Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Movie

10 Rekomendasi Drama Jepang Bertema Detektif

Meskipun tidak se-hype drama Korea, drama Jepang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu kosongmu. Jumlah episodenya juga lebih sedikit dibandingkan drama Korea atau China.

Drama Jepang punya banyak genre yang gak melulu soal percintaan tapi juga genre-genre seperti slice of life, komedi, horor, fantasi, hingga genre detektif yang bikin penonton berpikir keras. Kalau kamu penyuka tontonan yang bergenre detektif, kamu wajib mencoba untuk menonton drama Jepang bertema detektif yang saya rekomendasikan ini.

1. Ouroboros (2015)

Drama ini bercerita tentang Ikuo Ryuzaki (Toma Ikuta) dan Tatsuya Danno (Shun Oguri) merupakan dua orang anak yang dibesakan di sebuah panti asuhan dengan penuh kasih sayang. Saat mereka masih duduk di bangku SD, salah seorang pengasuh di panti tersebut yakni Yuko yang mereka anggap seperti kakak sendiri dibunuh tepat di hadapan kedua anak tersebut.

Ouroboros (2015)
Ouroboros (2015)

Setelah 15 tahun kemudian, Ikuo Ryuzaki telah menjadi salah satu detektif hebat di kepolisian Jepang. Di sisi lain Tatsuya Danno menjadi seorang Yakuza yang cukup terkenal. Keduanya memiliki tujuan yang sama yakni menemukan seorang pria memakai jam tangan emas dan mengungkap sisi gelap dari organisasi kepolisian.

2. Mr. Hiiragi’s Homeroom (2019)

Drama ini bercerita mengenai seorang guru seni bernama Ibuki Hiiragi (Masaki Suda) yang sudah 2 tahun mengajar di sebuah sekolah di Jepang. Dia adalah wali kelas dari kelas 3A yang berjumlah 29 siswa.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
Mr. Hiiragi’s Homeroom (2019)
Mr. Hiiragi’s Homeroom (2019)

Suatu hari tepat 10 hari sebelum hari kelulusan, dia berdiri di hadapan seluruh anak didiknya dan memberi tahu mereka bahwa “Mulai hari ini kalian adalah sanderaku“. Dibalik hal mengejutkan yang dilakukannya, ada sebuah kebenaran yang ingin dia ungkap.

3. Nippon Noir (2019)

Nippon Noir bermula ketika seorang detektif bernama Kiyoharu Yusa (Kento Kaku) terbangun pada sebuah bangunan di tengah hutan dan di dekatnya tergeletak mayat rekannya. Di saat yang sama dia juga kehilangan ingatan mengenai kejadian beberapa bulan belakangan, termasuk alasan kenapa dia bisa berada di tempat itu atau penyebab terbunuhnya rekan setimnya itu.

Nippon Noir (2019)
Nippon Noir (2019)

Satu-satunya yang jelas adalah semua barang bukti pembunuhan tersebut merujuk padanya. Dia pun berusaha menyelidiki insiden tersebut untuk menguak kebenaran di balik kasus tersebut.

4. Tokyo Dogs (2009)

Drama ini bercerita tentang seorang dektektif elit yang berasal dari kepolisian New York bernama Kanade Takakura (Shun Oguri). Saat masih muda dia menyaksikan ayahnya dibunuh, hal itulah yang membuatnya ingin menjadi detektif seperti sekarang ini agar bisa menangkap pelaku pembunuh ayahnya.

Tokyo Dogs (2009)
Tokyo Dogs (2009)

Dia merupakan seseorang yang berkepala dingin dan disiplin. Suatu hari dia dipindah tugaskan di kepolisian Jepang dan bekerja sama dengan seorang detektif yang berasal dari divisi investigasi khusus bernama Maruo Kudo (Hiro Mizushima).

Maruo Kudo merupakan mantan geng motor sebelum akhirnya dia menjadi detektif di kepolisian Jepang. Meskipun keduanya memiliki karakter yang benar-benar berbeda, namun mereka dapat menyelesaikan kasus bersama dengan kerja sama yang baik.

5. Bloody Monday (2008)

Drama ini diadaptasi berdasarkan manga karya Ryu Ryumon dengan judul yang sama. Bercerita tentang seorang anak SMA jenius bernama Fujimaru Takagi yang diperankan aktor tampan Haruma Miura. Fujimaru Takagi merupakan seorang ahli hacker yang mampu membobol segala tingkat lapisan keamanan jaringan website.

Bloody Monday (2008)
Bloody Monday (2008)

Suatu hari karena sebuah kasus Bloody Monday yang merupakan sebuah kode misteri oleh teroris yang merusak nama baik ayahnya, dia bertekat untuk mengembalikan nama baik ayahnya seperti sedia kala menggunakan kejeniusannya dalam menghacker.

6. Mr. Brain (2009)

Drama ini bercerita tentang seorang ahli neurology yang bekerja di kepolisan pusat, departemen khusus bagian research bernama Ryusuke Tsukumo (Takuya Kimura). Akibat kecelakaan yang dialaminya saat masih muda yakni tertimpa reruntuhan proyek bangunan menyebabkan gangguan pada otaknya.

Mr. Brain (2009)
Mr. Brain (2009)

Meski begitu gangguan pada otaknya tersebut malah membuatnya menjadi seorang jenius. Dengan kemampuannya tersebut dia mampu memecahkan berbagai kasus yang unik nan rumit yang orang lain sulit untuk memecahkannya.

7. Criminologist Himura and Mystery Writer Arisugawa (2016/2019)

Drama ini merupakan adaptasi novel terlaris karya Arisu Arisuga berjudul Himura Hideo Series yang dipublikasikan pada 1992. Drama yang memiliki 4 seri drama ini bercerita tentang seorang kriminologis sekaligus profesor di universitas Eito bernama Hideo Himura (Takumi Saito).

Criminologist Himura and Mystery Writer Arisugawa (2016-2019)
Criminologist Himura and Mystery Writer Arisugawa (2016-2019)

Hideo Himura memiliki sisi gelap dalam hatinya yakni keinginan untuk membunuh. Hideo Himura memiliki seorang sahabat yang merupakan seorang penulis novel misteri. Keduanya berlomba untuk memecahkan banyak kasus-kasus pembunuhan.

8. Bitter Blood (2014)

Drama ini merupakan adptasi dari sebuah novel yang terbit pada 2007 berjudul Bita Buraddo karya Shusuke Shizukui yang bercerita tentang seorang detektif rookie bernama Natsuki Sahara (Takerru Satoh) yang dipasangkan sebagai tim bersama ayahnya sendiri yakni Akimura Shimao (Atsuro Watanabe) di kantor polisi Ginza.

Bitter Blood (2014)
Bitter Blood (2014)

Sebagai anak Natsuki Sahara tidak menyukai ayahnya sama sekali karena pada saat berumur 13 tahun kedua orang tuanya bercerai dan memilih hidup sendiri-sendiri, sedangkan Natsuki Sahara tinggal dan dirawat oleh kakeknya. Sifat ayahnya yang nyentrik dan genit juga membuatnya semakin muak melihat ayahnya.

Di sisi lain Akimura Shimao merasa bersalah pada Natsuki Sahara atas keputusan cerai yang dibuatnya bersama mantan istrinya. Dia berusaha agar bisa dekat dan membantu anaknya dalam bekerja bersamanya, namun Natsuki Sahara sulit untuk didekati olehnya.

9. Galileo (2007)

Drama ini berdasarkan adaptasi seri novel berjudul Tantei Galileo karya Keigo Higashino. Bercerita mengenai seorang fisikawan jenius dari Universitas Teito bernama Manabu Yukawa (Masaharu Fukuyama) yang disebut sebagai Galileo dari Jepang oleh rekan-rekannya.

Galileo (2007)
Galileo (2007)

Manabu Yukawa memiliki keahlian yang mampu menganalisa kasus-kasus pembunuhan secara ilmiah. Dia dipasangkan dengan seorang polisi rookie bernamaKaoru Utsumi (Kou Shibasaki). Mereka berdua kemudian bekerjasama dalam menyelesaikan beberapa kasus-kasus pembunuhan.

10. Crisis: Special Security Squad (2017)

Drama ini dibintangi oleh Shun Oguri yang berperan sebagai Akira Inami merupakan mantan regu militer Jepang pada unit Self Defense Force (SDF). Setelah dinonaktifkan dari kesatuan tersebut, dia bergabung dalam tim khusus kepolisian Jepang.

Crisis Special Security Squad (2017)
Crisis Special Security Squad (2017)

Di kepolisian, dia bersama teman satu timnya bernama Saburo Tamaru (Hidetoshi Nishijima) bekerja sama dalam menyelidiki beberapa kasus yang berasal dari dalam pemerintan dan politik di Jepang.

Akhir Kata…

Itulah beberapa drama Jepang bergenre detektif yang bisa bikin kamu ikut berpikir keras untuk memecahkan kasusnya.

Rata-rata jumlah episode dari setiap drama tersebut hanya sampai 10 atau 12 episode jadi kamu bisa nonton secara maraton kalau mau, tapi jangan sampai lupa makan dan tidur ya. Selamat menonton.

Tags

Mahardika Dewi

Pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. A Bookworm, and also addicted to movie, anime, and drama series.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.