Tech News

Inikah Manfaat Domain untuk Bisnis ?

Revolusi industri 4.0 menuntut para pebisnis untuk mengerti dunia digital maupun teknologi informasi serta komunikasi. Sehingga mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Salah satu media yang digunakan untuk membangun bisnis masa kini adalah website.

Dalam membangun website yang bertujuan untuk berjualan produk ataupun jasa, maka harus  menentukan nama website terlebih dahulu. Nama website lebih dikenal dengan istilah domain, sebaiknya dirangkai sesuai dengan bisnis yang tengah digarap.

Pengaruh Domain Terhadap Niche

Beberapa pakar SEO hingga digital marketing mengemukakan bahwa domain dalam sebuah situs bisnis harus mengandung visi bisnis. Domain dapat dikatakan sebagai cerminan bisnis masa depan.

Apabila penamaannya bagus dan bermakna sesuai dengan bisnis maka berpeluang mendapatkan pelanggan lebih terbuka. Intinya domain dalam memproyeksikan kesuksesan bisnis, jangan lupa pilihlah nama domain yang ideal.

Sementara, bagi kamu yang berbisnis jasa dapat membuat nama domain sesuai dengan niche atau topik.

Domain Untuk Membangun Brand Awareness

Domain dapat dikatakan sebagai nama toko kamu. Oleh karena itu sangat relevan untuk membangun merek di pasaran. Pelanggan cenderung menghapal nama domain yang menarik dan unik.

Melakukan Branding dengan Domain
Melakukan Branding dengan Domain

Brand awareness tidak dapat dibangun dalam satu malam saja. Kamu bisa menarik pelanggan dengan membuat konten yang menarik untuk situs bisnis mu. Nama domain yang ideal serta mudah dihapalkan mengandung 2 hingga 3 kata.

Apabila nama domain terlalu panjang justru menyusahkan pengunjung untuk mengetiknya pada browser. Selain itu, sulit pula untuk dihapalkan pelanggan.

Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Kini banyak anak muda yang mendalami dunia digital seperti website developer. Ternyata beberapa diantara mereka bertanya-tanya dan masih bingung mengenai kinerjanya. Bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan domain dalam bisnis.

Beberapa peran domain utamanya dalam bisnis antara lain:

  • Memberi Kesan Pertama
  • Menggambarkan Merek
  • Mengoptimalkan SEO

Adapun ulasan dari manfaat domain bagi bisnis dijabarkan lebih rinci lagi dibawah ini.

#1 Memberi Kesan Pertama

Hal pertama yang dilihat calon pelanggan adalah domain atau URL. Bisa dikatakan sebagai interaksi awal calon pelanggan atau pengunjung dengan suatu merek. Tidak heran banyak pemilik bisnis memberi nama domain yang mudah diingat pada pikiran pelanggan tetapi juga unik.

lomba blog rumahweb
Lomba Blog RumahWeb

Jangan biarkan pengunjung website kamu pusing dan malas mengingat nama domain. Jika penamaan domain apik sejak awal tentu memberikan kesan istimewa bagi para pengunjung website.

#2 Menggambarkan Merek

Menggambarkan Merk
Menggambarkan Merk

Secara langsung nama domain mewakili dan memberikan gambaran terhadap merek. Secara tersirat menjadi informasi bagi calon pelanggan untuk menebak barang yang kamu jual. Penamaan domain yang baik dan tidak melanggar kaidah umum akan memberikan gambaran produk yang baik pula.

#3 Mengoptimalkan SEO

Setelah mendapat nama domain yang tepat dengan produk, maka manfaatkan nama domain menjadi senjata SEO atau search engine optimization. Caranya dengan menggunakan kata kunci relevan terhadap nama domain.

Mengoptimalkan SEO
Mengoptimalkan SEO

Kata kunci tidak dapat asal tebak, perlu melewati riset kata kunci terlebih dahulu. Sekarang lebih mudah melakukan riset melalui website ataupun aplikasi riset kata kunci. Misalnya riset melalui keywordtools.co.

Langkah-Langkah Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Bagi para pebisnis milineal ataupun internet marketer harus paham bagaimana langkah memanfaatkan domain untuk bisnis.

1. Pilih Domain(dot)com Agar Lebih Profesional

Hampir 95% pemilik website bisnis menamakan tokonya dengan Domain(dot)com. Adapun alasannya karena penggunaan domain(dot)com hingga kini masih populer. Selain itu, sangat mudah mendaftar berbagai promosi dan iklan karena bersifat profesional.

2. Nama Domain Pendek dan Mudah Diingat Calon Pelanggan

Cara ‘smart’ para pebisnis dalam branding produk sejak awal yakni memilih nama domain pendek. Nama yang pendek mudah diingat dan membuat optimasi SEO lebih mudah. Adapun beberapa keuntungan dari penggunaan nama domain pendek, yaitu:

  • Mudah dibaca oleh mesin pencari (Google Chrome, Yahoo!, Bing, hingga Mozila Firefox),
  • Mudah diingat oleh manusia,
  • Bisnis menjadi lebih berkelas, apabila nama yang terlalu panjang justru jauh dari kata maestro,
  • Sebagai upaya peningkatan popularitas bisnis karena nama domain pendek lebih eksklusif dan premium,

3. Pilih Nama Domain Mewakili Produk Atau Jasa

Nama domain wajib menggambarkan produk atau jasa. Contohnya Carissa memiliki usaha menjual peralatan salon. Ciri khas peralatan salon yang dijual adalah bentuknya lebih minimalis dan merupakan impor dari China.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Karsina semakin maju dan memiliki banyak pelanggan. Akhirnya, dia memutuskan untuk membuka bisnis online penjualan peralatan salon dengan memanfaatkan website.

Carissa pun akhirnya menamai bisnisnya yaitu www.salonminimalis.com. Tidak hanya itu, website milik Carissa juga diisi dengan berbagai konten relevan dengan peralatan salon. Ia juga memposting di website berbagai testimoni dari pelanggan yang telah didapatkannya.

Cara Carissa ini layak ditiru karena ia memanfaatkan domain menjadi ujung tombak bisnisnya. Domain yang digunakan dapat menggambarkan produk, alhasil profesionalitas bisnis peralatan salonnya lebih dipercaya oleh masyarakat atau pengunjung internet.

Manfaatkan Domain Lebih Maksimal

Pemanfaatan domain harus maksimal bagi pemeliharaan suatu bisnis harusnya dilakukan sejak tahap pembuatan website. Kamu bisa menggunakan jasa website builder agar tampilan toko website lebih tertata dan memiliki navigasi yang tidak lemot.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas website builder. Rumahweb merupakan salah satu penyedia domain dan hosting murah yang menyediakan fasilitas tersebut.

Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh ditinggalkan bagi semua bisnis adalah memiliki alamat email sendiri. Dimana penamaan alamat email harus sesuai dengan nama domain atau website.

Kamu juga bisa memanfaatkan laman sosial media sebagai homepage menuju ke website. Hindari membuat nama domain yang terkesan menjiplak dari bisnis kompetitor. Pasalnya, selain dinilai  kurang kreatif juga bisa menurunkan prestise bisnis yang tengah dibangun.

Kesimpulan

Rangkaian redaksi diatas memberikan gambaran betapa penting dan berpengaruh suatu domain dalam pengembangan bisnis. Dapat dikatakan domain seolah-olah menjadi ujung tombak dalam menciptakan branding awareness agar membekas dihati pelanggan. Penamaan domain yang ideal harus mengandung visi bisnis.

Dari sini dapat diproyeksikan bagaimana pertumbuhan bisnis per periode tertentu. Meski sebagian pebisnis menganggap domain itu simple, tetapi profesionalitas dapat direpresentatifkan. Mesin pencarian populer sekelas Google hingga Yahoo! pun lebih menyukai domain yang ideal dengan 2 hingga 3 kata. Ayo gunakan domain dengan ‘smart’ bagi bisnis di era industri 4.0 ini.

 

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.

Tuliskan Komentar

avatar
500
  Subscribe  
Notify of
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker