Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Membuat Email Yahoo

Para pembaca sekalian mungkin sangat familiar dengan layanan Google Mail atau disingkat menjadi Gmail, bukan?
Google secara tidak langsung telah memonopoli hampir semua. Sistem bawaan ponsel pintar berbasis Android, hampir semua fasilitas telah berbasis Google. Seperti akun Gmail yang terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Google Play Store, YouTube, Google Drive, dan lain-lain.

Bagi yang baru mengenal ponsel pintar, mungkin sedikit asing dengan Yahoo. Apa itu Yahoo?

Yahoo Inc. merupakan perusahaan internet multinasional. Perusahaan ini berpusat di California, Amerika Serikat. Yahoo sendiri terkenal dengan berbagai produk yang hampir sama dengan milik Google. Seperti Yahoo! Search sebagai mesin pencari, portal website, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Mail, dan lain-lain.

Logo Yahoo
Logo Yahoo

Di tengah monopoli Google, masih banyak pengguna internet yang masih tertarik menggunakan layanan Yahoo, seperti Yahoo Mail. Terlebih untuk mereka yang telah mengenal internet sejak zaman 2000-an.

Artikel kali ini akan membahas langkah-langkah membuat Yahoo! Mail yang mudah dan cepat untuk para pembaca sekalian. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1) Cara Mendaftar melalui Ponsel

Cara Membuat Email Yahoo Lewat Ponsel
Cara Membuat Email Yahoo Lewat Ponsel

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mendaftar Yahoo Mail melalui ponsel pintar. Antara lain:

    • Pertama, unduh aplikasi Yahoo Mail pada Play Store maupun Apple Store ponsel Anda. Pastikan aplikasi telah terunduh sempurna sebelum digunakan.
    • Setelah selesai terunduh, buka aplikasi. Di halaman utama, Anda akan diberi tawaran masuk ke Yahoo Mail melalui akun Google, Aol., dan Ms. Outlook. Karena kita akan mendaftar manual, pilih ‘Masuk dengan Yahoo’ lalu ‘Buat Akun’.
    • Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi nama depan dan nama belakang, alamat email yang diinginkan. Anda dapat mengisinya sesuai kebutuhan, ya.
    • Kemudian, mengisi password. Pastikan Anda mengisi password dengan kombinasi angka dan huruf untuk memperkuat akun nantinya. Serta, simpan password pada notes ponsel agar mudah diingat.
    • Anda juga diminta mengisi nomor ponsel. Ketik dimulai dari nomor kedua dari nomor ponsel Anda.
    • Lalu, isikan tanggal, bulan dan tahun lahir Anda beserta jenis kelamin, Disini, pihak Yahoo tidak memaksa Anda untuk mengisikan jenis kelamin atau bersifat opsional. Setelah lengkap, klik ‘Lanjutkan’.
    • Pihak Yahoo akan mengirim 5 digit kombinasi angka konfirmasi yang dapat diisikan pada panel yang tersedia.
    • Setelah dinyatakan sukses membuat akun Yahoo Mail, Anda dapat memodifikasi tampilan akun email Anda. Seperti menyesuaikan warna tema tampilan. Juga terdapat mode kekinian, yakni dark mode yang dapat Anda gunakan sebagai tema default.
      Memilih Tema Email Yahoo
      Memilih Tema Email Yahoo
    • Setelah memodifikasi tampilan, Anda akan diberi tawaran untuk menambahkan akun Gmail, Outlook, AOL maupun akun Yahoo yang telah Anda miliki pada aplikasi ini.
    • Dan voila! Anda telah sukses membuat satu akun Yahoo Mail atau email Yahoo!

Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana mendaftar email Yahoo melalui laman website. Yuk, simak langkah-langkah selanjutnya!

2) Cara Mendaftar melalui PC atau Laptop

Cara Membuat Email Yahoo Lewat Laptop
Cara Membuat Email Yahoo Lewat Laptop

Mendaftar email Yahoo juga dapat dilakukan melalui browser dari perangkat PC ataupun laptop, untuk Anda yang enggan mengunduh dan memasang aplikasi Yahoo Mail pada ponsel.

Berikut langkah-langkah mendaftarnya:

    • Buka laman browser pada PC atau laptop Anda. Seperti Chrome, Mozilla Firefox maupun UC Browser.
    • Lalu, buka tautan pendaftaran berikut https://login.yahoo.com/account/create
    • Isikan nama depan dan nama belakang sesuai keinginan para pembaca sekalian. Lalu, masukkan alamat email yang diinginkan. Pihak Yahoo juga memberikan beberapa kombinasi nama berdasarkan nama depan dan nama belakang yang telah Anda masukkan.
      Form Pendaftaran Email Yahoo
      Form Pendaftaran Email Yahoo
    • Selanjutnya, isi password dengan kombinasi angka dan huruf yang kuat dan mudah untuk diingat.
    • Isikan juga nomor ponsel Anda pada panel yang tersedia. Pastikan nomor tersebut adalah nomor yang sedang aktif Anda gunakan, ya. Yahoo akan mengirim pesan singkat atau SMS berisi kombinasi angka konfirmasi yang dapat dimasukkan pada panel yang tersedia.
    • Jangan lupa menyertakan tanggal, bulan dan tahun lahir Anda pada panel yang tersedia, ya.
    • Pengisian jenis kelamin pada Yahoo Mail bersifat opsional atau tidak harus diisi jika Anda tidak berkenan membagikan informasi.
    • Setelah selesai semua, klik opsi ‘Lanjutkan’.
    • Dan, selesai! Anda telah berhasil membuat Yahoo Mail atau akun email Yahoo yang Anda butuhkan! Sangat mudah dan cepat, kan?

Baik Yahoo ataupun Google memiliki sistem keamanan yang sangat baik demi menjaga identitas para penggunanya. Jadi, jangan khawatir untuk mendaftarkan akun email Anda pada kedua pihak tersebut, ya!

Semoga penjelasan pada artikel kali ini dapat membantu para pembaca sekalian!

Puspita Diadema

Saya lulusan Universitas Airlangga Surabaya, menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tertarik dengan bidang penulisan, teknologi, kuliner dan musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.