Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Lakukan 7 Hal Ini Jika Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Tanpa keyboard, komponen laptop tidak lengkap. Namun, keyboard juga yang sangat rawan mengalami kerusakan. Jadi, tidak heran banyak tempat perbaikan laptop atau PC yang menyediakan jasa servis keyboard.

Terlebih lagi salah satu karakter tidak berfungsi. Hal ini membuat jengkel dan menghambat pekerjaan. Sebelum membawanya ke tempat servis, sebaiknya coba lakukan 7 hal ini saat keyboard laptop tidak berfungsi.

Ulasan berikut ini sangat efektif diterapkan dahulu. Intinya kamu wajib tahu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Apakah terkena debu maupun tertumpah air. Setelah itu, baru kamu bisa menentukan langkah perbaikan di tempat servis yang tepat ya.

1. Restart Laptop

Langkah paling awal ketika mendapati keyboard laptop tidak berfungsi adalah melakukan restart laptop. Kamu tidak perlu panik melakukan tindakan lain. Pasalnya merestart laptop bermanfaat untuk memperbaiki masalah sistem operasi. Secara otomatis dan langsung.

Restart laptop saat keyboard error
Restart laptop saat keyboard error

Apabila, laptop tidak juga dapat direstart, kamu dapat menekan tombol power beberapa detik. Hingga laptop yang sebelumnya menyala benar-benar mati.

2. Driver Bermasalah

Ternyata jika driver bermasalah juga mempengaruhi kinerja keyboard loh. Alhasil, beberapa karakter keyboard tidak berfungsi secara baik. Dilansir dari PCMag, biasanya juga disebabkan instal software yang tidak original. Alias berasal dari pihak ketiga dan laptop yang terserang virus.

Driver keyboard bermasalah
Driver keyboard bermasalah

Kamu bisa mengeceknya sendiri dengan membuka Device Manager. Lalu lihat bagian keyboard, apakah ada tanda segitiga berwarna kuning. Jika ada, artinya driver keyboard sedang bermasalah. Maka dari itu, download driver versi terbaru pada situs resmi produsen laptop.

3. Melakukan System Restore

Keyboard juga tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal program tertentu. Oleh karena itu coba lakukan system restore. Pada Windows 7 dan Windows 8, bukalah Start Menu dan cari “Recovery“.

Lakukan system restore windows
Lakukan system restore windows

Sementara pada Windows X, pertama klik Start lalu pilihAll Programs. Klik menu Accessories dan pilih System Tools. Dari sana kamu akan melihat menu System Restore, dan klik.

System restore tersebut berfungsi mengembalikan laptop menjadi keadaan semula. Dimana sebelum laptop menginstal program yang bermasalah. Namun, program-rogram yang diinstal sebelumnya akan hilang secara otomatis. Jadi, sangat penting untuk melakukan back-up dahulu.

4. Periksa Num Lock

Kamu juga dapat memeriksa Num Lock saat keyboard laptop tidak berfungsi seperti biasa. Sebab, kadang-kadang dengan tidak disengaja masalah disebabkan dari pengguna sendiri. Paling sering terjadi adalah mengaktifkan Num Lock tetapi tidak disadari.

Saat Num Lock aktif, membuat karakter yang tertekan akan berbeda dengan tampilan seharusnya. Segera atasi dengan mematikan Num Lock. Pertama tekan tombol Fn dan NumLk yang ada pada keyboard bersamaan.

Pastikan NumLock tidak aktif
Pastikan NumLock tidak aktif

Pada dasarnya tiap jenis laptop memiliki karakter berbeda. Pada beberapa laptop dapat dilakukan dengan tekan Caps Lock dan NumLk secara bersamaan. Apabila tidak juga ditemukan, maka hubungi customer support resmi dari produsen laptop. Untuk menanyakan bagaimana mematikan Num Lock tersebut.

5. Melepaskan Baterai

Lepas baterai saat keyboard error
Lepas baterai saat keyboard error

Langkah lainnya yang diambil dengan melepaskan baterai laptop dan kabel adapter. Kamu dapat menekan dan menahan tombol power dahulu. Setelah itu, diamkan kurang lebih 5 menit. Masukkan lagi baterai dalam laptop dan hidupkan kembali. Cara ini memang terkesan kuno tetapi sangat efektif saat keadaan darurat.

6. Bersihkan Kotoran dan Debu

Kerusakan salah satu komponen laptop juga bisa disebabkan karena adanya debu dan kotoran. Dimana kotoran dan debu ini terselip antara karakter keyboard. Sehingga menutupi komponen lainnya. Perlu diingat semakin tua usia laptop maka debu dan kotoran pun bertambah banyak.

Bersihkan keyboard dengan Vacuum Cleaner
Bersihkan keyboard dengan Vacuum Cleaner

Ada cara praktis dan aman untuk membersihkan keyboard. Kamu bisa memiringkan laptop dengan jarak 45-75 derajat sembari menggoyangkannya. Namun, lebih aman lagi membersihkan keyboard dengan pembersih khusus, misalnya vacuum kecil.

Sementara, keyboard yang tidak bekerja karena tersiram air harus dibersihkan pada bagian dalam. Caranya dengan mencopot tombol-tombol dan bersihkan papan sirkuit menggunakan cotton buds yang diberikan sedikit alkohol.
Jika kamu belum pernah melakukan pembersihan bagian dalam akan memakan waktu karena cukup sulit. Oleh karena itu, agar tidak memperparah kerusakan sebaiknya dibawa ke tempat servis laptop.

7. Periksa Konektor

Keyboard yang tidak berfungsi bisa jadi karena konektor yang tidak tersambung atau terlepas dengan tidak sengaja. Konektor ini biasanya tertekuk, terlepas, maupun renggang. Jadi, periksa dahulu kondisi konektor. Apabila merenggang dapat dikencangkan lagi agar berfungsi kembali.

Periksa konektor keyboard di dalam laptop
Periksa konektor keyboard di dalam laptop

Jika kamu belum mahir dalam bongkar pasang laptop, kami sarankan kamu ke toko service laptop. Minta bantuan ke teknisi yang berada disana. Karena jika belum mahir dan salah saat melakukan bongkar pasang, dapat merusak kerusakan laptop bisa lebih berat.

Akhir Kata…

Demikianlah beberapa tips seputar cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik dan benar. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu teman-teman untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.