GamesTips & Trik

Cara Mengatasi LAG di PES Mobile 2019 (Updated)

Brosis SurgaTekno suka maen game PES ? Game bola yang sudah legend dari dulu. Brosis pasti sudah tahu kalau PES sudah dapat dimainkan di mobile kan ?  Game PES Mobile ini hadir untuk smartphone iPhone dan Android.

Keluarnya PES versi mobile ini pasti menjadi kabar segar untk para gamer yang suka bola. Karena sekarang mereka tidak perlu repot-repot lagi menyalakang PC/Laptop, PS, Xbox atau lainnya. Karena sekarang PES sudah bisa dimainkan dalam genggaman.

Untuk bermain game PES Mobile ini ternyata ada syaratnya. Untuk pengguna Android, operasi sistem yang harus digunakan minimal Android versi 5.0 (Lolipop) atau ke atas. Dan untuk pengguna iPhone, harus menggunakan iOS 9.0 atau keatas. Cek dulu smartphone kalian. Dan perangkat iPhone yang direkomendasikan adalah iPhone 5s atau keatas, iPad Pro, iPad Air atau keatas later, iPad mini 2 atau keatas, iPod Touch(6th generation) atau keatas.

Game PES Mobile ini sebenarnya sudah ada sejak 2017 kemudian Konami, pemilik game melakukan update tiap tahunnya hingga 2019 ini. Game PES 2019 diupdate secara resmi pada hari Sabtu, 15 Desember 2019.

Beberapa update yang dilakukan oleh pihak Konami di PES Mobile 2019 ini antara lain:

  • Kualitas Grafik yang ditingkatkan. Lebih detail dibanding PES 2018.
  • Dihilangkannya fitur Limit Break.
  • Level pemain didasarkan pada umur.
  • Tambahan beberapa bahasa salah satunya Bahasa Indonesia.
  • dan lainnya.

Namun, setelah diupdate banyak pemain PES Mobile yang kecewa karena game PES seringkali LAG alias lamban.  Mungkin ini efek dari kualitas grafik yang ditingkatkan. Jadi bisa kita maklumi saja, karena ini akan menambah beban memori yang digunakan.

Tapi santai aja, disini mimin bakal kasih tahu beberapa cara agar tidak lag saat main game pes mobile.  Berikut beberapa cara yang bisa kalian terapkan agar game pes mobile kalian tidak lag :

1. Setting Grafik Game PES Mobile

Salah satu hal yang diperbarui di PES Mobile adalah grafik gamenya. Di PES Mobile 2019 ini akan lebih terasa grafiknya. Lebih nyata dan sensasi yang lebih memukau.

Jika kalian menggunakan smartphone yang hanya memiliki RAM 2GB, usahakan jangan setting grafik ke High + 60 fps. Setting saja ke Low + 30 fps. Karena semakin kecil fps maka semakin kecil juga memori yang digunakan.

Untuk lebih detail kalian bisa baca cara setting grafik pes mobile terbaru. Disana sudah kami jelaskan step by step cara setting grafiknya.

Jadi silahkan kalian atur grafik sesuai dengan spesifikasi smartphone yang digunakan ya.

2. Aktifkan Force 4X MSAA

Cara kedua yang bisa kalian lakukan agar saat bermain game pes mobile tidak lag adalah mengaktifkan force 4x MSAA. Menu force 4x MSAA ini ada di Pilihan Pengembang (Developer Option).

Untuk mengaktifkan mode pilihan pengembang kalian harus pergi ke “Pengaturan” kemudian pilih “Tentang Perangkat” dan pilih “Info perangkat lunak“. Selanjutnya tap 7x pada “Buid Number“. Kemudian akan muncul notifikasi mode pengembang telah diaktifkan.

Setelah mode pengembang aktif, brosis baru bisa mengaktifkan force 4x msaa. Berikut adalah cara mengaktifkan force 4x msaa :

cara mengaktifkan force 4x msaa
cara mengaktifkan force 4x msaa
  • Pertama buka “Pengaturan” ponsel brosis.
  • Kemudian pilih “Pilihan pengembang“.
  • Lalu scroll kebawah hingga kalian menu “Aktifkan 4x MSAA“.
  • Kemudian geser dan aktifkan menu tersebut.
  • Selesai.

3. Tutup Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan

Cara ketiga yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi lag saat bermain pes mobile adalah menutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Hal ini akan membuat memori RAM menjadi lebih lega.

tutup aplikasi background
tutup aplikasi background

Jadi pastikan sebelum bermain pes mobile, kalian tutup dulu aplikasi lainnya.

4. Pastikan Jaringan Internet Lancar

Jika kalian bermain game PES Mobile secara online. Pastikan jaringan internet di smartphone kalian lancar ya. Cek dulu koneksi kalian sebelum bermain.

Gunakan untuk streaming youtube untuk mengecek koneksi jaringan internet.

5. Jangan Main Game PES Mobile saat HP sedang di Cas

Ini nih yang sering pengguna smartphone lakukan. Bermain game saat smartphone sedang dicas. Padahal hal ini merupakan hal yang salah, karena smartphone akan menjadi panas.

Nah karena smartphone panas membuat performa smartphone turun dan akhirnya lag saat digunakan untuk ngegame.

6. Pastikan Spesifikasi HP Brosis sesuai dengan Requirement

Untuk memainkan game PES Mobile update 2019 ini, memang spesifikasi smartphone yang digunakan harus lebih tinggi. Karena memang untuk grafik lebih ditingkatkan oleh Konami.

Dan kami sih menyarankan kalian menggunakan smartphone dengan RAM minimal 3GB. Kalian bisa pilih-pilih di daftar hp realme terbaru. Karena merk Realme memiliki banyak smartphone dengan RAM 3GB.

7. Install Aplikasi Game Booster

Langkah selanjutnya adalah install aplikasi game booster di ponsel kalian. Ada banyak sekali aplikasi Game Booster untuk Android ataupun iPhone. Aplikasi ini akan membantu kalian mengoptimalkan kinerja smartphone untuk digunakan bermain game.

install aplikasi game booster
install aplikasi game booster

Aplikasi Game Booster ini akan menutup semua task background secara otomatis, mengoptimalkan penggunaan memori, menghapus file cache, meningkatkan kecepatan CPU, dan lainnya.

Berikut beberapa aplikasi Game Booster Rekomendasi dari kami untuk kalian gunakan:

  • Game Booster: Play Games Faster & Smoother
  • Dr. Booster Boost Game Speed
  • Speed Booster – Ram, Battery & Game Speed Booster
  • Game Booster & Launcher
  • Game Booster – One Tap Advanced Speed Booster
  • Game Booster PerforMAX
  • Game Booster – Speed Up Phone
  • Game Booster 2019 : Phone Cooler (Fast CPU Cooler)
  • Game Booster | CPU, GPU, RAM Boost 4x Faster
  • Wise Game Booster

Silahkan kalian coba, dan mana yang menurut kalian terbaik ya.

8. Bermain di PC/Laptop

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi lag saat bermain PES Mobile adalah bermain di PC/Laptop. Ini juga menjadi cara alternatif ketika spesifikasi hp kalian belum memenuhi spesifikasi game pes mobile 2019 ini.

Kalian bisa menggunakan PC/Laptop menggunakan emulator seperti Nox, Bluestack, atau Memu. Dan kalian tinggal menginstall gamenya di dalam emulator tersebut.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan Phoenix OS atau Prime OS. Phoenix OS atau Prime OS merupakan sebuah sistem operasi Android di PC dan berbeda dengan emulator-emulator diatas.

Kami sudah mencoba bermain game PES Mobile menggunakan Phoenix OS. Dan hasilnya ternyata nyaman-nyaman saja. Karena hanya lag saat kick off pertama kali dan selebihnya lancar kok.

Gimana brosis sudah gak ngelag kan? Silahkan terapkan cara-cara diatas untuk mengatasi lag yang terjadi saat bermain game PES Mobile. Atau kalian punya cara lain? Tulis di komen ya brosis.

Sekian dari saya untuk pembahasan cara mengatasi lag saat bermain game pes mobile ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker