Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Tips & Trik

Cara Cek Saldo E-Toll

Berkembangnya teknologi selaras pula dengan tingginya mobilitas manusia yang memaksa kita untuk menjadi serba cepat. Berbagai fasilitas menawarkan kesan instan, dimana kita dapat melakukan berbagai kegiatan hanya dengan satu pintu.

Begitu pun dengan kegiatan perbankan. Kita tidak lagi dituntut untuk berhadapan langsung dengan penjual atau pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli dengan adanya e-commerce, tidak lagi harus membawa banyak uang jika akan berpergian jauh dengan hadirnya e-wallet. Semua serba cepat dan serba instan untuk meningkatkan kenyamanan.

E-toll merupakan salah satu terobosan yang cukup fenomenal di Indonesia. E-toll adalah kartu elektronik yang dipergunakan untuk membayar biaya masuk jalan tol di beberapa wilayah di Indonesia.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan menempelkan kartu pada mesin yang ada selama kurang lebih 4 detik, dan palang pintu tol akan otomatis terbuka. Cara ini terbukti efektif mengurangi penumpukan kendaraan di pintu tol dengan cara konvensional. Juga, mengurangi biaya operasional yang ada.

Selain digunakan untuk membayar pintu tol dalam perjalanan Anda, kartu ini juga dapat digunakan untuk berbelanja di gerai-gerai minimarket terdelat. Meski menauai banyak kontroversi, kartu e-toll ini terbukti memiliki banyak manfaat dan sangat praktis untuk bertransaksi.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengecek saldo e-toll Anda dengan cepat dan mudah. Penasaran? Yuk, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

1. Cek E-Toll melalui Mesin ATM

Cara Cek Saldo e-Toll lewat ATM
Cara Cek Saldo e-Toll lewat ATM

Cara pertama yang dapat Anda gunakan dengan bantuan mesin ATM terdekat. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a) Tekan tombol hijau yang ada pada bagian mesin ATM yang Anda gunakan.
b) Kemudian, pilih opsi ‘e-Money‘.
c) Lalu lanjutkan dengan memilih opsi ‘e-Toll‘.
d) Anda dapat menempelkan kartu e-Toll yang Anda punya pada panel yang tersedia dan tunggu beberapa saat.
e) Dan voila! Saldo e-Toll Anda akan ditampilkan pada layar mesin ATM. Mudah, kan?

2. Cek E-Toll melaui Internet Banking

Layanan yang satu ini terbatas untuk Anda pengguna rekening Bank Mandiri yang juga menggunakan e-Toll Mandiri. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan Anda telah mendaftar dan melakukan aktivasi Internet Banking Mandiri di bank cabang terdekat.

Cek Saldo e-Toll dengan Layanan iBanking
Cek Saldo e-Toll dengan Layanan iBanking

Nantinya, Anda akan mendapatkan user ID dan PIN yang dapat digunakan untuk mengakses layanan Internet Banking Mandiri ini. Berikut langkah-langkah mengecek saldo e-Toll melalui Internet Banking:

a) Kunjungi laman Internet Banking Mandiri pada ponsel, laptop atau PC Anda.
b) Lakukan log in dengan memasukkan user ID dan PIN yang telah Anda dapatkan sebelumnya.
c) Selanjutnya, pilih opsi ‘e-Toll‘, dan lanjutkan memilih opsi ‘Informasi Saldo‘.
d) Masukkan 16 digit nomor yang ada pada kartu e-Toll Anda, kemudian pilih opsi ‘Kirim‘ dan tunggu beberapa saat hingga saldo e-Toll Anda ditampilkan di laman website.

3. Cek E-Toll melalui Mandiri Mobile

Sama dengan cara yang sebelumnya, untuk menggunakan layanan ini, pastikan Anda telah terdaftar dan melakukan aktivasi Mobile Banking Mandiri pada bank cabang terdekat.

Cara Cek Saldo e-Toll dengan mBanking
Cara Cek Saldo e-Toll dengan mBanking

Lebih lanjut, layanan ini hanya dapat diakses untuk Anda yang menggunakan ponsel berbasis Android maupun BlackBerry. Berikut cara mengecek saldo e-Toll melalui Mobile Banking Mandiri:

a) Unduh dan pasang aplikasi Mandiri e-Money melalui Google Play Store untuk Anda pengguna ponsel Android, dan melalui BlackBerry World untuk yang menggunakan BlackBery.
b) Lalu, buka aplikasi yang telah terpasang pada ponsel.
c) Tempelkan kartu e-Toll Anda pada bagian belakang ponsel dan tunggu beberapa saat.
d) Setelah itu, akan muncul pop up atau jendela pemberitahuan jumlah saldo e-Toll yang Anda miliki saat ini.

4. Cek E-Toll melalui Tokopedia

Cek Saldo e-Toll melalui Aplikasi Tokopedia
Cek Saldo e-Toll melalui Aplikasi Tokopedia

Selain menggunakan layanan bank, Anda juga dapat mengecek saldo e-Toll Anda melalui e-commerce Tokopedia.

a) Pertama, buka aplikasi Tokopedia yang sudah terunduh pada ponsel pintar Anda.
b) Kemudian, pilih ops ‘Top Up & Tagihan – Uang Elektronik‘.
c) Lalu, klik opsi ‘Update Saldo‘ pada panel bagian kanan atas.
d) Anda dapat menempelkan kartu e-Toll Anda pada bagian belakang ponsel dan tunggu beberapa saat hingga nominal sisa saldo muncul pada layar.
e) Sebelum melakukn pengecekan saldo pastikan dulu smartphone sudah support dengan fitur NFC.

5. Cek E-Toll melalui BukaLapak

Cara Mudah Saldo e-Toll dengan Bukalapak
Cara Mudah Saldo e-Toll dengan Bukalapak

Selain melalui Tokopedia, Anda juga dapat mengecek saldo e-Toll Anda melalui e-commerce BukaLapak. Berikut langkah-langkahnya:

a) Unduh dan buka aplikasi BukaLapak pada ponsel Anda.
b) Pilih opsi ‘Top Up & Isi Pulsa‘ pada tampilan menu utama.
c) Lalu, pilih opsi ‘Uang Elektronik‘.
d) Lanjut, untuk cek saldo cukup tempelkan kartu e-Toll Anda pada bagian belakang ponsel dan tunggu beberapa saat hingga nominal sisa saldo muncul di layar.
e) Pastikan smartphone anda sudah support dengan fitur NFC.

Untuk mencegah kebingungan dalam mengecek saldo yang tersisa pada e-Toll, Anda dapat melihat sisa saldo kartu ketika melakukan transaksi di pintu tol. Biasanya, saldo akan ditampilkan bersamaan dengan jumlah angka yang harus dibayarkan setelah Anda menempelkan kartu pada mesin pintu tol.

Nah, sangat mudah dan cepat, kan? Semoga penjelasan pada artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian, ya!

Puspita Diadema

Saya lulusan Universitas Airlangga Surabaya, menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tertarik dengan bidang penulisan, teknologi, kuliner dan musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.