Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Movie

7 Film Mitologi Bercerita Masa Lalu, Dewa Dewi, Makhluk Mitos dan Sihir

Mitologi merupakan bagian dari kisah – kisah di masa lalu, biasanya berkaitan dengan kisah dewa – dewi atau makhluk mitos dan sihir yang kebenaran dan keberadaannya masih menjadi misteri.

Karena kemisteriusannya, kisah – kisah mitologi memang seru untuk dibahas. Beberapa kisah mitologi yang terkenal sering diangkat ke layar lebar, terutama kisah mitologi dari Yunani.

Iya, mitologi Yunani memang punya daya tariknya sendiri, terutama mitologi dewa – dewinya. Selain mitologi yang berasal dari Yunani, banyak juga kisah mitologi dari tempat – tempat lain di penjuru dunia yang tidak kalah serunya.

Nah, karena kisahnya yang menarik banyak film yang mengangkat cerita – cerita mitologi seperti ini. Dan khusus buat kamu, berikut ini rekomendasi film tentang mitologi.

1. Thor: Ragnarok (2017)

Thor (2017)
Thor (2017)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Taika Waititi
📅 Tahun tayang: 2017
🕒 Durasi: 130 menit
⭐ IMDB Rating: 7.9/10
📺 Genre: Action, Adventure, Comedy

 

Film ini merupakan salah satu dari urutan film Marvel Cinematic Universe. Seperti yang kita tahu bahwa Thor merupakan salah satu anggota dari Avengers bersama dengan Iron Man, Hulk, Captain America dan kawan – kawan.  Tapi sebenarnya, dalam mitologi Nordik Thor merupakan salah satu dewa yang melindungi Asgard juga seluruh alam semesta.

Dalam mitologi Nordik Thor dikenal sebagai dewa petir. Dia adalah anak dari Odin. Dikatakan bahwa Thor memiliki tiga buah senjata yang membantunya dalam melindungi Asgard dan alam semesta, yakni ikat pinggangnya Megingjörð yang mampu menambah kekuatannya dua kali lipat ketika memakainya.

Juga sarung tangan besi yang digunakannya saat memegang palu miliknya, dan yang terakhir adalah palu Mjollnir yakni senjatanya yang paling terkenal. Dalam film Thor: Ragnarok dan film Avangers lainnya palu Mjollnir menjadi satu – satunya senjata milik Thor.

Thor Ragnarok sendiri bercerita tentang usaha Thor dalam menghentikan kehancuran besar yang akan terjadi di Asgard, yakni kebangkitan Ragnarok. Saat mengetahui hal itu, Thor bergegas pergi ke Asgard. Di sana dia bertemu dengan adiknya Loki yang sedang menyamar menjadi Odin Ayah mereka setelah menelantarkan Odin yang asli di Bumi.

Beberapa waktu kemudian, saudari mereka Hela telah berhasil membebaskan diri dari penjara setelah mendekam di sana dalam waktu yang sangat lama. Hela datang untuk membalaskan dendamnya karena telah dipenjara oleh Odin. Thor dan Loki berusaha melawannya tapi mereka kesulitan.

Belum lagi Hela berhasil menghancurkan palu Mjollnir milik Thor. Setelah pertarungan itu, Thor malah terdampar di sebuah planet antah berantah bernama Sakaar dan bertemu dengan rekannya Hulk. Thor lantas membujuk Hulk untuk kembali ke Asgard bersamanya dan menghentikan kehancuran Asgard dan dunia.


2. Hercules (1997)

Hercules (1997)
Hercules (1997)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Ron Clements, John Musker
📅 Tahun tayang: 1997
🕒 Durasi: 93 menit
⭐ IMDB Rating: 7.3/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Comedy

 

Dalam mitologi Romawi, Hercules merupakan anak dari dewa petir Zeus dan ibu manusia bernama Alcmene. Jadi Hercules ini setengah manusia dan setengah dewa. Hercules atau yang lebih dikenal sebagai Heracles dalam mitologi Yunani ini memiliki kekuatan juga keberanian yang luar biasa.

Hercules juga sangat pintar. Kekuatan yang dimiliki Hercules tidak dapat tertandingi bahkan oleh para dewa – dewa olimpus sekalipun. Di antara dewa – dewa dalam mitologi Yunani, Hercules salah satu yang cukup dikenal. Makanya ada banyak film tentang Hercules, salah satunya film kartun disney ini.

Berbeda dengan cerita dari mitologi aslinya, Hercules dalam film ini diceritakan merupakan anak dari sepasang suami istri dewa Zeus dan Hera. Kelahiran Hercules disambut bahagia oleh para dewa – dewi olimpus dan kedua orang tuanya.

Dia dianugerahi dengan kekuatan yang sangat besar. Namun suatu hari dia diculik oleh Hades dewa dunia bawah dan diubah menjadi manusia biasa dengan membuat Hercules kecil meminum sebuah ramuan. Untungnya kekuatannya tidak hilang sepenuhnya karena Hercules tidak meminum ramuan itu sampai habis.

Hercules lalu ditemukan oleh sepasang suami istri yang merupakan manusia biasa. Hercules kemudian dirawat hingga dewasa oleh keduanya dengan penuh kasih sayang. Sayangnya karena kekuatan yang sangat luar biasa untuk ukuran manusia, Hercules dijauhi oleh orang – orang dan dianggap sebagai sumber masalah.

Kedua orang tua angkat Hercules lantas memutuskan untuk memberi tahu hal yang sebenarnya kepada Hercules. Setelah mengetahui itu, Hercules memutuskan pergi ke sebuah kuil dimana terdapat patung Zeus yang sangat besar di dalamnya.

Di sana dia pun diberitahu oleh Zeus bahwa dia adalah anaknya dan Hera. Agar dapat kembali tinggal bersamanya dan menjadi dewa di Olympus, Hercules harus membuktikan dirinya sebagai seorang pahlawan.

Mau tau beberapa judul film yang bercerita tentang kesehatan mental ? Kami berikan list film yang bercerita Mental Illness.

3. Percy Jackson and the Lightning Thief (2010)

Percy Jackson and the Lightning Thief (2010)
Percy Jackson and the Lightning Thief (2010)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Chris Columbus
📅 Tahun tayang: 2010
🕒 Durasi: 119 menit
⭐ IMDB Rating: 5.9/10
📺 Genre: Adventure, Family, Fantasy

 

Percy Jacson and the Lightning Thief merupakan salah satu seri film Percy Jackson yang bercerita tentang seorang remaja laki – laki bernama Percy Jackson yang merupakan setengah dewa.

Dia merupakan anak dari dewa olympus terkuat kedua Poseidon. Percy menjalani hari – harinya tanpa mengetahui hal itu hingga suatu hari saat sedang mengikuti studi tour di sebuah museum, dia diserang oleh Fury yang menyamar menjadi gurunya.

Untunglah saat itu dia juga bersama dengan temannya Groover Underwood yang ternyata merupakan seorang Satyr dan gurunya Mr. Brunner seorang Centaur yang juga bukan manusia. Setelah kejadian itu, Groover membawa Percy ke perkemahan yang berisi anak – anak dewa sepertinya.

Di sana dia kembali bertemu Mr. Brunner yang bernama asli Chiron. Di perkemahan tersebut, Percy juga berkenalan dengan remaja setengah dewa lain seperti dirinya. Salah satunya Annabeth Chase yakni putri dari dewi kebijaksanaan Athena. Selain Annabeth, Percy juga berkenalan dengan putra dewa Hermes bernama Luke Castellan.

Selama tinggal diperkemahan setengah dewa, Percy sedikit banyak belajar mengenal dan mengendalikan kekuatan yang dimilikinya. Karena ayahnya adalah Poseidon dewa penguasa lautan, Percy pun memiliki kemampuan untuk memanipulasi air.

Suatu malam dewa dunia bawah, Hades mendatanginya dan memberitahu bahwa dia telah menculik ibunya. Jika Percy menginginkan Ibunya kembali, dia harus membawakan Hades petir milik Zeus. Malam itu, Percy memutuskan untuk pergi ke dunia bawah untuk menyelamatkan Ibunya ditemani oleh Groover dan Annabeth, walaupun dia tidak memiliki petir Zeus.

Dengan bekal peta dunia bawah yang diberikan oleh Luke, Percy berserta Annabeth dan Groover pergi ke dunia bawah tanpa mengetahui jebakan apa yang akan mereka hadapi nantinya.


4. The Tale of Princess Kaguya (2013)

The Tale of Princess Kaguya (2013)
The Tale of Princess Kaguya (2013)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Isao Takahata
📅 Tahun tayang: 2013
🕒 Durasi: 137 menit
⭐ IMDB Rating: 8.0/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Drama

 

Film ini berdasarkan cerita rakyat Jepang tentang seorang putri dari bulan yang ditemukan saat bayi di dalam sebuah bambu yang bersinar.

Diceritakan bahwa Putri Kaguya dikenal akan kecantikannya di seluruh dataran Jepang kala itu. Banyak pria yang jatuh hati dan berusaha untuk meminangnya, namun hal itu tidak mudah karena Putri Kaguya memberikan tantangan sulit atau hampir tidak mungkin kepada para pria yang ingin meminangnya.

Bahkan kaisar Jepang kala itu juga jatuh hati kepada sang putri. Sedangkan kisah Princess Kaguya dalam film ini diawali oleh seorang penebang pohon bernama Sanuki No Miyatsuko melihat sebuah cahaya yang sangat terang berasal dari salah satu pohon bambu di hutan.

Di dekat kaki pohon bambu tersebut, terdapat rebung yang menjadi asal cahaya tersebut. Ternyata setelah diperiksa, rebung itu berisi seorang putri cantik dengan tubuh mungil.

Sanuki No Miyatsuko lantas membawa putri itu pulang bersamanya dan menunjukkannya kepada istrinya. Mereka berdua pun memutuskan untuk merawat putri itu. Pertumbuhan sang putri sangat cepat hingga mendapatkan sebutan Takenoko oleh teman – temannya.

Takenoko hidup bahagia bersama kedua orang tua dan teman – temannya. Dia seringnya bermain dengan Sutemaru dan saudara – saudaranya di dalam hutan. Sang putri pun beranjak remaja dengan sangat cepat. Suatu ketika Sanuki No Miyatsuko menemukan begitu banyak kain indah yang berwarna – warni juga emas di dalam bambu di hutan.

Pria itu menganggap hal itu sebagai tanda untuk menjadikan Takenoko sebagai putri sungguhan yang mengenakan pakaian indah dan hidup mewah di sebuah istana. Dengan menggunakan emas – emas yang didapatnya, Sanuki No Miyatsuko pergi ke ibukota untuk membangunkan sebuah istana untuk putrinya.

Mau tau beberapa judul film yang bercerita tentang kesehatan mental ? Kami berikan list film yang bercerita Mental Illness.

5. The Secret of Kells (2009)

The Secret of Kells (2009)
The Secret of Kells (2009)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Tomm Moore, Nora Twomey
📅 Tahun tayang: 2009
🕒 Durasi: 78 menit
⭐ IMDB Rating: 7.6/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Family

 

Film ini mengambil kisah dari mitologi Irlandia kuno di mana pada waktu itu bangsa Viking yang merupakan perompak menyerang tanah Eropa. Saat itu kriminalitas meningkat pesat, tidak ada pemerintahan dan hukum, masyarakat banyak yang kesulitan mendapatkan pendidikan yang layak sehingga tidak sedikit di antara mereka buta huruf.

Di masa tersebut, agama menjadi sesuatu yang sangat penting, di mana biara menjadi pusat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Nah, seorang tokoh penting bernama Abbot Cellach seorang kepala biara yang berusaha untuk melindungi biara dan daerah sekitarnya dengan membangun tembok pembatas dari serangan bangsa Viking.

Abbot Cellach memiliki seorang keponakan laki – laki bernama Brendan yang juga tinggal di biara bersamanya dan para biarawan lainnya. Brendan ini merupakan bocah yang cukup aktif. Seperti anak 12 tahun pada umumnya, Brendam sangat tertarik dengan segala hal baru.

Suatu hari seorang biarawan tua dari Iona bernama Aidan datang mengunjungi biara tempat Brendan dan pamannya tinggal. Aidan tengah menulis sebuah buku manuskrip bergambar bernama Books of Inona yang konon katanya dapat berguna dalam mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Makanya, Aidan meminta Brendan untuk mencari buah berry di hutan yang akan digunakan sebagai bahan tinta. Meskipun dia tahu bahwa tidak akan mendapatkan ijin dari pamannya, Brendan yang penuh antusias tetap memutuskan pergi ke hutan mencari buah berry ditemani kucing milik Aidan yang bernama Pangur Ban.

Tapi saat memasuki hutan, Brendan menyadari bahwa hutan tidak seindah bayangannya. Ada banyak hewan buas yang berkeliaran di hutan. Belum lagi Brendan nyaris tersesat di dalam hutan. Untungnya dia bertemu dengan anak perempuan misterius yakni Aisling yang membantunya mencari buah berry sambil menjelajahi hutan.


6. Sinbad: Legend of the Seven Seas (2003)

Sinbad Legend of the Seven Seas (2003
Sinbad Legend of the Seven Seas (2003
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Patrick Gilmore, Tim Johnson
📅 Tahun tayang: 2003
🕒 Durasi: 88 menit
⭐ IMDB Rating: 6.7/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Family

 

Siapa yang tidak mengenal pelaut bernama Sinbad. Yup! Sinbad si pelaut yang berasal dari Baghdad dari kisah 1001 malam yang terkenal. Dikisahkan Sinbad bersama dengan awak kapal Chimera mengarungi lautan luas dan penuh dengan bahaya.

Dalam film Sinbad: Legend of the seventh Seas, berkisah tentang Sinbad yang tengah dalam pelayarannya mengarungi samudera dan bertemu dengan kawannya Proteus yang merupakan seorang pangeran dari negeri bernama Syracuse.

Proteus lantas mengundang Sinbad untuk bermalam di kerajaannya. Di Syracuse, Sinbad dikenalkan kepada Sang Raja dan tunangan Proteus bernama Marina.

Suatu malam, dewi kekacauan Eris datang ke Syracuse untuk mencuri buku perdamaian milik kerajaan dengan menyamar menjadi Sinbad dengan menggunakan sihirnya. Akibat ulah Eris, Sinbad pun menjadi tersangka utama yang mencuri buku perdamaian.

Raja pun meminta Sinbad untuk segera mengembalikan buku tersebut atau dia akan dihukum mati. Walaupun pangeran Proteus telah membantu membela Sinbad di hadapan Raja bahwa Sinbad bukanlah pelakunya, Raja tetap tidak percaya.

Raja memberikan beberapa waktu untuk Sinbad sebelum melaksanakan hukuman mati terhadap pelaut itu. Lalu beberapa waktu berlalu dan dewi kekacauan Eris mendatanginya. Eris memberitahu kebenarannya pada Sinbad dan mengatakan bahwa jika Sinbad menginginkan buku tersebut, Sinbad harus menemuinya dengan mengikuti arah matahari terbenam.

Sinbad lantas memberi tahu kawannya pangeran Proteus mengenai kejadian itu dan memutuskan untuk menemui Sang Dewi di tempat yang dikatakanya. Namun tentu saja Eris tidak memberikan buku itu dengan mudah. Sebaliknya Sinbad harus menjawab teka tekinya lebih dulu jika benar menginginkan buku tersebut.

Film Anime bercerita tentang potongan hidup memang seru untuk dinikmati. Kami berikan beberapa list judul film Anime Slice of Life, penasaran ?

7. Asterix: The Secret of Magic Potion (2018)

Asterix The Secret of Magic Potion (2018)
Asterix The Secret of Magic Potion (2018)
Informasi Detail
🎬 Sutradara: Alexandre Astier, Louis Clichy
📅 Tahun tayang: 2018
🕒 Durasi: 86 menit
⭐ IMDB Rating: 6.7/10
📺 Genre: Animation, Adventure, Comedy

 

Cerita Asterix ini cukup populer karena komiknya yang telah diterjemahkan ke banyak bahasa di dunia. Berlatar pada sekitar tahun 50 sebelum masehi pada saat Julius Caesar berkuasa di kekaisaran  Romawi kuno, dikisahkan desa Gauls berlokasi di sebuah kota fiksi bernama Armorica.

Saat itu para pemberontak melakukan perlawanan terhadap kekaisaran Romawi kuno yang telah menguasai banyak tempat di dunia termasuk Asia. Sedangkan desa Gauls sendiri masih belum diakuisisi oleh kekaisaran Romawi karena memiliki ramuan ajaib milik seorang dukun bernama Getafix yang mampu memberikan kekuatan super kepada seluruh warga desa.

Nah, Asterix adalah salah satu warga dari desa Gauls tersebut. Asterix digambarkan sebagai pejuang yang pemberani dan cerdik. Dia memiliki seorang sahabat bernama Obelix yang sangat kuat karena sewaktu bayi dia pernah tercemplung kedalam wadah yang penuh dengan ramuan ajaib dukun Getafix.

Meskipun sangat kuat, Obelix ini merupakan orang yang baik hati dan juga polos. Asterix mempunyai anjing peliharaan yakni Dogmatix.

Karena para warga Gauls terkenal dengan kekuatan mereka yang super, para prajurit kekaisaran Romawi selalu dibuat ketakutan setiap kali akan menghadapi warga Gauls. Sayangnyayang namanya ramuan, tidak akan bertahan selamanya.

Suatu hari, desa Gauls kehabisan ramuan ajib mereka. Sang dukun andalan mereka Getafix yang sudah cukup tua, malah terjatuh dari pohon dan mengalami cedera. Di saat bersamaan mereka harus menghadapi musuh yang cukup tangguh.

Asterix dan Obelix pun memutuskan untuk melakukan perjalanan mengelilingi dataran Eropa untuk menemukan penerus dukun Getafix yang lebih muda dan memintanya membuatkan ramuan ajaib untuk warga desa Gauls.


Itulah rekomendasi film yang mengangkat cerita mitologi dari beberapa tempat di dunia. Mitologi memang masih diragukan kebenarannya, tapi kisahnya menarik untuk diikuti. Bagi kamu yang senang dengan cerita – cerita seperti ini, mungkin film – film ini dapat kamu masukkan ke dalam must watch list kamu.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.