Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Mudah 2 WhatsApp Dalam 1 HP

Di era serba digital seperti sekarang ini, mengirim pesan ke pacar, sahabat, maupun keluarga dapat melalui banyak aplikasi dengan berbagai cara pula. Kita tidak lagi terpaku pada pesan singkat berbasis pulsa, seperti fitur SMS.

Adanya kemajuan teknologi dan semakin kreatifnya para developer memungkinkan kita untuk mengirim pesan tidak hanya dengan teks, namun dapat disertai stiker, pesan suara, foto hingga video.

LINE, WhatsApp, Kakao Talk, Telegram, dan WeChat, merupakan beberapa contoh aplikasi bertukar pesan yang umum digunakan masyarakat saat ini. Aplikasi-aplikasi tersebut disertai dengan banyak keunggulan fitur yang membantu kegiatan sehari-hari para pengguna nya dalam berbagi kabar.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi bertukar pesan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dengan tampilan dan keunggulan aplikasi yang setara dengan BlackBerry Messenger, WhatsApp mampu menarik minat para pengguna ponsel pintar untuk memasangnya pada perangkat mereka.

Aplikasi yang rilis perdana pada tahun 2009 ini telah diunduh setidaknya oleh 5.000.000.000 pengguna, berdasarkan data dari Play Store. WhatsApp memungkinkan Anda untuk membukanya melalui laman website dengan bantuan pindai QR Code yang kemudian dapat digunakan pada perangkat PC atau laptop Anda.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
2 WhatsApp dalam 1 HP
2 WhatsApp dalam 1 HP

WhatsApp sendiri resmi diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014. Adanya akuisisi ini memberi fitur lebih pada aplikasi berlogo hijau ini, dimana para penggunanya dapat mengunggah story sama seperti pada aplikasi Instagram dan Facebook.

Untuk para pembaca yang menjadi pebisnis atau memiliki mobilitas komunikasi yang tinggi, tentu sering kerepotan untuk memisahkan kepentingan bisnis dengan kepentingan pribadi dalam membalas pesan WhatsApp. Hal ini memunculkan adanya keleluasaan pengguna untuk dapat menggunakan dua aplikasi WhatsApp dalam satu perangkat ponsel.

Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan cara membuat 2 whatsapp dalam 1 HP secara lengkap di bawah ini!

Cara Membuat 2 Whatsapp dalam 1 HP

1. Menggunakan Dual Apps

Ponsel pintar keluaran terbaru sekarang ini memungkinkan penggunanya untuk dapat memiliki dua akun dalam satu aplikasi yang sama.

2 Akun WhatsApp dengan Dual Apps
2 Akun WhatsApp dengan Dual Apps

Hal ini tentu sangat memberi kemudahan untuk mereka yang memiliki mobilitas komunikasi tinggi namun harus dapat memisahkan kepentingan pribadi dengan kepentingan pekerjaan atau pendidikan.

Untuk tutorial kali ini, kami mengambil contoh menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 4X. Bagi para pembaca dengan ponsel yang serupa, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi ganda:

  • Pertama, buka menu Settings atau Pengaturan dalam ponsel Anda.
  • Kemudian, cari menu Aplikasi Ganda yang terdapat dalam bar menu paling akhir di bagian sub-menu.
  • Kemudian, klik fitur tersebut.
  • Akan muncul pilihan aplikasi mana saja yang dapat Anda gunakan sebagai aplikasi ganda.
  • Biasanya, aplikasi messenger akan berada pada urutan paling atas.
  • Kemudian, klik atau geser slide hingga berubah warna menjadi biru.
  • Anda akan mendapat pop up pemberitahuan persetujuan menggunakan aplikasi ganda pada aplikasi WhatsApp Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada pemasangan atau install aplikasi baru seperti pada umumnya.
  • Sistem akan meminta nomor ponsel aktif lainnya untuk dijadikan nomor aktif perangkat WhatsApp kedua Anda nantinya.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

 Bagi para pembaca yang tidak memiliki fitur aplikasi ganda pada ponselnya, jangan khawatir. Anda juga dapat membuat dua aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel pintar Anda menggunakan bantuan aplikasi lain sebagai perantara.

Di Google Play Store, terdapat beberapa aplikasi pembantu yang dapat digunakan untuk membuat dua aplikasi WhatsApp Anda, diantaranya:

1) Dual Space

Aplikasi Dual Space
Aplikasi Dual Space

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan sebagai aplikasi membantu. Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu mengunduh aplikasi ini pada ponsel Anda. Dual Space dapat mudah ditemukan pada Google Play Store.

    1. Unduh dan pasang aplikasi Dual Space tersebut pada ponsel Anda.
    2. Pastikan aplikasi telah terunduh sempurna agar dapat digunakan dengan optimal, ya.
    3. Buka aplikasi Dual Space yang telah terpasang.
    4. Anda akan dapat langsung membuat aplikasi ganda dengan men-klik aplikasi WhatsApp.
    5. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan registrasi WhatsApp pada umumnya, dan voila!
    6. Anda telah berhasil membuat aplikasi ganda!

Terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan sebelum mengunduh aplikasi Dual Space, antara lain:

    • Android minimum : 4.0.3
    • Ukuran : 5.1 MB

2) Parallel Space

Aplikasi Parallel Space
Aplikasi Parallel Space

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Parallel Space juga cukup mudah diakses dan digunakan sebagai aplikasi pembantu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

    1. Unduh aplikasi Parallel Space pada ponsel Anda.
    2. Lalu buka aplikasi setelah terunduh sempurna.
    3. Klik ikon WhatsApp yang ada.
    4. Anda akan dibawa pada langkah-langkah memasang atau instalasi aplikasi seperti biasa.
    5. Pastikan Anda memakai nomor yang berbeda pada aplikasi kedua WhatsApp Anda.

Catatan, untuk para pembaca yang ternyata memiliki ponsel dengan 64bit, maka Anda harus memasang aplikasi tambahan yakni Parallel Space 64Bit Support. Jika Anda belum mengetahui jenis processor smartphone, silahkan kunjungi tutorial cara cek processor smartphone android.

Terdapat beberapa aspek yang dapat Anda perhatikan sebelum benar-benar mengunduh dan memasang aplikasi Parallel Space pada ponsel, yaitu:

    • Android minimum : 4.0.3
    • Ukuran : 8.4 MB

Bagaimana, sangat mudah dan cepat bukan?

Anda tidak harus memiliki dua aplikasi yang sama pada ponsel pintar Anda kalau sekiranya tidak memerlukan pembedaan komunikasi untuk kepentingan pribadi dengan kepentingan pekerjaan atau pendidikan Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian, ya!

Puspita Diadema

Saya lulusan Universitas Airlangga Surabaya, menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tertarik dengan bidang penulisan, teknologi, kuliner dan musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.