Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Movie

10 Rekomendasi Daftar Film dengan Genre Misteri Terbaik

Film yang bergenre misteri seperti film-film detektif memang seru untuk ditonton. Alur cerita yang sulit ditebak menjadikan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh film bergenre misteri. Meski begitu sering kali kita berusaha menebak-nebak hal apa yang terjadi selanjutnya atau bagaimana endingnya.

Beberapa film bergenre misteri tidak hanya menyajikan kasus-kasus yang sulit dipecahkan atau adegan yang menegangkan saja, namun tak jarang diberi bumbu-bumbu komedi yang membuat penonton terpingkal. Kalau kamu penggemar film misteri, jangan lewatkan beberapa rekomendasi judul film misteri berikut ini.

#1. Sherlock Holmes (2009)

Siapa yang tidak tahu detektif yang satu ini. Banyak buku dan film mistery yang terinspirasi dari karakter fiktif ciptaan Arthur Conan Doyle ini. Dalam film ini, Sherlock Holmes yang diperankan oleh Robert Downey Jr. memecahkan sebuah misteri yang berawal dari seorang penyihir jahat bernama Lord Blackwood yang dihukum gantung karena telah membunuh banyak orang untuk sebuah ritual pemujaan.

Sebelum eksekusi hukumannya dilaksanakan, dia meminta agar dipertemukan dengan Sherlock Holmes. Kemudian dia memberitahu detektif itu bahwa akan ada tiga nyawa yang melayang dan hal itu tidak dapat dicegah oleh apapun.

Sherlock Holmes (2009)
Sherlock Holmes (2009)

Beberapa waktu setelah eksekusi itu dilaksanakan, tersiar kabar bahwa makam Lord Blackwood telah terbongkar dan dikatakan bahwa penyihir itu bangkit dari kuburnya. Nah, Sherlock Holmes pun turun tangan untuk memecahkan misteri ini.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

#2. Pintu Terlarang (2009)

Film ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik 2009 di Puchon International Fantastic Film Festival. Film Pintu Terlarang sendiri merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Sekar Ayu Asmara. Film ini bercerita mengenai Gambir (Fachri Albar) yang merupakan seorang seniman patung yang sukses dengan patung wanita hamil buatannya.

Pintu Terlarang (2009)
Pintu Terlarang (2009)

Kehidupannya mulai berantakan saat dia terus-terusan menerima sebuah pesan minta tolong dari seseorang. Karena sebuah video dia mengetahui bahwa orang yang mengirimkannya pesan minta tolong tersebut adalah seorang anak kecil berumur 7 tahun.

Puncaknya dimulai saat Gambir harus memilih satu diantara dua pilihan, yakni menyelamatkan anak kecil itu atau kehilangan segala hal yang dimilikinya.

#3. Flightplan (2005)

Film ini bercerita tentang Kyle Pratt yang harus menerima kenyataan pahit bahwa suaminya telah meninggal bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah gedung bertingkat. Satu minggu setelahnya, dia memutuskan untuk pulang ke rumah orang tuanya di New York bersama anak perempuannya yang berumur 6 tahun bernama Julia (Marlene Lawston) dan membawa serta jenazah suaminya.

Flightplan (2005)
Flightplan (2005)

Awalnya tidak ada hal aneh pada penerbangan menggunakan pesawat berukuran menuju New York itu. Namun, beberapa lama kemudian Julia menghilang tanpa Pratt Sadari. Dia mulai panik dan berusaha meminta kapten pilot untuk membantunya mencari putrinya, tapi salah seorang pramugari mengatakan bahwa nama Julia tidak ada dalam daftar penumpang pesawat itu.

Pratt disisi lain juga tidak bisa menunjukkan tiket dan boarding pass atas nama Julia, padahal dia yakin telah menyimpannya baik-baik. Hal ini menimbulkan kecurigaan para kru pesawat dan para penumpang mengenai kondisi mental Pratt.

Walau begitu, Pratt yang seorang mantan insinyur pesawat berusaha melakukan banyak cara untuk bisa menguak keberadaan putrinya itu.

#4. The Accidental Detective (2015)

Film ini bercerita mengenai seorang pemilik toko komik bernama Kang Dae Man (Kwon Sang Woo) yang terobsesi dengan cerita detektif. Suatu hari seorang temannya yang berprofesi sebagai detektif di kepolisian menjadi tersangka pembunuhan dan tertangkap.

Namun Kang Dae Man tidak percaya mengenai hal itu dan bersikukuh bahwa temannya itu telah dijebak oleh seseorang. Dia pun menjelaskan teorinya mengenai kasus itu di kantor polisi, namun detektif No (sung Do Il) malah mengusirnya.

The Accidental Detective (2015)
The Accidental Detective (2015)

Setelah beberapa kejadian, mereka berdua malah bekerja sama untuk menguak kasus ini. Selain alur cerita khas film detektif yang sulit ditebak, film ini juga menyajikan banyak aksi konyol yang membuat penontonnya tergelitik.

#5. The Snow White Murder Case (2014)

Film ini bercerita tentang seorang perempuan cantik yang bekerja di sebuah perusahaan kosmetik bernama Noriko Miki (Nanao) yang dibunuh secara kejam. Noriko ditusuk sebanyak 10 kali dan dibakar di kembah Shigure. Polisi yang bertugas dalam kasus tersebut tidak dapat menemukan siapa pelaku pembunuhan Noriko.

The Snow White Murder Case (2014)
The Snow White Murder Case (2014)

Disisi lain, Yuji Akahoshi (Gou Ayano) yang bekerja di salah satu stasiun tv menerima panggilan telepon dari salah seorang teman sekolahnya dulu yakni Risako Kano (Misako Renbutsu).

Dia memberitahu Yuji, bahwa dia mencurigai salah satu teman kantor Noriko di perusahaan kosmetik tersebut. Yuji lalu memutuskan untuk mencari tahu tentang kasus pembunuhan Noriko ini.

#6. Museum (2016)

Film Jepang ini merupakan adaptasi serial manga berjudul Museum: Serial Killer Laughed In The Rain karya Ryosuke Tomoe. Film ini bercerita tentang seorang detektif bernama Hisashi Sawamura yang diperankan oleh aktor kawakan Shun Oguri yang telah menangani beberapa kasus pembunuhan.

Museum (2016)
Museum (2016)

Kasus yang ditanganinya kali ini diketahui bahwa pembunuh tersebut merupakan pria yang memakai masker kodok. Sawamura ditemani rekannya yang seorang polisi pemula yakni Junichi Nishino (Shuhei Nomura), mereka berusaha menangkap pelaku. Puncak ketegangannya dimulai saat Sawamura mengetahui bahwa target pelaku selanjutnya adalah istri dan anaknya.

#7 Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011)

Film Sherlock Holmes ini dirilis tahun 2011 berhasil menyusul kesuksesan film sebelumnya pada 2009 lalu. Kali ini Seherlock Holmes dan Watson, berkeliling Eropa untuk mengejar musuh bebuyutannya yakni Professor Moriarty.

Sherlock Holmes - A Game of Shadows (2011)
Sherlock Holmes – A Game of Shadows (2011)

Berkat kesuksesannya, film ini berhasil mendapakan keuntungan sebesar kurang lebih US 543 juta. Film ini juga mendapatkan rating 7.5 di IMDB. selain itu film Sherlock Holmes: A Game of Shadows ini, berhasil masuk nominasi penghargaan di Saturn Awards 2012 yakni Best Action Film dan Costume.

#8. Detective K: Secret of Living Dead (2018)

Film yang satu ini selain selain genre misterinya yang membuat penasaran namun juga banyak komedi kocak yang menambah kelucuan film ini. Mengambil latar waktu pada era Joseon, film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Kim Min (Kim Myung Min) yang mempercayai adanya vampir di Joseon.

Detective K - Secret of Living Dead (2018)
Detective K – Secret of Living Dead (2018)

Dia pun berusaha mencari informasi mengenai hal tersebut. Suatu hari Kim Min diminta untuk menyelidiki sebuah kasus dimana ditemukan beberapa mayat dengan tubuh terbakar di Pulau Kanghwa. Kim Min pun berangkat ke Pulau Kanghwa ditemani rekannya yakni Seo Pil (Oh Dal Su) untuk menyelidiki hal tersebut.

Di sana mereka berdua bertemu dengan seorang gadis misterius diperankan oleh Kim Ji Won yang ternyata kehilangan ingatannya. Gadis itu bahkan tidak mengingat namanya. Kim Min merasa gadis ini mungkin memilki kaitan dengan kasus tersebut.

#9. Mother (2009)

Film mistery ini bercerita mengenai seorang jada bernama Hye Ja (Kim Hye Ja) yang hidup bersama putra semata wayangnya bernama Do Jun (Won Bin). Do Jun berusia 28 tahun dan agak keterbelakangan mental jika diandingkan dengan orang normal pada umumnya, dia juga masih tidur ditemani ibunya.

Suatu malam saat pulang dari sebuah bar dan mabuk-mabukan, Do Jun mengikuti seorang gadis SMA dan menggodanya namun dia ditolak oleh gadis tersebut. Do Jun pun memutuskan untuk langsung pulang ke rumah dan tidur di samping ibunya seperti biasa.

Mother (2009)
Mother (2009)

Namun, keesokan harinya sang gadis SMA tersebut ditemukan tewas pada sebuah rumah yang di lewatinya bersama Do Jun semalam. Bukti-bukti pembunuhan gadis itu merujuk pada Do Jun yang menjadikannya seorang tersangka pembunuhan.

Ibunya, Hye Ja tidak terima mengenai hal itu. Dia yakin bahwa anaknya bukanlah pelaku pembunuhan tersebut. Dia pun berinisiatif untuk menyelidiki kasus tersebut dan membuktikan bahwa Do Jun tidak bersalah.

#10. Gone Girl (2014)

Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Gillian Flynn. film ini dimulai oleh Nick Dunne (Ben Affleck) menemukan rumahnya dalam keadaan kosong saat ulang tahun pernikahannya yang ke lima. Istrinya yakni Ammy Dunne (Rosamund Pike) yang merupakan seorang pengarang cerita untuk buku anak-anak yang terkenal menghilang.

Gone Girl (2014)
Gone Girl (2014)

Hal ini menjadi berita besar yang mengejutkan. Detektif pun turun tangan untuk menyelidiki holangnya Ammy. Beberapa bukti mengarah pada Nick yang menimbulkan kecurigaan detektif padanya.

Itulah beberapa rekomendasi film bergenre misteri yang bisa membuat kamu menebak-nebak alur ceritanya bak detektif. Film-film tersebut jangan sampai kamu lewatkan ya.

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.