Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Movie

Nonton Film Maleficent (2014), Dilema Kasih dan Dendam Seorang Penyihir

Siapa yang tidak suka dengan dongeng klasik? Kiranya hampir setiap orang menyukainya. Apalagi di usia anak yang masih sangat imaginative, mereka akan sangat suka membaca, mendengarkan, dan menonton dongeng klasik. 

Selain menjadi tayangan yang menghibur, dongeng klasik memiliki sejumlah manfaat yang tidak terbantahkan.

Seperti membantu tumbuh kembang daya pikir anak, sebagai sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan, menstimulasi minat baca pada anak, hingga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak lho. Keren bukan?

Dongeng klasik pun kerap kali didaur ulang. Banyak dongeng klasik yang berkali-kali diangkat ke layar lebar dari berbagai Negara.

Mengalihvisualkan cerita yang terdapat di dongeng klasik menjadi tayangan layar lebar tidaklah mudah. Alih-alih berhasil, tak jarang dari sekian banyak dongeng klasik yang diangkat ke layar lebar berujung kegagalan. 

Salah satu dongeng klasik yang berhasil mencuri perhatian dari para pecinta film adalah Maleficent. Maleficent merupakan karakter tokoh dalam dongeng yang sudah tidak asing didengar oleh para pecinta film. 

Film garapan Disney ini resmi tayang pada Mei tahun 2014 lalu. Film aksi-fantasi yang disutradarai oleh Robert Stromberg ini awalnya rilis pada Juli 2014, namun dimajukan guna mengisi kekosongan di layar lebar. 

Maleficent juga dirilis dengan berbagai format seperti Digital 3D, RealD 3D, serta IMAX 3D. Tak seperti film kebanyakan, Maleficent mengisahkan sepak terjang sosok antagonis dalam film Sleeping Beauty garapan Disney tahun 1959.

Maleficent  merupakan film yang mengeksplorasi sisi jahat, namun juga sisi lembut penyihir wanita dalam dongeng putri tidur. 

Dibintangi sejumlah aktor dan aktris kawakan Hollywood seperti Angelina Jolie, Elle Fanning, serta Brenton Thwaites terbukti mampu menggaet banyak penonton.

Maleficent meraup keuntungan hingga sebesar US$ 70 juta dalam penayangan perdananya. Film Maleficent bahkan mengalahkan film duet Jolie-Pitt yang dahulu meraup keuntungan US$ 50 juta.

Pemain dan Crew Maleficent (2014)

Pemeran dan Crew Maleficent (2014)
Pemeran dan Crew Maleficent (2014)
Judul Film: Maleficent
Tanggal Rilis: 24 Mei 2014 (Britania Raya)
30 Mei 2014 (Amerika Serikat)
4 Juni 2014 (Indonesia)
Rumah Produksi: Walt Disney Picture
Roth Films
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan, Romansa
Crew
Produser: Joe Roth
Sutradara: Robert Stromberg
Penulis: Linda Woolverton
Pemain: Angelina Jolie
Brenton Thwaites
Sharlto Copley
Elle Fanning
Sam Riley
Imelda Staunton
Juno Temple
Narator: Lesley Manville
Penyunting: Dean Semler
ChrisLebenzon
Musik: Janet McTeer
Sinematografi: James Newton Howard
Distributor Richard Pearson
Walt Disney Studios Motion Pictures
Negara: Britania Raya
Amerika Serikat
Anggaran: $180,000,000
Pendapatan Kotor: $244,348,000
Durasi: 97 menit
Rating IMDb: 7.0/10

Sinopsis Maleficent (2014)

Maleficent adalah seorang peri wanita bersayap yang baik hati. Maleficent kecil tinggal di suatu tempat bernama Moors. Ia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Stefan. Stefan tertangkap oleh warga Moors karena ketahuan mencuri. 

Maleficent yang baik hati menyelamatkan Stefan. Maleficent tidak dapat menyentuh besi, akhirya Stefan yang seorang yatim piatu miskin rela melepas cincinnya agar teman barunya tak tersakiti. 

Keduanyapun bersahabat baik dan setelahnya sering bertemu. Persahabatan lambat laun berubah menjadi perasaan cinta. 

Maleficent yakin jika ciuman pertamanya dengan Stefan adalah “ciuman cinta sejati”-nya. Namun seiring berjalannya waktu, Stefan mulai jarang menemuinya untuk mengejar mimpi menjadi prajurit di istana.

Sinopsis Film Maleficent (2014)
Sinopsis Film Maleficent (2014)

Sang peri pun merasa sedih karena telah ditinggal oleh pujaan hatinya. Suatu hari Moord diserang oleh Raja beserta pasukannya. Maleficent berhasil menyingkirkan pasukan Raja dari penduduk Moors menggunakan kekuatan sayapnya. 

Akan tetapi, Raja yang kalah menjadi marah dan dendam kepada Maleficent. Raja mengadakan sayembara dengan hadiah tahtanya kepada siapa pun yang berhasil membunuh Maleficent.  

Stefan yang bermimpi menjadi Raja memiliki niat jahat untuk membunuh Maleficent. Ia segera memikirkan rencana jahatnya dan menemui Maleficent. Maleficent yang terlalu percaya kepada Stefan akhirnya terjebak. 

Stefan memberikan obat tidur kepada Maleficent dan bersiap untuk membunuh wanita malang tersebut. Tetapi Stefan tidak tega membunuh Maleficent.

Pada akhirnya ia hanya memotong sayap maleficent dan menyerahkannya kepada Raja di istana. Maleficent yang malang merasa sangat kecewa dan marah sehingga menjadi pribadi yang pemurung.

Hingga suatu hari, Maleficent menyelamatkan seekor burung gagak yang hampir terbunuh. Burung gagak tersebut bernama Diaval. Sebagai balas budi karena telah diselamatkan, Diaval mengabdikan dirinya kepada Maleficent. 

Diaval memberikan informasi mengenai Stefan yang kini telah menjadi Raja dan menikah. Stefan juga dikarunia seoang bayi perempuan yang diberi nama Aurora. Menurut informasi yang diberikan Diaval, Stefan akan mengadakan pesta dan pembaptisan untuk putrinya. 

Para peri dan rakyat datang untuk memberikan hadiah untuk Aurora. Sayangnya Maleficent tidak diundang. Maleficent yang masih menyimpan dendam menghadiri pesta tersebut untuk membertikan kutukan kepada Aurora. Stefan telah memohon pada Maleficent untuk mengurungkan niatnya, namun dendam yang telah ia pendam selama ini menjadikannya peri yang jahat.

Aurora dikutukakan tertusuk jarum pemintal pada ulang tahunnya yang ke enam belas. Aurora akan tertidur selamanya seperti orangmati pada matahari terbenam di ulang tahunnya. 

Maleficent menyebutkan bahwa tidak ada kekuatan yang dapat mematahkan kutukan, kecuali ciuman cinta sejati. Takut Aurora akan terkena kutukan tersebut, Stefan memerintahkan rakyatnya untuk mengumpulkan semua jarum pemintal dan membakarnya di salah satu ruangan istana. 

Di sisi lain, Aurora dipindahkan ke gubuk di sebuah hutan terpencil dengan dijaga oleh tiga peri baik agar terhindar dari jarum pemintal. 

Selama itu Maleficent mengawasi tumbuh kembang Aurora secara diam-diam. Aurora pun tumbuh besar menjadi gadis cantik yang menawan, dalam pengawasan ketat oleh Maleficent. Selama mengaasi Aurora, sosoknya pun tak pernah menunjukkan batang hidungnya.

Ketika Aurora berumur enam belas tahun, untuk pertama kalinya Maleficent menampakkan wujudnya di depan Aurora. Keduanya dapat bersua untuk kali pertama secara langsung. 

Aurora yang tumbuh dengan baik percaya bahwa Maleficent adalah peri pelindungnya selama ini. Hati Maleficent pun melunak dan mulai menyayangi Aurora layaknya putrinya sendiri. Maleficent sangat menyesal pada kutukan yang ia sasarkan kepada Aurora. 

Seiring waktu, Aurora akhirnya mengetahui bahwa ia telah diberi kutukan sejak bayi oleh Maleficent. Aurora kecewa dan memutuskan untuk kembali ke istana bersama ayahnya. Namun tiba-tiba ayahnya menguruh Aurora di menara agar senantiasa aman. 

Nasi telah menjadi bubur, kutukan tetap terjadi seperti sedia kala. Aurora pun tertidur. Maleficent mencoba cara untuk menyelamatkan Aurora dari tidur panjangnya dengan membawa Pangeran Muda. 

Apakah Maleficent dan pangeran muda itu dapat menghapus kutukan yang menimpa Aurora? Bagaimana kisah kelanjutan Maleficent dan Aurora? Tonton selengkapnya pada situs legal yang sekarang sudah banyak tersedia ya!


Fakta Menarik Film Maleficent

Fakta Menarik Film Maleficent (2014)
Fakta Menarik Film Maleficent (2014)

Setelah menyimak sinopsis dari film Maleficent pertama, berikut adalah sejumlah fakta menarik dari film ini yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber. Apa saja?

1. Proses Casting yang Dicocokkan dengan Kartun

Agar mendapatkan pemeran karakter yang benar-benar pas, sutradara film Maleficent menerapkan cara yang berbeda dari sutradara lain. Robert Stromberg menjadikan kartun Sleeping Beauty sebagai acuan.

Stromberg mencari aktor dan aktri yang memiliki fitur wajah hingga tubuh yang mirip seperti karakter kartun tahun 1959 tersebut. Selain itu, sutradara kawakan Hollywood ini juga menilai attitude serta sepak terjang para pemain film tersebut di Hollywood selama ini.

2. Make Up Karakter Maleficent Terinpirasi dari Penyanyi

Produser film Maleficent memanfaatkan kecantikan dan talenta Angelina Jolie untuk mengangkat daya jual film ini. Tim tata rias berusaha sangat keras untuk menemukan make up karakter yang pas untuk mantan istri Brad Pitt ini. 

Tim tata rias memastikan jika make up karakter Maleficent menampilkan kesan yang jahat serta keji, namun tetap memberikan kesan cantik yang memukau. Tata rias karakter Maleficent terinpirasi dari make up  penyanyi pop Lady Gaga dalam video lagu “Born This Way”. 

Tulang pipi yang berbentuk runcing dan tinggi pada karakter Maleficent ini mirip dengan Lady Gaga di salah satu video musiknya. Pemilihan lipstick berwarna merah yang digunakan Maleficent memunculkan kesan tegas, misterius sekaligus keji.

3. Film Termahal untuk Debut Sutradara

Sutradara Robert Stromberg bukanlah orang baru dalam industry perfilman Hollywood. Namun, karir Stromberg sebagai sutradara baru dimulai bersamaan dengan hadirnya film Maleficent.

Kiprahnya yang masih seumur jagung saat menggarap film Maleficent dengan biaya produksinya, membuat Maleficent dinobatkan sebagai film termahal mengalahkan salah satu film paling mahal di Hollywood lho!

4. Penampilan Spesial Putri Jolie-Pitt

Dalam film Maleficent ini akan ditampilkan putri dari pasangan Angelina Jolie dan Brad Pitt yang bernama Vivienne. Vivienner didapuk menjadi peran Aurora saat masih kecil.

Hal unik adalah ternyata Viienne mendapatkan peran ini karena hanya ia yang tidak menangis melihat ibunya menjadi Maleficent. Stromberg mengaku jika Vivianne sama sekali tidak sulit untuk diajak kooperatif saat syuting berlangsung.

Jolie hanya perlu menjelaskan apa yang harus dilakukan putri kecilnya dan dengan bantuan seluruh kru, karakter Aurora kecil diperagakan oleh Vivianne dengan mudah.

5. Jude Law Ditawari Peran Stefan

Aktor kawakan Hollywood, Jude Law sempat ditawari peran Stefan. Namun, karena kendala jadwal, karakter penting dalam film Maleficent ini jatuh ke tangan aktor Sharlto Copley.

Sebelum terjun menjadi aktor, Copley pernah memiliki pengalaman sebagai sutradara. Namun, Copley membuktikan bahwa aktingnya dapat diandalkan. Terbukti dari karakter Stefan yang berhasil ia kuasai.


Review Film Maleficent (2014)

Kisah-kisah dongeng klasik saat ini banyak dikembangkan dan dialihvisualkan untuk keperluan tayangan layar lebar oleh sejumlah rumah produksi.

Banyak dongeng klasik yang dibuat ulang untuk menceritakan sisi lain, bahkan sisi kelam sebuah dongeng. 

Seperti kali ini Disney menggarap sebuah film yang menceritakan sisi lain dari seorang “penjahat” yang bersumber dari cerita “Sleeping Beauty”. Sebagian besar kritikus tidak menyukai reka ulang dongeng yang mengangkat sisi kelam cerita tersebut. 

Namun, film Maleficent membuktikannya dengan sukses di pasaran. Terbukti dengan penghasilan puluhan juta dollar dalam penayangan perdananya hingga pendapatan kotor lebih dari dua ratus juta dollar Amerika Serikat. 

Keunikan film yang satu ini adalah tidak hanya sekedar menceritakan ulang, namun juga membuat cerita yang ada memiliki ruang lingkuo yang jauh lebih luas.

Film ini menceritakan sisi lain dari Maleficent yang merupakan penyihir jahat. Penonton menjadi mengetahui alasan dibalik perasaan marah dan dendam Maleficent terhadap Raja Stefan yang berakhir kutukan. 

Pemilihan aktor dan aktris untuk memerankan berbagai karakter di film ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak? Angelina Jolie tampil sangat baik. Ia terlihat jahat dan keji, sangat pas untuk memerankan karakter Maleficent. 

Sutradara Stromberg benar-benar mengeksploitasi daya tarik Jolie untuk film ini. Karakter Aurora diperankan secara apik oleh Elle Fanning. Elle Fanning dapat menampilkan sisi cantik nan anggun dari karakter Aurora. Pemilihan wardrobe dan setting tempat yang sangat pas juga menambah estetika film yang satu ini.

Film Maleficent mendobrak cerita Disney lainnya yang menjadikan ciuman sejati sebagai representasi dari kisah cinta dua sejoli.

Film Maleficent membuktikan bahwa tidak hanya ciuman dari cinta sejati yang dapat mematahkan kutukan, namun kasih sayanglah yang dapat mematahkannya. Secara keseluruhan, Maleficent adalah film unik yang membangun sisi karakter “penjahat” sebagai tokoh utamanya. 

Suksesnya film Maleficent di pasaran membuat Robert Stomberg tertantang untuk melanjutkan kisah Aurora dan Maleficent.

Di tahun 2019, Angelina Jolie kembali di dapuk memainkan tokoh karakter Maleficent yang sangat ikonik tersebut. Konon, dalam sekuel film Maleficent yang bertajuk Maleficent 2 Moves Up to Fall ini akan menyajikan masalah yang lebih kompleks dibanding film pertamanya. 


Link Nonton Film Maleficent

Bagi kamu yang sedang cari link untuk nonton film Maleficent, silahkan klik tombol di bawah ini :

Klik untuk Tonton


Selain lewat link diatas, kamu bisa menonton film Maleficent (2014) ini melalui beberapa situs nonton film legal seperti Netflix, Iflix, dan lain-lain.


Nah, itulah sedikit ulasan mengenai sinopsis, fakta menarik dan review singkat film garapan Disney bertajuk Maleficent. Bagi para pecinta dongeng klasik, film Maleficent yang merupakan spin off dari film Sleeping Beauty ini wajib masuk ke wathching list kalian! So, Happy watching all!!!

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.