Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Jenis-Jenis dan Cara Cek Garansi iPhone

Anda pengguna iPhone? iPhone merupakan salah satu smartphone terbaik saat ini. Meskipun harganya yang selalu lebih mahal dibandingkan HP merek lain, namun tidak menurunkan minat masyarakat untuk membelinya. Hal ini karena nama dan kualitas produk yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin membeli iPhone. Pasalnya, ada banyak iPhone palsu yang beredar di pasaran yang tentunya Anda berpotensi membeli iPhone tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus menjadi pembeli yang cerdas dan lebih jeli dalam membeli iPhone. Anda harus bisa membedakan mana iPhone asli dan palsu agar Anda tidak sampai salah beli.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian dari sebuah iPhone. Salah satu caranya adalah dengan mengecek garansi dari iPhone Anda tersebut. Untuk itu, kami akan memberikan informasi yang sangat penting yang akan membantu Anda untuk lebih jeli dalam membeli iPhone.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

Dengan mengecek garansi pada iPhone, maka kita bisa mengetahui apakah iPhone yang kita beli tersebut asli atau tidak. iPhone yang palsu tidak mungkin mempunyai garansi. Terdapat beberapa jenis iPhone yang perlu Anda tahu, di antaranya:

1. Garansi Resmi

Jenis garansi iPhone yang pertama adalah garansi resmi. Garansi resmi didirikan oleh Apple. Sebenarnya garansi resmi bukan hanya ada iPhone saja melainkan hampir semua merek smartphone di Indonesia memiliki garansi resmi.

Distributor resmi yang ada di Indonesia memang akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu terhadap produk iPhone asli.

Secara umum, untuk bisa memperoleh garansi resmi maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli iPhone di garansi resminya.

Bisa juga dengan cara membeli di authorized reseller yang ada di Indonesia. Klaim garansi resmi juga biasanya berlaku di beberapa negara. Akan tetapi, untuk seri-seri tertentu diketahui hanya bisa diklaim di garansi tempat Anda membeli iPhone.

2. Garansi Distributor

Jenis garansi yang kedua adalah garansi distributor. Garansi distributor berasal dari distributor yang memasukkan produk iPhone secara tidak resmi di Indonesia.

Tentu saja Anda tidak bisa mengklaim garansi iPhone Anda di service center atau garansi resmi iPhone yang ada di Indonesia.

Anda hanya bisa melakukan klaim garansi ke pihak distributor. Adapun mengenai harga yang dijual oleh garansi distributor biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone yang memiliki garansi resmi. Akan tetapi, Anda harus hati-hati ketika ingin membeli iPhone tersebut.

Hal ini karena tidak sedikit iPhone refurbish dan juga rekondisi yang dijual namun mengatasnamakan garansi distributor.

3. Garansi Penjual / Garansi Toko

Lalu bagaimana dengan garansi toko atau garansi penjual? Untuk jenis garansi yang satu ini biasanya hanya berlaku terhadap iPhone yang KW, supercopy, refurbish, Black Market (BM), dan bahkan iPhone palsu.

Secara umum, garansi tersebut akan diberikan dalam jangka waktu 1 bulan setelah pembelian iPhone.

Garansi penjual / garansi pembeli berlaku atas dasar rasa saling percaya antara penjual dan pembeli. Jika iPhone yang dijual oleh toko tersebut kualitasnya bagus, maka reputasinya pun akan meningkat.

Akan banyak orang yang datang mengunjungi untuk membeli iPhone di toko tersebut. Sebaliknya, jika ternyata barang-barang yang dijual kualitasnya buruk, maka reputasi toko tersebut akan buruk.

Harga iPhone yang dijual di sini juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan iPhone asli yang ada di garansi resmi. Akan tetapi, kualitasnya tentu saja tidak bisa Anda bandingkan dengan iPhone yang asli.

4. Garansi Internasional

Untuk jenis garansi iPhone yang keempat ini sifatnya fleksibel. Ketika Anda membeli iPhone yang memiliki garansi internasional, maka Anda bisa mengklaim garansi tersebut di semua authorized reseller Apple yang ada di seluruh dunia.

Biasanya, Anda hanya akan mendapatkan garansi internasional ketika Anda membeli iPhone di luar negeri.

Langkah-langkah Cek Garansi iPhone

Setelah mengetahui informasi yang berkaitan dengan beberapa jenis garansi iPhone, maka informasi selanjutnya adalah bagaimana cara cek garansi iPhone. Setelah mengetahui informasi ini maka Anda bisa tahu kira-kira iPhone yang Anda miliki tersebut benar-benar asli dan berasal dari garansi resmi atau tidak.

1. Cara Cek Garansi iPhone dengan Mudah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui nomor serial atau serial number dari iPhone Anda tersebut.

Setelah mengetahui serial number-nya, maka Anda harus menginputnya ke website perlindungan layanan resmi milik iPhone. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka iPhone Anda kemudian masuk ke menu Pengaturan atau menu Settings.
  • Setelah itu pilih General atau Umum.
  • Kemudian Anda pilih About atau Tentang.
  • Pada bagian About inilah nanti Anda bisa mendapatkan informasi seputar serial number iPhone.
  • Setelah memperoleh serial number, maka Anda harus mengeceknya di website Apple Check Coverage. Anda kunjungi alamat https://checkcoverage.apple.com/id/in/
    Kunjungi Situs Pengecekan Garansi iPhone
    Kunjungi Situs Pengecekan Garansi iPhone
  • Setelah memasuki webssite tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan serial number yang sudah Anda dapatkan.
  • Langkah selanjutnya adalah masukkan code yang sudah tertera. Masukkan kode tersebut sama persis dengan yang sudah muncul di layar komputer Anda.
  • Jika sudah, klik Lanjutkan.
  • Jika berhasil, maka selanjutya akan mucul informasi apakah garansi iPhone yang Anda miliki tersebut masih berlaku atau sudah habis masa berlakunya alias expired.
Kenapa ya layar iPhone mati tapi posisi power masih menyala ? Cari tahu jawabannya disini.

2. Cara Cek Garansi iPhone dengan IMEI

Cara cek garansi iPhone yang kedua adalah dengan menggunakan IMEI. Sekadar informasi bahwa IMEI merupakan kode unik yang ada pada setiap HP.

Dikarenakan sifatnya yang unik maka antara smartphone yang satu dengan smartphone lainnya memiliki kode yang berbeda. Kode ini berlaku secara internasional.

IMEI sendiri merupakan singkatan dari Internasional Mobile Equipment Identity. Kode IMEI biasanya terdiri dari 14 sampai dengan 16 digit angka.

Kode tersebut bukan sekadar angka melainkan juga berkaitan dengan keamanan ponsel. Melalui IMEI inilah Anda bisa melakukan pengecekan garansi iPhone. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Pertama, Anda harus mendapatkan kode IMEI iPhone terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama, silakan Anda masuk ke Settings – General – About. Di situ Anda sudah bisa mendapatkan kode IMEI seperti gambar di bawah ini :
    Cek IMEI iPhone
    Cek IMEI iPhone
  • Cara kedua untuk mendapatkan kode IMEI adalah dengan melihat slot SIM Card iPhone Anda. Di situ sudah tertera kode IMEI seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini :
    IMEI di Slot SIM Card iPhone
    IMEI di Slot SIM Card iPhone
  • Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kode IMEI dengan mengetik *#06# pada keypad iPhone dan akan muncul kode IMEI iPhone Anda.
  • Langkah selanjutnya, silakan buka alamat https://imei24.com/imei_check/Apple/
    Cek Garansi iPhone Lewat IMEI24
    Cek Garansi iPhone Lewat IMEI24
  • Jika sudah berada pada alamat tersebut, silakan Anda masukkan kode IMEI. Kemudain klik Check
  • Sekarang Anda akan mendapatkan informasi mengenai masa garansi iPhone Anda apakah masih berlaku atau sudah habis.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai cara cek garansi iPhone. Sebagai tambahan, kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu berkaitan dengan beberapa tips ketika Anda hendak membeli iPhone.

Ponsel kamu termasuk locked atau unlocked ? Silahkan cari tahu dengan membaca cara mengetahui iPhone locked atau unlocked.

Tips Membeli iPhone

Siapa pun pastinya tidak ingin membeli HP dengan harga mahal namun kualitas HP tersebut malah mengecewakan.

Apalagi ketika Anda membeli smartphone iPhone yang harganya sangat mahal. Jangan sampai Anda mendapatkan iPhone rekondisi atau refurbish maupun iPhone yang tidak memiliki garansi.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, terdapat beberapa tips aman membeli iPhone yang akan kami bagikan untuk Anda.

  • Pastikan Anda membeli iPhone secara online di toko resmi Apple.
  • Jangan membuka dusbook di rumah. Bukalah dusbook tersebut di toko tempat Anda membeli HP. Nanti Anda dan petugas akan sama-sama mengecek kualitas dan kelengkapan iPhone yang Anda beli tersebut.
  • Tips selanjutnya adalah cocokkan IMEI yang terdapat pada body atau slot SIM iPhone dengan yang ada di sistem maupun dusbook.
  • Anda periksa garansi iPhone menggunakan salah satu cara yang sudah kami jelaskan di atas.
  • Cek kartu garansi yang terdapat pada dusbook.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.