Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Tips Ampuh! Agar Windows 10 Tidak Lemot

Windows 10 sangat laris manis digunakan laptop maupun pc masa kini. Bahkan lebih dari 70% orang didunia menggunakannya. Ternyata penggunaanya tidak lemot, terbilang lebih cepat berkali lipat. Selain itu, penting juga mengikuti 10 tips agar Windows 10 tidak lemot.

Simak 10 Tips Agar Windows 10 Tidak Lemot

Sangat mendukung performa laptop dari berbagai merek. Jangan lupa terapkan tips agar Windows 10 tidak lemot. Kamu akan lebih puas dan leluasa menggunakannya.

1.Restart Laptop/PC

Beberapa orang sering menyalakan laptop berhari-hari, mereka lupa mematikkannya. Alasan umumnya karena menganggap miliknya anti lemot dan tidak mudah rusak. Apabila kamu menginstal Windows 10 hindari perilaku seperti ini.

Restart Windows 10 saat Lemot
Restart Windows 10 saat Lemot

Langkah paling tepat dengan display laptop atau PC menjadi mode sleep. Jadi, semua proses yang sebelumnya dimulai tetap berlanjut. Idealnya mode sleep laptop tidak sampai berhari-hari, kamu bisa menggunakannya minimal 24 jam. Lebih dari itu akan membuat kinerja laptop melambat.

Supaya tidak lemot sebaiknya matikan laptop dan PC setelah dipakai setiap hari. Pastikan pula semua program yang dibuka sudah ditutup. Data-data penting disimpan setelah dikerjakan, jangan memilih menu “force shut down“.

2. Mengupdate Windows 10

Update Windows 10
Update Windows 10

Dalam beberapa waktu, Microsoft secara berkala mengupdate Windows 10. Adapun tujuannya supaya memperbaiki bug, jika dibiarkan memperlambat kinerja PC atau laptop. Update terus Windows 10 kalian sehingga membuat penggunaan sistem lebih efisien. Sangat baik mengupgrade kinerja program.

3. Perhatikan Aplikasi Ketika Booting

Salah satu alasan Windows 10 menjadi lambat disebabkan banyak program langsung berjalan otomatis. Ataupun beberapa program dibuka secara bersamaan yang mengakibatkan menumpuk.

Aplikasi yang Berjalan ketika Booting Windows 10
Aplikasi yang Berjalan ketika Booting Windows 10

Supaya mempercepat booting pada Windows 10, batasi aplikasi yang berjalan ketika booting. Ikuti langkah berikut, kamu membuka “Task Manager” dan pilih tab “Startup“. Dari sinilah akan ditampilkan aplikasi yang berjalan ketika startup. Serta apa dampak berjalannya aplikasi tersebut terhadap performa laptop.

4. Lakukan Disk Clean-up

Fitur Disk Clean-Up Windows 10
Fitur Disk Clean-Up Windows 10

Kamu dapat melakukan Disk Cleanup adalah perangkat yang membantu menghapus file tidak diinginkan. Misalnya file sementara, installer, dan halaman website offline yang disimpan. Cara aksesnya terbilang mudah, cukup membuka menu “Start”, lalu ketik dan klik “Disk Clean Up“.

5. Menghapus Aplikasi Tidak Penting

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting
Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Mendownload aplikasi tentunya mengisi memori dalam harddisk. Tidak semua aplikasi berguna dan efeknya bisa menurunkan kinerja dari Windows 10. Kamu dapat memantau aplikasi-aplikasi terpasan pada perangkat pc caranya dengan membuka “Control Panel“. Selanjutnya pilih “Programs“, kemudian “Programs and Features“. Setelah itu “Uninstall a Program“.

6. Matikan Special Effects

Sudah tidak mengejutkan lagi Windows 10 menyediakan berbagai animasi dan efek khusus. Banyak orang menggunakannya karena gratis. Namun, sebenarnya membuat kinerja laptop jadi lemot.

Matikan Special Effects Windows 10
Matikan Special Effects Windows 10

Supaya mengatasi kelemotan laptop, kalian dapat menonaktifkannya atau mengaturnya. Pertama-tama masuk ke menu “Control Panel“, pilih “System and Security“, kemudian “System“. Kamu akan dibawa berbagai pilihan pengaturan, pilihlah “Advanced system settings“. Setelah berada di tab Performance, pilih opsi yang ingin dinonaktifkan.

7. Mengupgrade RAM

Tambah RAM pada Laptop
Tambah RAM pada Laptop

Performa PC dan laptop yang menggunakan Windows 10 dipengaruhi oleh kapasitas RAM. Pada dasarnya kapasitas RAM dapat diupgrade agar laptop tidak lemot. Kamu juga dapat mengganti RAM dengan ukuran lebih besar, jadi ruang penyimpanan lebih banyak.

8. Gunakan SSD

Tahukan kamu Harddisk drive (HDD) yang memiliki harga lebih murah. Memang HDD banyak peminatnya, tetapi solid-state drive (SSD) menjadikan proses startup PC dan menjalankan aplikasi lebih cepat.

Gunakan SSD untuk Mengatasi Windows 10 Lemot
Gunakan SSD untuk Mengatasi Windows 10 Lemot

SSD tersebut bekerja dengan memori Flash, sehingga kemampuan mengakses dan menulis lebih cepat. Sementara, penggunaan HDD sama baiknya, hanya saja performa kurang karena menggunakan disk magnetized.

9. Cek Spyware dan Virus

Setiap perangkat PC atau laptop sangat rentan terkena virus, misalnya spyware dan malware. Dampaknya keamanan laptop terganggu dan membuat bekerja lebih lemot. Kamu bisa mengatasinya dengan menginstal aplikasi antivirus terpercaya.

Scan Virus dan Spyware dengan Windows Defender
Scan Virus dan Spyware dengan Windows Defender

Salah satu yang paling recommended adalah Windows Defender. Program anti virus ini sebenarnya adalah bawaan dari PC maupun laptop.

10. Atur Daya

Melihat layar laptop sebaiknya jernih dan terang supaya nyaman mengerjakan berbagai tugas. Banyak orang menaikkan tingkat kecerahan dan powernya. Tetapi, hal ini justru membuat perangkat lemot dan cepat kehabisan daya.

Aktifkan High Perfomance Windows 10
Aktifkan High Perfomance Windows 10

Kamu dapat mengatasinya dengan merubah pengaturan daya baterai. Langkahnya dengan masuk ke menu “Control Panel, pilih “System and Security“. Setelahnya klik “Power Options” dan tanda panah ke arah kanan. Muncullah tampilan “Create Power Plan” dan pilih menu “High Performance“. Kemudian pada “Plan name” isikan nama (contoh High Performance) dan klik “Next“.

Selanjutnya pada “Power Options” silahkan klik pada High Perfomance (plan yang baru saja kalian buat tadi).

Seperti itulah berbagai tips agar Windows 10 tidak lemot, ternyata tidak sulit diterapkan. Selamat mencoba!

Tags

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
most voted
newest oldest
Inline Feedbacks
View all comments
Septian
Septian
3 bulan yang lalu

Thanks min, sesuai saran. Setelah upgrade ssd, performa laptop naik 20%
Mantap

Back to top button
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.