Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Aplikasi

Discord : Apa itu, Fungsi dan Cara Kerjanya

Saat ini sudah banyak sekali orang yang bermain game. Mereka yang bermain game tidak terbatas usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekali pun bahkan ada yang masih hobi bermain game.

Bagi orang-orang yang sudah menjadikan game sebagai hobinya mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Discord.  Discord merupakan sebuah layanan obrolan baik dalam bentuk teks, gambar, maupun VoIP.

Discord menyediakan berbagai fitur unik yang pastinya akan menarik siapa saja untuk menggunakannya. Lalu seperti apa cara kerja Discord ?

Apakah Discord hanya digunakan untuk para gamer saja? Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya kepada Anda.

Apa itu Discord ?

Penjelasan pertama akan kita mulai dengan membahas definisi atau pengertian dari Discord. Discord merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses obrolan.

Jika diperhatikan aplikasi ini memang hampir sama dengan Skype maupun Slack. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk mengaksesnya.

Apa itu dan Cara Kerja Discord
Apa itu dan Cara Kerja Discord

Dengan menggunakan Discord, Anda dapat melakukan obrolan secara real time. Anda bisa berkomunikasi menggunakan teks, suara, dan juga video.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya yang sudah sangat terkenal seperti WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya. Sebenarnya, Discord awalnya hanya dibuat untuk para gamer. Tujuannya adalah memudahkan mereka di dalam berkomunikasi antara satu pemain dengan pemain yang lainnya ketika bermain game.

Sekarang, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali. Hal ini menunjukkan bahwa discord semakin populer di seluruh dunia. Aplikasi ini akan menampung ruang obrolan mengenai berbagai macam topik, seperti musik, game, anime. Namun yang populer adalah meme yang sekaligus menjadikan Discord semakin terkenal.

Senang dengan game FPS PC ? Inilah rekomendasi game FPS PC terbaik saat ini yang wajib Anda coba.

Cara Kerja Discord

Bagaimana cara kerja Discord ? Aplikasi ini bisa Anda akses melalui browser, komputer dekstop, maupun smartphone. Anda bisa bergabung dan juga mengatur ruang obrolan yang disebut Discord sebagai “server”.

Anda bisa bergabung dengan grup atau bisa membuat grup Anda sendiri dengan membuat grup dan kemudian mengundang orang-orang terdekat Anda. Selain itu, terdapat juga server publik yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Setiap server pada Discord bisa dipecah menjadi “channel”. Channel merupakan ruang yang lingkupnya lebih kecil. Untuk membahas topik tertentu, baik server maupun channel kemungkinan mempunyai tingkat izin yang berbeda untuk pengguna yang berbeda juga.

Tingkat izin tersebut mulai dari membatasi siapa saja orang yang bergabung sampai dengan kemampuan untuk mengunggah file ke saluran atau channel.

Perlu Anda ketahui bahwa meskipun Discord bisa digunakan oleh pengguna smartphone maupun komputer dengan fungsi yang sama, akan tetapi untuk versi seluler tidak mempunyai opsi layar berbagi. Opsi layar berbagi ini biasanya digunakan untuk melakukan streaming.

Selain itu, Anda juga bisa berkirim pesan dengan orang lain sehingga percakapan bisa tetap dirahasiakan.

Perbedaan Discord dengan Platform yang Lain

Bagi Anda yang hanya ingin mengobrol dengan beberapa orang atau kelompok kecil ketika bermain game, maka Skype maupun Discord bisa menjadi pilihan Anda.

Akan tetapi, Discord menawarkan lebih banyak opsi. Anda bisa menjalankan aplikasi ini di browser. Selain itu, Anda juga bisa mengubah level mikrofon. Aplikasi juga menawarkan lower-lattency voice chat yang akan membantu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin menginstall Discord di komputer, Anda bisa mengaksesnya dari overlay ketika bermain game.

Selanjutnya, Anda dapat mengubah level atau ketinggian suara maupun mengetik sesuatu dalam waktu yang singkat tanpa perlu melakukan alt/tab pada jendela lain.

Apakah Discord Hanya Tersedia untuk Gamer?

Pertanyaan ini mungkin masih ditanyakan oleh beberapa orang. Apakah Discord dibuat hanya untuk para gamer? Sebenarnya, di awal pembuatan software ini memang diperuntukkan untuk para gamer.

Akan tetapi, aplikasi yang mulai menarik perhatian sejak 2015 ini sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain meskipun tidak sedang bermain game. Anda bisa bergabung dengan “server” baik yang bersifat publik maupun yang bersifat pribadi.

Alasan Discord Disukai Banyak Remaja

Lalu apa yang membuat aplikasi ini disukai banyak remaja? Salah satu alasannya karena aplikasi ini menyediakan banyak fitur menarik yang membuat obrolan menjadi lebih menyenangkan.

Anda bukan hanya sekadar berkomunikasi melalui teks. Anda bisa berkomunikasi melalui audio dan bahkan video.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan meme ke pengguna lain untuk membuat obrolan menjadi lebih seru. Selain itu, Discord juga sudah terintegrasi dengan platform yang populer seperti YouTube dan Twitch.

Butuh keyboard gaming terbaik yang mendukung bermain game ? Tim SurgaTekno sudah mengulas rekomendasi keyboard gaming terbaik yang cocok menjadi piluhan Anda.

Link Download

Untuk Anda yang ingin mencoba, aplikasi Discord ini sudah tersedia untuk PC, Android, dan iOS. Silahkan Anda download aplikasi dengan klik link di bawah ini :

1. Untuk PC/Laptop

Klik untuk Download

2. Untuk Android

3. Untuk iOS

‎Discord - Talk, Chat, Hang Out
‎Discord - Talk, Chat, Hang Out

Kesimpulan

Jadi, bagi Anda yang memiliki salah satu atau kedua akun platform tersebut, maka Anda bisa menyinkronkan dengan Discord. Anda juga bisa berkomunikasi baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Sebuah aplikasi yang akan membuat siapa pun menyukai dan ingin menginstallnya di perangkat mereka.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.