Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

3 Urutan Film Trilogi The Hobbit

Film trilogi The Hobbit merupakan prequel The Lord of the Rings yang dirilis pada 2001 hingga 2003. Film pertamanya dirilis pada tahun 2012 yang mengambil waktu 60 tahun sebelum kejadian di film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring. Sama seperti film trilogi The Lord of the Rings yang dirilis sebelumnya, The Hobbit juga mendapatkan sambutan yang tidak kalah hangat dari para penggemarnya dan pecinta film.

Untuk kamu yang belum tahu, The Hobbit merupakan adaptasi dari novel high fantasy karya J.J.R Tolkien dengan judul sama yang dipublikasikan pada 21 September 1937 dan sebanyak 1.500 kopi berhasil terjual hanya dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan sejak dipublikasikan. Sama seperti pada The Lord of the Rings, The Hobbit juga berlatar di suatu tempat bernama Middle Earth. Berikut ini urutan dan sneak peek film trilogi The Hobbit.

1. The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

Cerita dimulai pada 60 tahun sebelum Bilbo Baggins berulang tahun ke 111 saat dia mewariskan One Ring kepada keponakannya Frodo Baggins. Saat itu, Bilbo adalah seorang Hobbit muda yang menikmati hidupnya yang tenang dan damai di Bag End.

Tapi sepertinya kedamaian tersebut tidak dapat berlangsung selamanya, saat seorang Wizard bernama Gandalf mendatanginya dan mengajaknya untuk bertualang bersama 13 orang kurcaci, yaitu Thorin, Dwalin, Balin, Bifur, Bofur, Bombur, Fili, Kili, Oin, Gloin, Nor, Dori, dan Ori. Awalnya Bilbo cukup ragu untuk mengiyakan ajakan Gandalf.

The Hobbit - An Unexpected Journey (2012)
The Hobbit – An Unexpected Journey (2012)

Dia merasa kurang percaya diri saat ditawari untuk bergabung dengan Gandalf dan para kurcaci, karena dia tidak tahu cara bela diri atau bertarung. Selain itu, dia juga tidak pernah bepergian jauh seumur hidupnya. Namun akhirnya dia memutuskan untuk bergabung dan melakukan petualangan bersama Gandalf dan ketigabelas kurcaci tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Misi petualangan pertama mereka adalah merebut kembali harta para kurcaci yakni sebuah permata yang telah dirampas oleh seekor naga bernama Smaug. Selain itu, tempat tinggal mereka gunung Erebor yang memiliki banyak emas juga telah di ambil alih dan dikuasai oleh sang naga.

Smaug menghancurkan kerajaan para kurcaci hingga banyak korban tewas, Saat hal itu terjadi, seorang dari bangsa peri bernama Thranduil mengetahui hal itu, tapi dia tidak melakukan apapun seperti berniat menolong para kurcaci dan sebagainya.

Hal itulah yang membuat para kurcaci membenci bangsa peri. Kembali kepada misi utama Bilbo, Gandalf, dan ketigabelas kurcaci, kini mereka hanya memiliki satu tujuan yakni menemukan tempat tinggal mereka dulu. Dengan peta yang dimiliki Thorin dan sebuah kunci di tangan Gandalf, mereka dapat menemukan tempat tersebut.

Sayangnya peta itu menggunakan bahasa kurcaci kuno dan tidak ada satupun dari anggota kelompok itu yang dapat membacanya. Untungnya seseorang dari bangsa peri bernama Lord Elron dapat membaca dan mengerti tulisan di peta itu, tapi bangsa kurcaci kan nembenci bangsa peri. Selain itu, dalam peta tersebut terdapat sebuah pesan tersembunyi yang hanya dapat dibaca di bawah sinar bulan tertentu.

Mau nonton film fantasy lainnya ? Ini nih urutan film Harry Potter.

2. The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Cerita diawali di sebuah waktu sebelum Gandalf merekrut Bilbo ikut ke dalam misinya menemukan harta para kurcaci yang telah diambil oleh sang naga bernama Smaug. Gandalf menemui Thorin di sebuah bar, dia mengajak kurcaci itu untuk mendapatkan kembali Arkenstone dengan cara mencuri dari Smaug demi menyatukan kembali bangsa kurcaci.

Kembali ke saat Bilbo, Gandalf, dan ketigabelas kurcaci yang sedang melakukan perjalanan tersebut, di mana mereka sedang dikejar oleh bangsa Orc yang dipimpin oleh anak dari Azog yakni Bolg. Gandalf kemudian membawa mereka menemui Beorn yang merupakan seorang ahli pengubah bentuk, yang sebelumnya dilihat oleh Bilbo dan para kurcaci sebagai beruang hitam.

The Hobbit - The Desolation of Smaug (2013)
The Hobbit – The Desolation of Smaug (2013)

Mereka bersembunyi di rumah Beorn. Setelah menginap semalaman di kediaman Beorn, mereka kembali meneruskan perjalanan mereka menuju ke gunung Erebor.

Di tengah perjalanan, Gandalf memisahkan diri dari kelompok tersebut tanpa penjelasan pasti. Bilbo dan para kurcaci pun melanjutkan perjalanan mereka. Namun di tengah – tengah perjalanan, mereka malah diserang oleh sosok laba – laba raksasa. Awalnya hanya ada beberapa, dan berkat cincin milik Bilbo yang dulu sempat dia curi dari seorang Gollum, mereka dapat mengatasi serangan laba – laba raksasa itu.

Tapi sayangnya, semakin banyak laba – laba yang berdatangan dan menyerang mereka. Di tengah keributan itu, bangsa peri muncul dan membunuh laba – laba itu. Lalu mereka menangkap para kurcaci tapi membiarkan Bilbo. Para kurcaci tersebut di kurung dalam penjara bawah tanah milik para peri.

Bilbo menggunakan kekuatan cincinnya agar tembus pandang sambil mengukuti para peri membawa teman – temannya. Setelah itu dia membebaskan teman – temannya keluar dari penjara tersebut.

Mereka berusaha untuk melarikan diri dari kerajaan peri dan sampai ke sebuah tempat bernama Laketown berkat bantuan Bard yang merupakan seorang keturunan penguasa kota Dale.

Hingga mereka akhirnya sampai ke gunung sunyi setelah melewati beberapa rintangan yang terbilang sulit dan berbahaya. Namun hal – hal yang mereka hadapi sebelumnya itu bukanlah apa – apa. Karena di gunung ini mereka akan menghadapi sang naga Smaug yang sebelumnya berhasil menghancurkan tempat tinggal para kurcaci.

Mau nonton Star Wars ? Sebelum nonton kamu wajib tahu urutan film Star Wars.

3. The Hobbit: The Battle of Five Armies (2014)

Film ini di awali dengan para penduduk Laketown yang berupaya untuk menyelamatkan diri dari semburan api sang naga bernama Smaug. Berbeda dengan penduduk lainnya yang berusaha kabur, Bard Bowman memilih cara untuk mengalahkan sang naga setelah dia berhasil keluar dari penjara.

Anak Bard yaitu Bain yang mengetahui mengenai Ayahnya, lantas memberikan Ayahnya panah hitam yang kabarnya merupakan satu – satunya senjata yang dapat menembus kulit Smaug yang tebal.

The Hobbit - The Battle of Five Armies (2014)
The Hobbit – The Battle of Five Armies (2014)

Dengan menggunakan panah hitam tersebut, Bard mengarahkan anak panahnya tepat ke jantung sang naga dan membuat naga tersebut akhirnya mati. Kabar kematian Smaug dengan cepat tersebar ke seluruh penjuru negeri, termasuk ke telinga Thorin dan kaum kurcaci lainnya.

Hal itu membuat Thorin merasa gelisah, pasalnya dia telah menjanjikan emas kepada para penduduk Laketown jika berhasil mengalahkan sang naga. Dan kini para penduduk Laketown tengah pergi menuju gunung tempat tinggal para kurcaci untuk menagih janji Thorin.

Pemimpin bangsa kurcaci itu telah menjadi tamak akan emas yang sangat melimpah di gunung. Dia tidak ingin membagi emas – emas tersebut kepada siapa saja. Thorin pun mengingkari janji yang telah dibuatnya. Selain itu, Thorin memerintahkan anak buahnya untuk mencari Arkenstone yakni permata Raja yang merupakan puncak dari segala emas yang ada di gunung tersebut.

Di sisi lain, Bilbo sebenarnya telah menemukan Akenstone tapi tidak ingin memberitahukannya kepada Thorin. Karena dia tahu bahwa kini Thorin telah berubah menjadi semakin tamak. Diam – diam Bilbo meninggalkan gunung tersebut, kemudian menemui Bard dan bangsa peri untuk menyerahkan Arkenstone kepada mereka, dengan harapan agar Thorin akan memenuhi janjinya kepada bangsa manusia dan peri.

Setelah itu Bilbo memberitahu Thorin mengenai Arkenstone hingga membuat Thorin marah. Di saat yang hampir sama, Gandalf datang menemui mereka. Dia mengabarkan bahwa bangsa Orc akan datang menyerang untuk menghabisi bangsa kurcaci dan jumlah mereka sangat banyak jika dibandingkan jumlah para kurcaci.

Namun, Thorin tidak menggubris peringatan itu, malah dia memilih untuk berperang melawan manusia dan peri untuk mendapatkan Arkenstone. Tapi belum sempat melaksakan rencananya itu, kaum Orc telah tiba dan siap untuk menyerang mereka. untunglah Gandalf berhasil menyatukan ketiga bangsa tersebut dan bersiap menyerang balik.

Bahkan Thorin yang sebelumnya tidak ingin bertarung, akhirnya malah memilih untuk menghadapi langsung pemimpin kaum Orc yakni Azog. Dia juga membawa serta tiga orang kurcaci lainnya yakni, Dwalin, Fili, dan Kili. Selain itu Bilbo ikut bersama mereka menggunakan cincin yang sebelumnya dia ambil dari seorang Gollum.

Sayangnya Fili dan Kili terpojok saat pertarungan tersebut dan menyebabkan keduanya tewas di tangan Azog. Thorin yang merupakan pemimpin para kurcaci lantas akhirnya berhasil mengalahkan Azog dan membunuhnya. Tapi dia terluka parah dan nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Untungnya sebelum benar – benar tewas, Thorin sempat meminta maaf dan mendapatkan maaf dari kawannya Bilbo.

Mau nonton film fantasy lainnya ? Ini nih urutan film Harry Potter.

Itulah urutan dari film The Hobbit beserta dengan sinopsis ceritanya. Gimana apakah kamu tertarik menonton prequel dari The Lord of The Rings ini ?

Tulis di kolom komentar ya.

 

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.