War

Aksi Thanos tersebut diketahui oleh Bruce Bannerdan Thor, sehingga mereka memutuskan untuk memberi tahu super hero lainnya. Bruce Banner pun kembali ke Bumi dan membawa kabar tersebut kepada Tony Stark, Doctor Strange, dan Wong.

Namun, Thanos sudah muncul lebih dulu sebelum para super hero itu bertindak lebih jauh. Tony Stark dan Doctor Strange memutuskan untuk menyelinap ke dalam kapal luar angkasa milik Thanos. Tapi Peter Parker ternyata ikut terbawa oleh mereka.

Di lain pihak, Thor diselamatkan oleh Guardian of The Galaxy dan meminta untuk membawanya ke planet lain untuk mendapatkan kembali palunya.

Di saat yang hampir bersamaan, ternyata anak buah Thanos mengincar salah satu infinity stone yang ada di tubuh Vision.

Scarlet Witch yang menyadari hal itupun, lantas meminta bantuan kepada Steve Rogers untuk membantunya. Steve Rogers pun membawa mereka ke Wakanda, dan di sanalah mereka mulai menyusun rencana untuk menghadapi perang besar melawan Thanos.

21. Ant Man: The Wasp

Setelah 2 tahun sejak pertarungan di Skolovia dengan para super hero lainnya, kini Scott Lang harus rela menjadi tahanan rumah karena telah melanggar perjanjian Skovia.

Dia hanya menghabiskan akhir pekannya bersama anak perempuannya Cassie. Di film ini lebih fokus kepada sosok ilmuan Hank Pym dan putrinya Hope yang kini menjadi buronan FBI.

Hank Pym tengah mengembangkan sebuah alat untuk dapat menyelamatkan istrinya yang terjebak di dimensi misterius bernama Quantum Realm.

Ant Man - The Wasp
Ant Man – The Wasp

Untuk melakukan penyelamatan itu, mereka membutuhkan bantuan Scott Lang. Di saat itulah, Scott Lang berhadapan dengan Hope yang saat ini menjadi The Wasp.

Mereka berdua akan bekerjasama untuk melakukan misi penyelamatan terhadap Janet Van Dayne, istri Hank Pym. Namun, misi tersebut di hampir dikacaukan oleh The Ghost yang dapat menembus benda apapun yang disentuhnya.

22. Avengers: End Game

Setelah 5 tahun berlalu sejak kekalah perang melawan Thanos yang menghilangkan hampir sebagian dari populasi semesta, kini beberapa orang dan super hero yang tersisa mulai menerima hal itu dan menjalani hidup baru mereka.

Namun Scott Lang yang mucul setelah terjebak di alam kuantum, memberikan sebuah ide gila kepada para super hero.

Para super hero pun kembali bangkit dan menyusun rencana untuk menghadapi Thanos dan mengembalikan setengah populasi yang hilang akibat jentikan jari Thanos.

Avengers - End Game
Avengers – End Game

Menggunakan Quantum Realm, para super hero berencana kembali ke masa lalu dan mengumpulkan semua infinituy stone. Tentu saja saat mengumpulkan para super hero yang tersisa tidak mudah.

Seperti Thor, yang selama 5 tahun ini mengalami kegemukan akibat bermalas – malasan dan mengurung diri di perkampungan baru bangsa Asgard.

Film Avengers: End Game, merupakan film Avengers yang paling membuat penonton merasa tenggelam dalam kisahnya. Belum lagi, beberapa super hero gugur dalam perang terakhir mereka melawan Thanos, termasuk Iron Man.

23. Spider-Man: Far From Home

Setelah bertarung dengan The Avengers, Peter Parker berencana untuk beristirahat sejenak dari aktifitas super heronya. Dia mengikuti tur bersama teman – temannya ke Eropa.

Dalam perjalanannya, Peter berharap dapat menyatakan perasaannya kepada pujaan hatinya MJ. Sayangya kemunculan Nick Furry merusak rencananya sekaligus kegiatan berliburnya. Nick Furry meminta tolong kepada Peter untuk memnbantunya melawan super villain baru.

Spider-Man - Far From Home
Spider-Man – Far From Home

Karena hanya peter-lah anggota Avengers terdekat yang dapat dihubungi. Kali ini Spide-Man harus menghadapi lawan baru bernama Mysterio.

Mysterio memiliki kemampuan teknologi yang canggih yang cukup membuat Spidey kesulitan mengalahkannya. Namun dengan menggunakan Spider Sense yang dia miliki, dia dapat menghindari serangan – serangan milik Mysterio dan menyerang balik penjahat super itu.

Namun, masalah lain sedang menunggu Peter setelah berhasil mengalahkan Mysterio. Nah itulah urutan film Marvel Cinematic Universe berdasarkan timelinenya.

Tapi kalau gak mau repot, saya sarankan menontonnya berdasarkan tanggal rilisnya aja. Apalagi, di setiap post credit di setiap akhir film mungkin akan berhubungan sama film selanjutnya. Jadi setiap film akan tetap saling berhubungan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.