PC & Laptop

Dari Faktor Apa Saja yang Membedakan HDD dengan SSD?

Media-media penyimpanan pada laptop mau pun komputer yang kita kenal selama ini seperti disket, flashdisk, HDD, sampai SSD. Ukuran kapasitas penyimpanannya bervariasi sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu masing-masing. Kalau suka menyimpan banyak data, kamu bisa memilih yang berkapasitas besar.

Tapi, dari semua media penyimpanan yang ada, masih banyak orang yang salah menanggapi HDD dengan SSD. Keduanya jelas memiliki perbedaan meski fungsinya sama, yaitu sebagai alat penyimpanan data.

Buat kamu yang masih kurang paham dengan perbedaannya, baca dulu perbedaan HDD dan SSD dari berbagai faktor di bawah ini.

1. Bentuk dan Berat

Di lihat dari bentuknya, HDD mempunyai bentuk yang lebih tebal dibandingkan SSD. Sedangkan SSD bentuknya lebih tipis dan kecil, sehingga beratnya lebih ringan.

Karena bentuknya itu, penggunaannya juga berbeda. Untuk HDD pada umumnya terpasang di laptop konvesional yang tebal, sedangkan SSD dipasang pada ultrabook atau laptop yang berukuran tipis.

2. Komponen

Dari komponennya pun terlihat berbeda saat kamu melihatnya langsung. Komponen yang dipakai pada HDD berbentuk seperti piringan metal, sedangkan komponen SSD berbentuk PCB yang mirip dengan RAM.

Dari komponen yang mereka gunakan itulah bisa mempengaruhi ketahanannya. SSD bersifat tahan banting karena pada perangkatnya tidak ada sama sekali sistem penggerak pendukungnya. Berbeda dengan HDD yang gampang rusak dan mengakibatkan data hilang.

3. Kecepatan

Dari kecepatannya juga jelas berbeda. SSD yang berasal dari hasil pengembangan RAM, tentu memiliki kinerja membaca sistem dengan lebih cepat daripada HDD. Kamu yang memiliki memori SSD tidak usah lagi melakukan defrag karena pasti akan terus stabil kecepatannya.

4. Harga

Yang terakhir adalah soal harganya. Karena SSD menggunakan teknologi yang lebih baru dan hasil pengembangan dari RAM, tentu keunggulannya lebih banyak daripada HDD, seperti kinerjanya yang lebih cepat dan bentuknya yang lebih ramping.

Keunggulan itulah yang membuat harga SSD lebih mahal daripada HDD. Kamu harus mengeluarkan budget lebih untuk membelinya karena harganya berdasarkan besaran kapasitas yang kamu mau.

Dari penjelasan perbedaan itu, kamu sudah tidak tertukar lagi antara HDD dengan SSD, kan? Kamu yang mau performa membaca datanya lebih cepat, gunakanlah SSD. Tapi, jangan lupa siapkan anggaran lebih karena harganya yang lebih mahal dari HDD.

Tags

Juan Pablo

hijo de puta!
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker