Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

Ternyata Ini Kegunaan Postcard dan Ukurannya

Diskon Shopee

Tahukah kamu ukuran postcard memiliki standarnya tersendiri. Hal ini cukup mudah dihapal oleh pecinta postcard. Orang-orang menyebutkan postcard sebagai kartu pos dengan bentuk kartu yang biasanya dikirim melalui pos.
Umumnya postcard berisi pesan singkat, memang bukan rahasia umum lagi tetapi isinya rahasia.

Pasalnya dikirimkan untuk orang spesial pada acara tertentu saja. Kartu pos inilah menjadi media mutakhir menyampaikan pesan.

Kebiasaan Orang Amerika

Beda negara ternyata berbeda pula tarifnya. Seperti halnya hampir seluruh penjuru Amerika, ada aturan jika orang ingin mengirim kartu post wajib memenuhi standardnya. Jika tidak sesuai ukuran standard bersiaplah dikenai charge berupa nominal tertentu.

PostCard America
PostCard America

Aturan pengiriman postcard standard ini rupanya ditetapkan dari perusahaan pos pemerintah Amerika lansung. Memang lebih banyak warga Amerika yang melanggar aturan ini karena ukurannya tidak sesuai standard kartu pos.
Faktanya tidak hanya warga dari Negeri Paman Sam saja yang gemar mengirim ukuran postcard yang salah.

Sebagian besar pembuatnya merilis berbagai macam kartu pos yang ukurannya berbeda pula. Disamping itu, rata-rata orang memang kurang memahami ukuran kartu pos standar loh!

Ukuran Postcard Standar

Ternyata berbagai macam alasan melatarbelakangi pembuatan kartu pos dengan ukuran berbeda. Apalagi yang tidak memenuhi standar karena anggapan produk ini unik. Jadi, suka-suka pelanggan memilih kartu pos yang menarik dan tidak sesuai ukuran.

Macam-macam ukuran postcard
Macam-macam ukuran postcard

Postcard juga dinilai sebagai salah satu produk yang eksklusif. Walaupun dibuat dengan berbagai ukuran, peminatnya tidak pernah berkurang. Contohnya ukuran postcard 4,3 inci x 6 inci, berbeda dengan standardnya tetapi laris terjual.

Di Indonesia sendiri tidak begitu diperhatikan ukuran standardnya. Hanya saja bermotif khas Indonesia seperti wayang dan rumah adat.

Postcard Dalam Dunia Fotografi

Seperti itulah postcard dalam dunia pos, berbeda dengan postcard pada dunia fotografi. Postcard tersebut dijadikan sebagai ukuran foto yang bisa kamu print sendiri dirumah. Kamu harus tahu terlebih dahulu ukuran foto yang ingin dicetak.

Macam-macam ukuran postcard
Macam-macam ukuran postcard

Misalnya foto postcard berukuran 3R yang dikonversikan menjadi 8,9 cm x 12,7 cm atau dalam satuan inci 3,5 inch x 5 inch. Ukuran postcard ini dapat kamu ubah melalui aplikasi seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Manfaat Postcard Sebagai Media Branding

Postcard tidak hanya dimanfaatkan sebagai kartu pos biasa dan foto. Banyak pebisnis memanfaatkan sebagai mempromosikan brandnya. Artinya, bisa mewujudkan personal branding sendiri. Selain itu, disinyalir mampu meningkatkan pelanggan potenial. Postcard sebagai media branding dinilai sebagai alternatif bagus.

Mungkin beberapa orang menganggapnya kuno. Tetapi 4 keunggulan postcard membuatnya ideal dijadikan media branding.

1. Mudah Disimpan

Alasan pertama adalah ukuran postcard sangat ideal. Terutama disimpan oleh penerimanya. Bisa juga dijadikan hiasan kulkas maupun lemari. Apabila kamu ingin memberikannya kepada pelanggan, dapat membuat dengan ukuran lebih besar. Jangan lupa tambahkan desain logo brand kamu. Supaya diingat terus oleh para pelanggan ketika melihatnya.

2. Menyediakan Lebih dari Satu Informasi

Postcard juga dapat dimanfaatkan dalam memberikan informasi. Terkait dengan bidang usaha yang digeluti. Misalnya, fitur, kupon, dan kelebihan produk. Waktu membuatnya, bisa diselipkan berbagai jenis promosi bulanan. Jadi, calon pelanggan akan lebih tertarik.

Manfaatkan kreatifitas dengan membuat ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan. Diselipkan ke dalam hadiahnya, mereka tentunya akan merasa dapat hadiah khusus di hari spesial. Setelah rasa dihargai muncul, akan merangsang loyalitas untuk membeli produk mu.

3. Kesan Personal Touch

Beberapa online shop berinisiatif mengirimkan produk sekaligus ucapan terimakasih kepada pelanggan. Postcard lebih dipilih, baik itu melalui email ataupun berupa secarik postcard dengan ukuran standard. Hal ini penting karena mereka merasa terjanjung dan dihargai. Untuk postcard eletronik melalui email harap dipertimbangkan. Pasalnya, terkadang hanya berakhir dikotak spam saja.

4. Proses Mencetak Mudah dan Cepat

Postcard sebagai media promosi tergolong mudah dan efektif. Tampak dari proses mencetaknya. Kamu cukup bermodalkan laptop untuk desain, ukuran postcard, printer, dan kertas tebal. Tidak sampai hitungan hari, postcard bisa langsung dicetak dan dikirimkan pada pelanggan.

Akhir Kata

Nah, seperti diatas penjelasan macam-macam postcard, ukuran postcard standar, dan lainnya. Pada era modern pun banyak orang menyukai sentuhan kuno, karena lebih kreatif dan menarik. Kamu juga dapat membuat desain dan ukuran postcard yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.